Apa Itu Web Server? Inilah Pengertian dan Jenis-jenisnya

Memasuki era serba modern seperti sekarang kurang afdol bila kamu tidak mengenal istilah web server, terlebih jika kamu mau masuk ke dunia IT. Tentunya, kamu wajib tahu mengenai apa itu web server dan teknis-teknisnya.

Pengertian Web Server

Apa itu web server? Web server adalah software atau perangkat lunak yang memberikan layanan berupa data di dalamnya. Software ini berfungsi untuk menerima permintaan HTTP ataupun HTTPS dari klien atau biasa dikenal dengan web browser.

Berikutnya, software ini akan mengirimkan respon dari permintaan tersebut kepada klien berupa halaman website, baik yang dibangun menggunakan paket cloud VPS ataupun WordPress hosting. Dengan demikian,  web server ini sangat berguna dalam menunjang kinerja sebuah website.

Tak hanya itu saja, kamu juga wajib tahu kalau web server ini menjadi salah satu kebutuhan bagi blogger maupun web developer. Hal ini lantaran web server mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Selain itu, akses yang cepat juga dapat mencegah terjadinya kesalahan pada suatu website.

Fungsi Web Server

apa saja fungsi dari web server

Apabila dijabarkan secara detail, web server mempunyai banyak peran dalam memproses berbagai data dari klien. Bahkan, ia mampu memberikan hasil atau permintaan berupa dokumen, video, gambar, atau lain sebagainya. Berikut merupakan beberapa fungsi web server:

  • Membantu membersihkan cache yang ada di dalam penyimpanan dan semua dokumen yang sudah tidak terpakai.
  • Memeriksa sistem security yang berasal dari permintaan HTTP berdasarkan pada request klien.
  • Membantu menyediakan data atau permintaan yang masuk supaya bisa menjamin keamanan sistem yang tengah berjalan.

Nah, setelah kamu mengetahui apa itu web server dan fungsinya bagi sebuah website, kini kamu perlu tahu web server manakah yang terbaik. Tentunya, memilih web server yang terbaik bagi bisnis bukanlah hal yang mudah.

Ada berbagai layanan yang ditawarkan oleh provider yang mengharuskan kamu untuk memperhatikan beberapa faktor-faktornya. Nah, untuk membantu kamu dalam memilih web server terbaik kami sudah menyiapkan rangkumannya di bawah ini!

Web Server Terbaik Tahun 2022

jenis web server yang populer

1. Apache

Web server terbaik yang pertama adalah Apache dan merupakan software web server yang paling banyak dipakai di seluruh dunia. Software ini dikembangkan oleh Apache Software Foundation dan menjadi perangkat lunak open source yang tersedia secara gratis, lho!

Dengan banyaknya modul dan ekstensi yang disediakan oleh Apache, memungkinkan kamu untuk menyesuaikan berbagai konfigurasi yang kamu inginkan. Tak hanya itu, Apache memiliki kemampuan menangani traffic dengan jumlah besar yang sudah tidak perlu diragukan.

2. Nginx

Web server terbaik berikutnya yang juga bertindak sebagai email proxy, reverse proxy, serta load balancer adalah Nginx. Software web server yang satu ini juga bersifat open source dan penggunaannya sangatlah ringan. 

Dengan build arsitektur asinkron yang ada pada server ini, memungkinkan penggunaan memori yang lebih kecil dari yang lainnya. Selain itu, ia juga dapat menangani masalah C10k Problem yang mana server bisa menangani sepuluh ribu koneksi secara bersamaan dalam satu waktu.

3. Lighttpd

Seperti halnya dengan web server sebelumnya, Lighttpd juga memiliki build arsitektur asinkron di dalamnya. Build tersebut bekerja dalam single thread yang mana memudahkan server untuk menangani ratusan permintaan setiap detiknya.

Selain itu, dalam web server ini kamu juga bisa mengatur waktu pemrosesan CPU dengan efektif melalui penggunaan memori yang lebih hemat. Tak hanya itu, kamu juga bisa menjalankan web server ini pada sistem operasi Windows maupun Linux.

4. MonkeyServer

MonkeyServer merupakan web server yang ringan serta mempunyai skalabilitas yang mengharuskan kamu untuk mengkompilasi sendiri server tersebut. Awalnya server ini dirancang hanya untuk linux saja, akan tetapi saat ini juga sudah tersedia bagi pengguna Mac OS, lho!

Bukan hanya itu saja, MonkeyServer ini juga telah dibangun dan diuji untuk berbagai arsitektur, seperti halnya x86, x64, dan ARM. Nah, untuk penggunaan yang lebih maksimal, maka dibutuhkan bantuan kernel dari sistem operasi linux. 

Selain itu, untuk membantu mengoptimalkan website kamu, juga dibutuhkan panggilan sistem khusus yang dikenal dengan nama Zero Copy. Tentunya, MonkeyServer ini telah dirancang dengan fungsi HTTP untuk bagian inti dan bisa dikembangkan dengan external plugin.

5. OpenLiteSpeed

LiteSpeed Technologies juga menawarkan web server yang sangat kompatibel dengan modul Apache, lho! Jadi, bagi kamu yang hendak mengimigrasikan file Apache tersebut akan sangat mudah dilakukan melalui web server OpenLiteSpeed. 

Tak hanya itu saja, bagi kamu yang juga telah terbiasa mengembangkan website dengan WordPress, maka OpenLiteSpeed  sangat kompatibel digunakan. Bahkan, optimasi halaman website dengan bahasa utama PHP sudah menjadi bagian dari web server yang satu ini.

Bagaimana? Sudah paham kan dengan apa itu web server dan teknisnya? Tentunya, respons website yang baik dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan bisnis kamu yang bisa berdampak pada peningkatan penjualan produk kamu.

Kesimpulannya, web server ini tidak dapat dipisahkan fungsinya sebagai perantara antara browser dengan server tersebut. Sehingga dengan adanya web server, maka website kamu dapat berjalan tanpa ada kendala.

About the author

Hobi saya dalam hal kepenulisan menjadikan saya ingin selalu berkarya. Menciptakan ruang blog monicaanggen.com ini bukanlah sesuatu hal yang kebetulan gais. Sit, Enjoy, and Starting Read.. ^_^

18 pemikiran pada “Apa Itu Web Server? Inilah Pengertian dan Jenis-jenisnya”

  1. Berkat artikel super duper keren ini, saya jadi nambah wawasan lagi seputar web server. Udah gitu disuguhin daftar web server paling populer. Nice post 👍👍

    Balas
  2. Web Server ini pastinya sangat membantu performa blog kita menjadi lebih baik ya, Mbak. Selain itu, bisa menampung data lebih banyak. Juga membantu membersihkan cche. Begitu juga dokumen-dokumen yang tidak terpakai lagi, tidak harus menumpuk lagi.

    Balas
  3. Aslinya, aku belum paham benar mengenai teknis-teknisnya web server. Memeriksa sistem security dari permintaan HTTP berdasarkan pada request. Berarti saat kita ketemu kayak laman not secure saat mau mengakses http tanpa s gitu karena fungsi web server ini ya, Kak.

    Balas
  4. Kapan hari itu suamiku bahas beginian ke adik-adik mahasiswa yang kebetulan main ke rumah. Bolak balik tuh nyebut Apache sebagai perangkat lunak open source dan gratis. Aku yang dengerin manggut-manggut doang, padahal gak begitu mudeng hahaha
    Pas baca ini, auto ingat obrolan tempo hari. Dan rasanya sih yang ini aku lumayan ngerti jadinya

    Balas
  5. huwaaa.. belum mengenal lebih jauh dengan wordpress nih -_- masih takut-takut gimana gitu hihi.. tapi penasaran juga, belajar dulu deh dasarnya ini ya, biar makin paham

    Balas
  6. Web server nomor 2 dan 4 pernah dengar, tapi karena tidak diceki-ceki lebih mendalam jadilah belum kenal lebih dekat. Padahal boleh juga sih ya buat tambah pengetahuan

    Balas
  7. Baca artikelnya Mba Monica ini memberikan saya insight baru tentang web server, maklum masih awam dengan istilah-istilah web. Ternyata web server ini perannya sangat penting untuk kecepatan website. Jadi langsung otw cek web server dari blogku apa yaa

    Balas
  8. Web server ini salah satu hal penting untuk menunjang kinerja website ya, Mbak. Ternyata jenisnya web server ada banyak. Saya nggak asing dengar beberapa aja, seperti Apache, Nginx. Makasih infonya, Mbak

    Balas
  9. Web server sangat penting bagi website kita ya mbak
    Memiliki fungsi sebagai perantara antara browser dengan server

    Balas
  10. Oh fungsi web server salah satunya membantu membersihkan cache yang ada di dalam penyimpanan. Penasaran sama Apache yang kayanya laris dan bisa menangani traffc tinggi. Yang sering denger sih Litespeed.

    Balas
  11. Ternyata banyak juga jenis web server ini, namun saya selama ini baru mengenal Apache dan Monekyserver saja, karena teman-teman IT saya sering bercerita soal kedua web server ini. Dan Apache ini memang memang paling banyak digunakan karena kemampuannya dalam menyimpan data yang sangat besar

    Balas
  12. Mainannya kak Moon, mashaAllah..
    Pas baca dari awal sampai akhir melihat ketajaman kak Moon dalam memberikan informasi dengan bahasa yang sedemikian sederhana agar pembaca jadi paham mengenai fungsi penting dalam memilih web server agar sebuah website bisa nyaman beroperasi.

    Balas
  13. wah banyak pilihan web server yang bagus-bagus ya, tinggal banyakin informasi buat pilih yang mana. aku awam banget ini masih belum paham web server dan tetek bengeknua, bisanya cuma asal pake :’)

    Balas
  14. Wah jadi salah satu fungsi web server itu untuk memeriksa sistem security atas permintaan HTTP yang direquest klien ya mba. Aku baru tahu juga kalau Nginx tuh salah satu web server terbaik 2022

    Balas
  15. Jadi banyak belajar lagi di sini. Murojaah pelajaran yang sudah lama tidak diulang supaya makin mantap memahami istilah penting dalam web dan server

    Balas
  16. Duhh. Masih berasa dangkal banget pengetahuan ini. Wajib banget belajar dan nenambah informasi. Maksih Mba Mon pengetahuannya

    Balas
  17. klo di blog, web server tuh kaya pengganti hosting ya mba? web server ini mirip-mirip juga ga ya sama cloud gitu buat penyimpanan data?

    Balas

Tinggalkan komentar