Jangan Asal, Begini Cara Memilih Asuransi Kendaraan yang Tepat!

Kendaraan adalah aset berharga dengan nilai cukup tinggi yang membutuhkan perawatan rutin agar performanya tetap terjaga. Selain perawatan, mobil juga butuh proteksi terbaik untuk mengurangi risiko kerusakan akibat kecelakaan, salah satunya dengan membeli asuransi kendaraan.

Menariknya, asuransi kendaraan tidak hanya melindungi mobil saja, tapi juga memberikan proteksi bagi pengendara ketika terjadi kecelakaan.

Dengan harga dan besaran premi asuranasi Askrida yang terjangkau, kondisi finansial akan lebih stabil jika sewaktu-waktu mengalami musibah.

Asuransi kendaraan sebenarnya bukan hal baru di Indonesia. Banyak masyarakat yang mulai peduli dengan aset yang mereka miliki. Namun, memilih asuransi kendaraan juga bukan perkara mudah.

Banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan produk serupa memberikan tantangan tersendiri. Lalu, bagaimana cara memilih asuransi kendaraan yang tepat?

Tips Memilih Asuransi Kendaraan yang Tepat

Ada banyak perusahaan yang menawarkan asuransi kendaraan dengan nilai pertanggungan cukup besar, seperti Askrida dan Allianz. Dalam memilih asuransi kendaraan, lakukan beberapa tips berikut ini. 

Pilih yang Sesuai dengan Kebutuhan

Cara pertama memilih asuransi kendaraan adalah disesuaikan dengan kebutuhan. Pahami kondisi kendaraan Anda sebelum membeli asuransi, mulai dari kondisi body, mesin, usia, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui kondisi mobil, Anda akan lebih mudah menentukan produk asuransi seperti apa yang paling cocok, apakah total loss only (TLO) atau all risk.

Asuransi all risk menjamin hampir semua risiko yang terjadi saat kecelakaan. Kendati demikian, ada pengecualian dalam polis asuransi yang perlu Anda pahami sebelum membeli produknya.

Premi asuransi Allianz untuk produk all risk juga terbilang murah, sehingga tidak memberatkan keuangan Anda. Sedangkan asuransi total loss only biasanya meng-cover kerugian jika kerusakan terjadi di atas 75%.

Namun, setiap perusahaan asuransi punya kebijakan berbeda pada produk TLO yang ditawarkan. Untuk mengetahui seberapa besar pertanggungan yang diberikan, Anda bisa bertanya pada agen asuransi.

Pilih Produk yang Sesuai dengan Keuangan Anda

Memilih asuransi kendaraan juga harus disesuaikan dengan keuangan Anda. Asuransi kendaraan TLO biasanya memiliki premi yang lebih murah, yakni mulai Rp45 ribuan per bulan. Sedangkan premi asuransi kendaraan all risk mulai dari Rp200 ribuan per bulan.

Jangan memaksakan kehendak untuk mengambil asuransi dengan premi terlalu besar yang berada di luar jangkauan Anda. Alih-alih mendapatkan proteksi terbaik untuk kendaraan, Anda justru akan kesulitan dari segi finansial sehingga pos pengeluaran lainnya pun akan terganggu. 

Cari Tahu Keuntungan Produk yang Akan Anda Beli

Sebelum menentukan pilihan, cari tahu dulu keuntungan produk asuransi kendaraan. Setiap produk memiliki fitur, pertanggungan, dan layanan yang berbeda-beda. Bahkan, tidak sedikit perusahaan yang menawarkan asuransi kendaraan dengan perluasan manfaat. Untuk mengetahui manfaat apa saja yang akan Anda peroleh, Anda bisa bertanya langsung ke agen asuransi yang bersangkutan.

Pertimbangkan Rekomendasi Dealer

Tips keempat ini berlaku bagi Anda yang berencana membeli mobil. Saat mengajukan kepemilikan mobil, biasanya pihak dealer akan memberikan rekomendasi asuransi kendaraan.

Jika dirasa cocok, Anda bisa menggunakan rekomendasi tersebut. Namun, jika asuransi yang ditawarkan tidak sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa menolaknya dan mencari sendiri perusahaan asuransi terbaik menurut Anda.

Pilih Layanan Dari Perusahaan Asuransi Terbaik

Pilihlah layanan perusahaan asuransi terbaik jika ingin mendapatkan proteksi terbaik pula. Ada banyak perusahaan dengan layanan asuransi kendaraan yang menawarkan premi terjangkau. Namun, ini bukanlah satu-satunya kriteria dalam menentukan reputasi perusahaan asuransi.

Anda harus mempertimbangkan kredibilitas perusahaan. Selain itu, pertimbangkan pula rasio keluhan pelanggan dengan melihat situs resmi asuransi tersebut. Semakin tinggi tingkat penyelesaiannya, maka semakin bagus pula layanan mereka.

Lebih lanjut, jumlah bengkel rekanan dan layanan perusahaan asuransi juga perlu dijadikan pertimbangan. Kriteria terakhir dalam memilih asuransi kendaraan terbaik adalah prosedur klaimnya.

Banyak nasabah yang mengeluh klaim ditolak atau prosedurnya terlalu rumit. Meskipun perusahaan asuransi tersebut sudah punya nama besar, tapi jika prosedur klaimnya terlalu rumit, tak ada salahnya mempertimbangkan perusahaan lain.

Itu dia cara memilih asuransi kendaraan yang tepat. Jika Anda sedang mencari asuransi dengan premi murah, Askrida bisa jadi pilihan yang pas.

18 pemikiran pada “Jangan Asal, Begini Cara Memilih Asuransi Kendaraan yang Tepat!”

  1. Begitu, ya. aku pernah klaim asuransi yang udah sepaket pas beli kendaraan dan berakhir kecewa. mungkin karena enggak menerapkan tips2 ini, ya.

    Balas
  2. Terima kasih informasinya, Mbak. Bisa buat referensi pas membeli kendaraan. Kendaraannya langsung diasuransikan, jadi aman deh.

    Balas
  3. Asuransi kendaraan kalau dipilih yang tepat, yang sesuai dengan kebutuhan dan kesanggupan, maka menggunakan kendaraan juga jadi tenang serta sesuai fungsinya ya. Kan ga lucu, emiliki kendaraan tapi takut lecet, takut ini, akhirnya jadi pajangan doang.

    Balas
  4. Pas banget kemarin kakak lagi cari-cari soal asuransi untuk kendaraan barunya kak Mon, dan baca ini bisa jdi rekomendasi buat dia niy, apalagi setelah tanya beberapa teman, banyak yang pakai asuransi dari Allianz ini, dan katanya preminya sangat terjangkau, pas banget ya

    Balas
  5. Betul, kak Monic.
    Mas pernah mengalami kecelakaan (hanya mobilnya, alhamdulillah) dan karena beli mobilnya baru (saat itu) jadi sudah inc. asuransi.
    Dan beberapa bulan keserempet lagi, baret lagi mobilnya.

    Lalu kata tukang service di dealer tersebut, lebih baik complain kalau sudah banyak sekalian, Pak.
    Karena biaya yang dikeluarkan setiap membuat mobil mulus lagi tuh, flat, 300 ribu.

    Jadi lebih baik dengan kerusakan yang macam-macam.
    Misal, pintu sulit ditutup karena automaticnya bermasalah, bumper, cat mengelupas dan baret.

    Jadi penting banget mendengar masukan dari dealer yang sudah berpengalaman.
    dan penting ikut asuransi kendaraan untuk jaminan zaman sekarang.

    Balas
  6. Brand dari asuransi termasuk salah satu yang patut dipertimbangkan kalau saya, termasuk juga review pengalaman orang-orang yang pakai brand itu.

    Balas
  7. Iya nih harus menyesuaikan dengan kebutuhan mobil juga, karena dengan mengetahui kondisi mobil bisa menentukan apakah kita harus memilih all risk atau TLO. Sesuaikan juga pembayaran premi yang paling pas di kantong. Biar ngga ganggu pos lainnya.

    Balas
  8. Untuk asuransi kendaraan aku emang belum pernah pakai sih. Dengan adanya artikel ini jadi mulai tercerahkan

    Balas
  9. Proteksinya gak hanya buat kendaraan yang dibawa aja, bahkan si pengendaranya pun juga, jadinya double perlindungan yang tepat nih, biar nyaman saat berkendaraan

    Balas
  10. 200 ribuan per bulan lumayan terjangkau sih ya kak Mon. soalnya kalau mobil kita ada apa2 nih, ga bisa pake uang sejuta dua juta huhu. jadi worth it banget sih ini menurutku

    Balas
  11. kami malah baru mau planning beli mobil mbak. Dan baca ini jadi tabungan ilmu nih, klo nanti jaid terealisasi beli mobil, harus pandai-pandai dalam pilih asuransi mobil.

    Balas
  12. Setuju banget nih. Dalam memilih asuransi kendaraan pu tetap harus jeli ya. Gak boleh asal pilih biar gak nyesal belakangan. Paling tidak sebelum beli asuransi kendaraan kita sudah terapkan dulu tips penting seperti yang diulas di atas biar nantinya bisa menemukan asuransi kendaraan yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan kita

    Balas
  13. Aku baru dengar Askrida mbak. Sekarang memang sepertinya asuransi kendaraan jadi hal yang penting ya. Apalagi kalau denger berita pencurian gitu.. atau misal kecelakaan. Kalau ada asuransi kendaraan kan bisa kasih proteksi ke kendaraan, jadi lebih tenang deh berkendaranya.

    Balas
  14. Asuransi kendaraan memang butuh untuk dipilih dengan bijak
    Bahkan sekelas motor pun penting apalagi mobil
    Soalnya kita tidak pernah tahu ke depan seperti apa

    Balas
  15. asuransi kendaraan harus ada dong ya sebagai bentuk perlindungan untuk kendaraan kita, penting juga nih untuk mempertimbangkan jumlah bengkel rekanan asuransi yang kita pilih, bagaimana prosedur klaimnya agar ketika dibutuhkan tidak lagi buat kita jadi bingung kan ya. 🙂

    Balas
  16. Asuransi kendaraan ini menjadi salah satu kebutuhan wajib. Apalagi kalau kendaraannya tergolong produktif alias dipakai sehari-hari. Tidak ada yang pernah tahu apa yang akan kita alami dalam perjalanan. Inginnya sih semua lancar dan aman ya. Tapi ya gitu, namanya di jalan apa saja bisa terjadi.

    Dengan asuransi kendaraan yang tepat, kita bisa lebih tenang dan aman saat berkendara

    Balas

Tinggalkan komentar