6 Bisnis Sampingan untuk Mahasiswa Modal Kecil

Home » Bisnis » 6 Bisnis Sampingan untuk Mahasiswa Modal Kecil

Ingin punya bisnis sampingan, tapi ragu karena kamu masih berstatus mahasiswa? Hmm… jangan ragu dong. Sebab, ada banyak jenis bisnis sampingan yang bisa kamu jalankan.

Selain untuk mengasah jiwa entrepreneur, kamu yang belajar berbisnis sejak duduk di bangku kuliah sebenarnya bisa mengasah berbagai keterampilan, seperti bernegosiasi, pemasaran, membangun networking, sekaligus bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Di artikel ini, saya akan berbagi ide bisnis sampingan untuk mahasiswa yang bisa dimulai dengan modal kecil, bahkan tanpa modal. Yuk, baca ulasannya sampai selesai ya.

6 Ide Bisnis Sampingan Modal Kecil yang Cocok untuk Mahasiswa

1. Bisnis Preloved

Bagi kamu yang baru pertama kali berbisnis dan belum punya modal, ada lho ide bisnis modal kecil untung besar yang bisa kamu coba, yaitu bisnis preloved.

Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa intip dulu barang-barang pribadi yang kondisinya masih bagus, tetapi sudah tak kamu gunakan lagi.

Contoh barang preloved yang bisa kamu jual, antara lain:

  • Pakaian yang masih bagus, tetapi sudah kekecilan.
  • Berbagai jenis buku, mulai dari buku novel, buku pengembangan diri, atau mungkin textbook kuliah semester lalu.
  • Barang elektronik, seperti handphone, jam tangan, kamera, dll.
  • Produk furniture, printilan, aksesoris, hingga tas atau sepatu.

Semua produk tersebut bisa kamu jual secara online di e-commerce, seperti Lazada, misalnya. Pada tahu kan ya, Lazada? Itu lho, platform e-commerce untuk berjualan online nomor 1 di Indonesia yang cocok banget untuk siapa pun yang mau jualan online.

Cara lain, kamu bisa menawarkan barang preloved ke teman kuliah atau teman tongkrongan. Siapa tahu kan, mereka lagi butuh barang tersebut. Bahkan, kamu bisa juga mengajak mereka untuk menjual produk second yang sudah tak mereka gunakan melalui kamu.

Menentukan harganya bagaimana? Nah, kalau ini tergantung kamu nih. Kamu bisa menjual seharga 25% lebih murah dari harga kamu beli atau melihat dulu pasaran harga barang second yang beredar di pasar. Pastikan harganya kompetitif ya supaya mudah laku dan kamu tak terlalu rugi.

2. Bisnis Sampingan sebagai Freelance Writer

Kalau kamu punya hobi membaca, senang membuat tulisan, dan punya perangkat seperti handphone atau laptop, kamu bisa merintis karir sebagai penulis lepas. Serius bisa jadi writer cukup bermodal handphone? Iya, serius. Ini sedikit pengalaman saya.

Pengalaman Sebagai Freelance Writer

Dulu sebelum punya laptop, kebetulan saya merintis karir sebagai penulis menggunakan ponsel saja lho. Masa itu masih zaman Blackberry. Kalau tulisannya sudah jadi, saya tinggal ke persewaan komputer atau ke warnet untuk merapikan tulisan saya, supaya siap dikirim ke pelanggan.

Penghasilan Freelance Writer

Saat itu, harga per artikel 500 bisa laku seharga Rp10.000,- (harga ini pun masih banyak lho saya lihat di media sosial).

Sejalan dengan waktu, sudah punya banyak klien dan kualitas tulisanmu makin bagus, harga karya tulis kamu pun bisa naik. Bahkan kalau kamu bisa menulis artikel yang sesuai dengan kaidah SEO, harga per artikelnya bisa sampai Rp250.000,-

Kalau dalam sebulan kamu bisa menulis 20 artikel saja, sudah berapa coba penghasilan yang akan kamu dapatkan? Hayoo, coba hitung… hahaha.

Nah, hasil dari tulisan-tulisan saya inilah yang akhirnya membuat saya bisa membeli komputer desktop, bahkan setelahnya beli laptop. Hmm… jadi curhat nih.

Tapi dari pengalaman saya ini pula, saya berani mengatakan kalau menjadi freelance writer bisa jadi bisnis modal kecil untuk mahasiswa, bahkan pelajar. Dengan catatan, kamu tekun dan terus upgrade diri, banyak membaca, serta terus latihan menulis agar kualitas tulisan kamu jadi semakin bagus.

Cara Jadi Freelance Writer

Cara memulai bisnis ini gimana? Tenang, sekarang era digital. Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulis lepas. Biasanya mereka akan mencari para penulis di media sosial, atau di berbagai platform untuk para pekerja lepas. Misalnya di Upwork, Freelancer, Sribulancer, dan masih banyak lagi.

Cara lain yang lebih efektif, bergabunglah di komunitas kepenulisan, atau bisa juga membuat akun di LinkedIn dan mulailah membagikan tulisan-tulisan karya kamu.

Jangan lupa, asah terus keterampilan kamu dalam menulis, pelajari content marketing, topic authority, cara menulis artikel listicle, dan sebagainya. Bikin juga portofolio yang menarik, supaya kamu bisa sekaligus membangun personal branding sebagai freelance writer profesional.

3. Jasa Penerjemahan Textbook

Jika menguasai lebih dari satu bahasa, misalnya bisa berbahasa Inggris dengan baik tulisan maupun percakapan, kamu bisa membuka bisnis sampingan berbentuk jasa penerjemahan textbook.

Bisnis ini berpeluang mendatangkan penghasilan dan bisa dijalankan sebagai bisnis sampingan. Sebab, masih banyak mahasiswa dan akademisi yang membutuhkan bahan bacaan berkualitas, namun belum bisa berbahasa Inggris dengan baik.

Textbook yang bisa kamu terjemahkan, antara lain: buku teks akademik berbahasa asing, jurnal ilmiah yang kebanyakan berbahasa Inggris, makalah, atau jenis literatur lainnya. Pastikan untuk memberikan penerjemahan yang akurat dan tepat waktu supaya pelanggan tidak kecewa ya.

4. Jadi Reseller

Kalau kamu mau mencoba jualan online untuk pemula, tapi masih cari-cari cara bisnis online yang tak membutuhkan modal besar, lebih baik jadi reseller saja.

Berbisnis sampingan dengan menjadi reseller, kamu tidak perlu punya stok produk yang banyak. Kamu cukup menjualkan produk seller lain dan mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli produk dengan harga jualnya.

Agar bisa mendapatkan keuntungan, pastikan memilih produk yang memang laris dan digemari banyak orang.

Misalnya produk kecantikan, skincare Korea yang sekarang sedang viral, reseller fashion, hijab, aksesoris, bahkan banyak juga reseller produk rumah tangga yang bisa mendapatkan keuntungan hingga jutaan dalam satu bulan.

Kalau ingin tahu lebih banyak gimana sih cara jadi reseller, kamu coba ikuti tipsnya di sini ya: Cara Bisnis Online.

5. Berprofesi Sebagai Blogger

Pemilik usaha, dari usaha kecil hingga perusahaan besar, membutuhkan jasa blogger untuk membuat review mengenai produk maupun bisnis mereka untuk membangun brand awareness hingga memasarkan produk mereka.

Itulah sebabnya, profesi blogger menjanjikan keuntungan dan bisa membuat kamu mendapatkan penghasilan. Bayangkan saja kalau untuk satu kali posting di blog kamu mendapatkan bayaran Rp500.000,-, misalnya, 10 blog post saja sudah banyak, kan?

Tapi untuk mendapatkan penghasilan besar, tentu ada effort besar juga yang harus kamu upayakan dengan sepenuh hati. Jadi, mulai dulu dengan memiliki dan membuat blog yang TLD, contohnya seperti blog saya ini: monicaanggen.com. (kalau mau baca mengenai pengalaman saya jadi blogger, kamu bisa baca di kategori Blogging yang ada di blog ini ya).

Lalu, rajin-rajinlah mengisi blog kamu dengan berbagai tulisan yang memang kamu kuasai dengan baik, misalnya tentang traveling, bisnis, kehidupan sebagai mahasiswa, tips, dan sebagainya.

Jangan lupa pelajari juga ilmu terkait digital marketing dan Search Engine Optimization (SEO), supaya performa blog kamu bagus, dan memiliki banyak traffic.

Nantinya sebagai blogger, penghasilan atau uang yang kamu dapatkan bisa melalui banyak cara, seperti dari iklan (adsense Google), iklan banner, endorsement atau review produk, afiliasi marketing, dan sebagainya.

6. Jualan Produk Handmade

Produk handmade adalah produk yang dibuat secara manual atau dengan tangan. Jadi, kalau kamu masih mahasiswa dan terampil membuat berbagai kerajinan tangan, bisa lho kamu jualan produk buatan tangan, seperti perhiasan, kerajinan dari kertas, calligraphy, aksesoris, dekorasi rumah, dan sebagainya.

Ada banyak platform jualan online untuk pemula yang saat ini sudah tersedia dan bisa kamu jadikan media untuk menjalankan bisnis. Apalagi membuat produk handmade dan memasarkannya secara online termasuk bisnis modal kecil yang bisa dijalankan siapa saja.

Supaya laris, pastikan produk handmade buatan kamu unik, lucu, tetapi tetap bermanfaat bagi pembeli. Lalu, kamu bisa memanfaatkan aplikasi atau platform jualan online untuk pemula, misalnya jualan di Lazada. Cukup buat akun saja di sana. Mudah, kok, apalagi ada panduan yang bisa kamu ikuti.

Selain itu, kamu juga bisa belajar mengenai cara bisnis online atau mencari ide bisnis modal kecil lainnya di situs Yuk Jualan Online. Isi situs ini banyak artikel mengenai jualan online dan strategi berbisnis online yang akan membantu kamu mengembangkan bisnis.

 

Nah, bagaimana, siap mewujudkan ide bisnis sampingan untuk mahasiswa di atas dan punya penghasilan sendiri? Siap dong ya. Apalagi modalnya untuk memulai bisnis di atas juga tidak banyak. Di next artikel, saya akan berbagi tips cara berjualan online. Kamu bisa membacanya secara lengkap di sini: Tips Mudah Berjualan Online di Lazada.

Sedang mengikuti pelatihan prakerja untuk meningkatkan skill

About the author

Hobi saya dalam hal kepenulisan menjadikan saya ingin selalu berkarya. Menciptakan ruang blog monicaanggen.com ini bukanlah sesuatu hal yang kebetulan gais. Sit, Enjoy, and Starting Read.. ^_^

48 pemikiran pada “6 Bisnis Sampingan untuk Mahasiswa Modal Kecil”

  1. Mahasiswa juga bisa menghasilkan uang ya Kak Monica. Asal dia niat dan kreatif. Dengan bisnis sampingan seperti jadi reseller atau penerjemah maka uang berdatangan tanpa harus meninggalkan bangku kuliah.

    Balas
  2. Sebenarnya, untuk bisnis sampingan itu, bisa dimulai dari zaman masih sekolah ya, Mbak. Bahkan bisa mulai sejak bangku sekolah dasar. Misalnya saya dulu, jualan snack di sekolah. Ibu saya kan ada warung klontong. Belinya 400 perak, isi 10. saya jual 50 perak 1. Jadi untung 100 perak hehehe.
    Apalagi untuk mahasiswa ini, sudah banyak epluang untuk bisnis sampingan. Tinggal disesuaikan dengan enjoy-nya jualan apa atau melakukan jasa apa. yang penting.. semangat cuan.. hehehe.

    Balas
  3. Mahasiswa dengan banyak waktu luang terutama jelang kelulusan, bisa banget mencoba berbisnis dengan ide bisnis di atas. Yang paling memungkinkan karena mahasiswa biasanya uda punya laptop yaa, jadi blogger, Freelance Writer atau penerjemah.

    Balas
  4. Bisnis online seperti rekomen di artikel Mbak Mon ini di awal mungkin jadi sampingan aja ya. Namun siapa nyana kedepannya bisa banget jadi bisnis utama, karena terus berkembang

    Balas
  5. saat mahasiswa, paling sering reseller, mulai dari makanan dan baju, nggak perlu modal besar dan hasilnya lumayan buat nambah uang jajan dan untuk print tugas yang bejibun.

    Balas
  6. Sewaktu kuliah dulu saya jualan reseller sama preloved barang-barang berupa pakaian juga mba Mon sama teman-teman. Selain itu kebetulan juga teman sekelas cowok semua kita perempuannya hanya 3 orang, jadi kita bikin jasa tugas gitu hehehe, awalnya cowok-cowok suka minta kita buatin tugasnya, karena banyak akhirnya wajib bayar eh lama kelamaan jadi makin banyak deh yang minta dibuatin, lumayan nambah uang jajan

    Balas
  7. aku pernah ngalamin masa dibayar 15 ribu untuk nulis ingat banget itu job pertamaku dan udah senang banget sebagai pemula, tulisanku dihargai, jualan produk handmade juga udah pernah jualan kripik pisang bikin sendiri dari kupas, goreng, pasarin..untungnya kecil dibanding capeknya…gulung tikar deh

    Balas
  8. Dari semuanya, aku baru tahi yang jasa penerjemah textbook. Jarang ada kalau dulu di kampus. Kalau reseller atau bisnis repack banyak banget dulu yang jualan

    Balas
  9. jadi makin terbuka lebar peluang bagi mahasiswa nih, saya dulu juga pernah kak, waktu jadi mahasiswa nyobain reseller suatu produk dan hasilnya lumayan juga buat tambah uang jajan dan makin banyak relasi dengan para pembeli yang COD. he

    Balas
  10. Ah jadi kangen masa kuliah dulu deh. Blm bnyk industri yg bs bikin kita jualan gampang bgt kyk skrg. Dulu msh suka jualan kue pagi hari dan siang/sore jualan buku di sekitar kampus.

    Sambil jd freelance writer sih. Dulu sampe seneng bgt cuman dpt duit 150ribu dan dikirim via wesel lagi. Duh tua banget ya gw. Haha.

    Skrg sampe jualan aja jd gampang bgt. Apalagi di Lazada. Udh daftar gratis, komisi seluruhnya masuk ke kita dan ada layanan konsultasi gratisnya.

    Balas
  11. Dari dulu pengin banget jualan barang-barang preloved, tapi masih nyari platform yang tepat. Eh, ternyata di Lazada bisa lho. Perlu dicoba nih kayaknya, biar barang-barang itu jadi cuan.

    Balas
  12. jaman sekarang tuh udh byk anak muda yang melek bisnis ya, jadi ide2 ini bisa nih dicoba buat mahasiswa yg mau dpt income dgn merintis bisnis sampingan di luar waktu kuliah

    Balas
  13. Saat mahasiswa dulu dna musim PPg bisnis samingan saya adalah konsultasi RPP. Lumayan, termasuk pelatihan micro teaching.
    Swlain itu juga menerika translation.

    Balas
  14. Wah bisa banget nih sama ide bisnis untuk mahasiswanya, gak cuma mahasiswa ibu rumah tangga kayaknya juga bisa nih nyoba beberapa bisnis tersebut.

    Balas
  15. ternyata ada banyak cara buat jualan online ya kak, terutama buat berjualan di lazada. beberapa ide juga bisa nol modal ya.. jadi bisa mempermudah penjual pemula yang masih belajar berjualan

    Balas
  16. Jualan online di LAzada emang banyak manfaatnya sih. Selain menambah pasar juga kita bisa membuka toko tanpa harus buka d offline.. cocok buat mahasiswa dan IRT

    Balas
  17. jadi anak mahasiswa jaman now dimudahkan banget kalau mau punya usaha, beda jauh dengan jaman saya jadi mahasiswa dulu yang masih serba konvensional, sangat terbatas dan pastinya selalu butuh modal besar. Sekarang jualan di Lazada aja udah bisa bahkan tanpa modal. Selain punya bisnis, bisa juga punya penghasilan sampingan dari hobi menulis, dimudahkan banget ya

    Balas
  18. sekarang ini, bisnis sampingan jadi mudah juga buat dijalankan. yang oenting sih mau usaha ya. apalagi banyak situs marketplace kaya Lazada ini yang ngasih jalan mudah buat mulai bisnis

    Balas
  19. aku blogger sejak 2008 sejak jaman blogspot belum TLD wwkwk tapi nulisnya masih suka2 jadi aja ga bisa jadi lahan sampingan mencari uang

    Balas
  20. Ibu rumah tangga juga bisa kayak mahasiswa nih, cari cuan lewat online ya mbak. Jadi ingat loh dulu 2010an pernah punya usaha jualan craft hasil karyanya kakakku. Laris manis waktu itu. Mau nyobain trend yang lain nih karena klo kayak fashion gitu kan hanya masa2 tertentu aja.

    Balas
  21. bener nih, harusnya waktu jadi mahasiswa bisa cari bisnis sampingan nih, mayan kan cuan :)) haha.. Dulu waktu kuliah sudah jadi blogger, tapi belum diprofesionalkan xD Tapi pernah lah ngerasain dapet2 goodie bag, seminar dan makan2 ^^

    Balas
  22. Kalau menguasai ragam bahasa peluang banget nih dengan bisnis penerjemahan ini. Kayaknya suka dicari gitu kan buat membantu anak sekolah maupun kuliah.

    Balas
  23. Mahasiswa bisa banget nih meraup penghasilan sembari menyelesaikan kuliahnya, cuan yang bakalan didapat bahkan bisa membiayai kuliah ya. Mahasiswa/i harus mencoba ide-ide bisnis sampingan di atas, setidaknya mulai dari yang paling disukai dulu.

    Balas
  24. Aku waktu kuliah juga nyambi kerja, aku pernah Freelance Writer, jualan homemade. Nah, yang homemade ini aku dulu bikin kartu ucapan dari mulai lebaran, ulang tahun, dll. Aku buat dari bunga kering dan kertas daur ulang

    Balas
  25. Saya sempat kepikiran kalau anak-anak saya ada yang nerusin jadi blogger. Tapi, sepertinya mereka kurang tertarik hehehe. Ya udahlah gak apa-apa. Paling saya nyaranin untuk jangan membuang waktu di masa muda. Punya bisnis sampingan ketika masih kuliah juga bagus.

    Balas
  26. Sebenarnya enak sih mahasiswa zaman now, karena udah banyak banget hal-hal yang bisa dilakukan untuk jadi sumber penghasilan, yang bisa nulis misalnya, bisa jadi blogger.
    Atau yang paling memungkinkan juga jadi konten kreator

    Balas
  27. Sekarang ini mah, mau dapat duit sebenernya mah gak susah-susah amat ya. Asal tekun, rajin, dan mau belajar. Termasuk untuk mahasiswa. Setuju deh dengan macam-macam pekerjaan yang bisa dilakukan mahasiswa di atas. Kalo dilakukan dengan serius dan disiplin, mahasiswa bisa cepet kaya. Bisa bayar uang kuliah sendiri. Terutama yang jualan online. Penghasilannya bisa sangat tak terbatas.

    Balas
  28. Menarik idenya, Mbak. Dan ide-ide di atas sebenarnya mudah banget diimplementasikan sama mahasiswa. Sayang dulu aku nggak kepikiran buat mulai ngeblog sejak masih mahasiswa. Padahal peluangnya besar, ya.

    Balas
  29. Mantul banget rekomendasi bisnis sampingan di atas mbak
    Relate juga buat para mahasiswa untuk dapat pemasukan tambahan
    Apalagi dibekali skill dan niat yang membara, yakin bisa sukses deh ini pasti

    Balas
  30. Wah boleh juga nih ide bisnisnya buat para mahasiswa. Sekarang mah enak ya kalau mau buka usaha gitu, lebih gampang karena teknologi udah canggih, udah serba online jadi lebih memudahkan. Apalagi ada platform seperti Lazada yang juga bisa dimanfaatkan mahasiswa buat jualan onlinen. Praktis karena jualan di Lazada bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, hanya dalam genggaman tangan sehingga pastinya juga nggak bakal menggangu aktivitas kuliah. Perkuliahan lancar, bisnis onlinenya pun demikian.

    Balas
  31. Indahnya masa2 mahasiswa. Dulu aku juga ikutan jadi freelance writer, per artikel dibayar 25 ribu udah seneng😂.
    Trus jualan online juga, aku jualan majalah gitu, walau gak banyak untungnya tetep seneng krn bisa menghasilkan uang sendiri.
    Aku juga ngelesin privat, ini sih yang lumayan bisa buat beli HP pertama sendiri 😁

    Balas
  32. Banyak ide bisnis tuk mahasiswa sebenarnya ya, yang penting mereka tangguh dan bisa bagi waktu pasti bisa dijalankan seimbang antara kuliah dan bisnisnya.
    Adik sepupuku jalanin bisnis handmade juga Kak, dia buat buket bunga dan pernak pernik gitu terus dijualin ke teman-temannya yang mau ujian, menerima pesanan juga saat event tertentu, misalnya Hari Guru, Hari Ibu, dll. Sekarang udah selesai dia tapi masih tetap dilanjut bisnisnya itu, mau saya sarankan tuk sekalian jualan di Lazada juga ah, biar jangkauan pelanggannya lebih luas.

    Balas
  33. Suhu… Luar biasa… Aku ingin menyeriusi profesi sebagai freelance writer ini. Walau sudah mulai dari beberapa tahun yang lalu, tapi belum seperti dirimu aku mba hehe

    Balas
  34. nah ini, mahasiswa perlu banget membangun jiwa wirausaha sendiri dengan memulai bisnis kecil-kecilan. biasanya mahasiswa kalo pinter bisnis bakal laris soalnya networking mereka cukup luas

    Balas
  35. Sepertinya masih ada lagi ide bisnis untuk mahasiswa ya Kak, asal konsisten dan komitmen menjalankannya, insyaallah berhasil
    seandainya gagal pun, mumpung masih muda, habiskan jatah gagal saat muda, jadi nanti sudah banyak pengalaman pilih bisnis mana yang sesuai saat sudah lulus kuliah

    Balas
  36. Waktu kuliah adikku jualan produk handmade, asli kreatif banget memang dia dan laris pula. Seneng banget liat dia punya pengalaman bisnis dari dasar yang sadar tak sadar menggembleng dia jadi lebih kuat apalagi setelah lulus kuliah

    Balas
  37. Idem kak @Zahra, sesuatu memang freelance writer ini, pekerjaan yang asik karena seperti melakukan hobi yang dibayar, sehingga luwes dan mengalir banget. Cuss kite serius kan

    Balas
  38. Dulu saat mahasiswa itu paling gampang memang jadi guru les privat sama reseller karena nggak perlu modal banyak sih

    Balas
  39. Ide bisnis sampingan ini cocok bukan hanya untuk mahasiswa, buat semua orang juga cocok nih, Kak. Tertarik sekali dengan freelance writer yang bisa jangka panjang.

    Balas
  40. sebenarnya banyak seklali peluang usaha yang bisa dilakukan para mahasiswa ya, Mbak. Apalagi mereka energik dan bersemangat. salah satunya preloved itu. Daripada barang masih bagus, tapi tidak terpakai, maka dijual saja. Malah bisa saja dikembang. misalnya teman-teman kampusnya malah titip jual barang juga. apalagi sudah didukung kehadiran e-commerce dan media sosial.

    Balas
  41. Bisnis sampingan untuk mahasiswa modal kecil menarik syekali MbaMon. Dan ternyata, blogger juga termasuk ya. Yg emak² aja bisa jalani, mahasiswa juga pasti bisa, biar makin cuan, hehe..

    Balas
  42. Kemajuan teknologi memang memudahkan siapapun yang mau cari cuan ya Mbak, ibu rumah tangga bisa berbisnis dari rumah, pun mahasiswa juga bisa kuliah sambil berbisnis.

    Balas
  43. Mahasiswa zaman sekarang banyak banget kemudahannya ya kak. Semua dimudahkan berkat internet. Bahkan ide bisnis ala mahasiswa jg bnyk ditemukan. Asal kita ulet dan pantang menyerah, ide bisnis apapun asal sesuai passion kita, pasti akan ada hasilnya ya kak.

    Balas
  44. Jadi reseller ini pernah kujalanin, dan iyaa gausa modal, atau kalaupun mengharuskan ada modal itu ngga banyak hihi, kita jadi semangat untuk muter lebih cepet duitnyaaa

    Balas
  45. aku punya pengalaman jadi reseller buku. alhamdulillah awal lancar, walau sekarang stagnan wkwkwk. tapi emang usaha tuh kudu tahan banting ya, kalau gagal ya harus berani coba lagi.

    Balas
  46. Ketika jadi mahasiswa saya mengajar ke sekolah, jadi kuliah sambil kerja dan sampingan nya mengajar anak-anak. Sekarang kalau bisa kerjaan sampingannya jadi seorang penulis.

    Balas

Tinggalkan komentar