Beda jenis noda beda pula cara menghilangkan noda itu ternyata lho. Saya pun baru tahu setelah berselancar di internet terkait cara menghilangkan noda tinta di baju.

Journaling dan Risiko Kena Noda Tinta di Baju

Jadi ceritanya saya kan suka kegiatan journaling. Itu lho kegiatan mengisi jurnal harian secara rutin. Jika sebelumnya saya menggunakan sistem bullet journal, maka setahun belakangan saya memilih sistem creative journaling.

Mengisi jurnal kreatif ala saya ini melibatkan dengan gunting, lem, spidol, brush pen, washi tape, gel pen, dan sebagainya. Terkait penggunaan brush pen atau gel pen, saya suka sedikit asal hingga cukup sering membuat tools tersebut jatuh dan mengotori baju. Kadang malah suka tak sadar kalau di baju saya ada noda tinta yang tertinggal.

Kegiatan jurnaling ini biasanya saya lakukan di rumah, sesaat sebelum tidur di malam hari. Jadi kalau baju rumah saya kena noda tinta, biasanya saya cuek saja.

Suatu ketika, saya pengen dong nge-journal di kafe seperti yang biasa saya lihat di video tentang journaling. Maka semua peralatan saya bawa ke kafe. Otomatis karena ke kafe ya tentunya pakai baju yang bagus dan layak dong ya (baju untuk pergi, maksud saya, bukan pakai baby doll layaknya di rumah).

Asyik banget rasanya menulis jurnal dan menghiasnya dengan brush pen dan gel pen di kafe. Lalu tanpa sengaja gel pen yang saya pegang jatuh ke pangkuan dan ujungnya yang terbuka mengenai baju yang saya kenakan. Duh, mana hari itu saya pakai baju kesayangan yang paling saya suka pula.

Pulang dari kafe, saya bergegas mencuci baju dengan harapan bisa menghilangkan noda tinta. Sayangnya, noda tinta itu sudah terlanjur kering. Saya sedih sekali baju kesayangan jadi jelek begitu gara-gara ada noda tinda. Malamnya, saya pun berselancar dan mencari referensi cara menghilangkan noda tinta di baju.

Jenis-Jenis Noda

Di dalam kehidupan kita berbagai aktivitas kadang berisiko meninggalkan noda pada pakaian. Di masa lalu, sebelum kena kejadian noda tinta menempel di baju, akunya berpikir semua noda sama saja cara menghilangkannya. Tinggal dicuci dan noda pun bisa bersih lagi.

Namun dari banyak artikel yang saya baca, ternyata beda jenis noda maka beda pula penanganan awalnya. Jadi ada tahapan awal yang perlu dilakukan terlebih dahulu untuk menghilangkan noda di baju, baru kemudian dicuci bersih dengan deterjen.

Beberapa Jenis Noda yang Perlu Diketahui

1. Noda Tinta

Cukup sering noda tinda menempel di baju, biasanya anak-anak, tapi tak menutup kemungkinan orang dewasa pun bisa juga mengalami noda tinta di baju. Biasanya berasal dari gel pen, spidol, pulpen, atau tinda dari stempel (untuk anak yang senang stempel-stempel atau para penggemar kegiatan journaling)

2. Noda Teh, Kopi, Susu, Jenis Minuman Lainnya

Noda jenis ini paling sering didapatkan dalam kehidupan sehari-hari, baik orang tua maupun anak-anak. Kadang saat minum atau makan bisa saja tanpa sengaja kita menumpahkannya.

3. Noda Darah

Noda yang satu ini paling sering dialami oleh perempuan ketika sedang mendapatkan tamu bulanan. Selain itu, noda darah bisa juga mengenai pakaian ketika terjadi kecelakaan, terkena pisau atau benda tajam lainnya.

4. Noda Karat

Saya pernah menemukan salah satu pakaian suami yang ada noda karatnya. Ini bisa terjadi pada saat menjemur pakaian di jemuran dari kawat atau rak atau ketika menggantung pakaian di paku.

Untuk itu, coba periksa jemuran apakah ada bagian yang berkarat atau tidak? Jika ada segera ganti saja. Hindari pula menggantung pakaian langsung di paku. Lebih baik gantung menggunakan gantungan baju.

5. Noda Lilin, Minyak, Mentega, Oli

Cipratan minyak ketika memasak bisa meninggalkan noda pada pakaian. Begitu pula lilin, mentega, dan oli (biasanya untuk pakaian pekerja yang berhubungan dengan mesin). Noda jenis ini memang yang sedikit lebih sulit dibandingkan noda lainnya dan perlu penanganan khusus untuk menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju

Setelah mengenal berbagai jenis noda maka perlu pula kita tahu cara menghilangkan noda yang terlanjur tertinggal di baju. Penanganan awal penting dilakukan sesaat setelah baju terkena noda. Artinya, ketika kena tinta atau ketumpahan minuman, segeralah mencuci baju tersebut. Jika dibiarkan semakin lama noda menempel akan semakin sulit untuk dihilangkan.

1. Noda Tinta

Cara menghilangkan noda tinta di baju bisa dengan mengolesi bagian yang terkena tinta dengan deterjen atau sabun cuci, lalu biarkan dulu selama kurang lebih 30 menit. Kemudian, baru cuci baju seperti biasa.

Cara menghilangkan noda tinta di baju bisa juga dengan menggunakan aceton pembersih kuteks pada kuku atau dengan alkohol. Setelah tinta bersih, cuci segera baju tersebut dengan deterjen.

2. Noda Teh, Kopi, Susu, Jenis Minuman Lainnya

Untuk menghilangkan noda dari berbagai jenis minuman ini bisa dengan merendam baju yang terkena noda di air hangat yang sudah dicampur dengan larutan asam tartaric, atau bisa pula menggunakan vinegar. Caranya, rendam cucian di air hangat yang telah dicampur cuka putih dan diamkan selama 30 menit. Setelahnya, langsung cuci bersih ya dengan deterjen.

3. Noda Darah

Untuk membersihkan noda darah, bisa menggunakan sabun colek atau deterjen yang dioleskan lebih dulu di bagian yang terkena darah. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kucek-kucek sampai noda hilang. Sesudahnya, cuci bersih baju seperti biasa. Cara menghilangkan noda darah di baju dengan cara ini cukup manjur.

4. Noda Karat

Penanganan untuk baju yang terkena noda karat bisa dengan mencampurkan air rendaman dengan secangkir boraks. Rendam baju pada bagian yang terkena noda. Jika noda telah hilang, segera cuci bersih bajunya.

5. Noda Lilin, Minyak, Mentega, Oli

Untuk menghilangkan noda lilin, bisa dengan cara memasukkan pakaian yang terkena lilin ke dalam plastik, kemudian bekukan di lemari pendingin. Setelahnya kupas perlahan bagian lilin.

Karena lilin biasanya mengandung minyak maka setelah lilin terlepas, kita masih perlu membersihkan noda minyaknya. Gunakan kertas roti yang bisa menyerap minyak dengan cara menempelkan kertas minyak pada bagian yang bernoda sampai minyak hilang. Ini berlaku juga untuk pakaian yang terkena minyak atau mentega.

Sementara untuk pakaian yang terkena oli, gunakan terpentin. Gosok terpentin menggunakan spons, kemudian kucek seperti biasa. Jika masih membandel, rendam pakaian yang terkena oli ini dengan air panas dicampur deterjen, dan diamkan satu malam.

Semoga Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju, juga noda lainnya yang telah diulas pada tulisan saya kali ini berguna bagi yang membutuhkan ya.

 

2,105 total views, 8 views today

SHARE
Previous article5 Tempat Wisata di Penang Malaysia Terpopuler
Next articleBerburu Penginapan di Lembang untuk Liburan Mendatang

20 COMMENTS

  1. Iya nih paling sebel kalo tanpa sengaja baju atau celana kesayangan terkena tinta, apalgi kalo kena getah permen karet, bisa bisanya orang lain buang sampah sembarangan dan aku yg kena getahnya. Waktu mau ngilangin aja udah bawaannya males

  2. Noda di baju anak saya yabg masih SD terkadang memang menyebalkan, selain direndam dalam waktu yang cukup lama tapi membuat warna cepat berubah. Biasalah anak-anak laki-laki berani kotor hee

  3. nah kan.. pakaian aku kadang juga sering kena oli dan susah ngilanginnya, dan cuma aku rendam pakai air panas dan deterjen ga mempan. besok kucoba pakai terpentin deh sapa tau bisa bersih. makasih kak infonya

  4. Biasanya noda darah Kak Monik, hehehe. Sama juga pakainya sabun mandi sih, sebelum dikungkumkan dulu ke deterjen. Aman dan mudah banget. Kucek bentar beres deh.

  5. Wah emang nih beda noda beda cara bersihinnya, salah satunya noda karat yg dulu aku pusing bersihinnya kiran bisa pakai produk tertentu tp tetep gailang malah jadinya nggak kepakai bajunya lagi. Astaga kurang info bener aku XD

  6. Tipsnya bermanfaat banget, mbakk…
    Untuk noda darah juga bisa dengan cara mengoleskan sabun mandi batangan ke bagian kain yg terkena noda. Enggak usah ditunggu, langsung kucek aja, hasilnya sudah lumayan hilang.

  7. Noda paling bandel ya noda tinta, mau dicuci berapa lama ga mau hilang juga. Belum pernah coba pake aceton sih.

  8. Waah, complete nih Mbak. Jadi tahu cara bersihin noda dengan tepat berdasarkan penyebabnya.
    Hmm, yg noda lilin itu baru tahu lho, biasanya noda lilin nempelnya di lantai atau alas doang sih, sekarang jadi tahu juga dah. Makasih Mbak πŸ™‚

  9. Paaaasss banget baca tulisan Ka Monic ini. Aku sedang galau sama beberapa bajuku yang kena tinta di bagian lengan. Maklum aku kalo lagi seminar pasti semangat nulis dan banyak catatannya, tapi karena hobi pakai pulpen gel, adaaa aja bencananya. Seringnya sih kena jari. Tapi beberapa kalo kena ujung lengan, baju cerah pula, jadinya aku sedih. Aku coba pake aceton habis ini aaahhh. Makasih banyak Ka Mon.

  10. Aku paling sering nih, di baju putih dapat noda tinta. Pernah bersihin pake aseton pembersih kuku dan itu mantul banget. Selain itu juga pake alkohol swab ternyata juga ampuh.

  11. Terimakasih informasinya mbak, sekarang saya lebih tahu metode atau cara yang tepat untuk meghilangkan noda tergantung jenisnya.

  12. Wah, ternyat bisa yaa.. patut dicoba nih..sering banget kejadian kek giniiπŸ˜‚πŸ˜‚

  13. aku tuh paling sebel dan paling sering itu kena noda tinta. soalnya suka lupa kalau pena itu terbuka tutupnya. kayaknya aku mau coba deh tips yang dari sista, cara membersihkan noda tinta menggunakan menggunakan pembersih kutek.

  14. Makanya aku mikir lagi kalau beli baju putih. Bersihinnya kadang harus manual pakai tangan. Dasar aku males yak!! BTW, Terpentin itu apa? ^^

  15. Noda tinta kadang ada yang bandel banget dan bikin stress kalau sampai ngenain kemeja putih tau baju kesayangan… nice sharing kak

  16. Terpentin itu apa ya Mbak. Saya baru tahu istilah itu. Baju saya kebanyakan sering terkena oli soalnya dan selama ini masih belum tahu cara menghilangkannya. Kan lumayan kalau bisa saya hilangkan dengan cara yang mbak udah dijelaskan di atas

  17. Biasanya kalo noda membandel nya kena baju putih, baru deh pakai pemutih mbak. Tapi kalo noda nya dibaju yang kaya warna, baru deh ngikutin saran mbak nya seperti diatas

  18. Tossss Mbak Mon aku Juga suka jurnaling walo belum bisa konsisten juga sih.

    Hmmm ku paling sebel kena Noda kopi untung abis dicuci bisa ilang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here