Saya ini orang yang suka sekali pergi jalan-jalan, terutama ke destinasi wisata alam. Dua bulan lalu padahal saya baru saja pergi liburan, tapi akhir-akhir ini saya kembali terpikir untuk escape sejenak dari rutinitas. Tujuan saya berikutnya ingin liburan ke Lembang, jadilah saya mulai berburu penginapan di Lembang untuk liburan mendatang.

Berburu Penginapan di Lembang untuk Liburan Mendatang

Berburu tempat menginap ketika mau pergi liburan biasanya saya lakukan jauh-jauh hari. Alasannya tentu saja agar saya punya beberapa opsi bagus yang bisa saya pilih. Selain itu, cara ini pun demi meyakini bahwa di penginapan yang dipilih memang masih tersedia kamar untuk tanggal dan waktu yang saya tentukan.

Beberapa syarat yang biasanya jadi pertimbangan saya ketika memilih penginapan di Lembang kali ini, antara lain:

1. Tempat Dekat dengan Lokasi Wisata

Di Lembang ada banyak tempat wisata yang belum sempat saya kunjungi, namun nama-nama tempat wisata itu sudah masuk dalam bucket list saya. Beberapa tempat tersebut, yaitu: Lodge Maribaya, Curug Omas, Farm House, Orchid Forest, dan Dusun Bambu.

Karena kali ini liburannya ke Lembang yang notabene tak terlalu jauh dari Jakarta, maka saya hanya punya waktu 3 hari dua malam. Untuk itu, penginapan di Lembang yang harus saya pilih adalah penginapan yang lokasinya tak terlalu jauh dari destinasi wisata yang ingin saya kunjungi. Ini bisa menghemat banyak waktu perjalanan ketika berpindah dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya.

2. Jam Check-in dan Check-out

Umumnya, jam check-in dan check-out di hotel atau penginapan mana pun sudah ditentukan. Tapi ada cukup banyak di antaranya yang memiliki kedua ketentuan tersebut dengan lebih fleksibel, atau misalnya kita butuh extend beberapa jam bisa dengan harga lebih murah. Nah hotel atau penginapan yang beginilah yang biasanya saya cari sehingga pemanfaatan waktu liburan jadi lebih nyaman dan tak diburu-buru waktu.

3. Fasilitas yang Tersedia

Penginapan di Lembang nanti, saya ingin ada banyak fasilitas yang tersedia. Maksudnya lengkap dan bisa memenuhi apa yang saya inginkan ketika sedang liburan. Beberapa fasilitas yang akan jadi pertimbangan saya untuk memilih satu penginapan tertentu, antara lain:

  • Ada kolam renang sehingga pagi hari sesaat sebelum sarapan saya bisa berenang dan bermain air dulu. Pokoknya mah kalau liburan buat saya itu harus main air biar pikiran dan hati bisa fresh.
  • Sarapan ala buffet juga bikin acara sarapan makin seru karena bisa cicip-cicip banyak jenis makanan dalam satu waktu. Walaupun saya makannya tak banyak (untuk nasi dan lauk), saya suka nyemilin berbagai hidangan gitu untuk tahu rasanya dan menurut saya ini seru. Anggaplah seperti sedang berpetualang dengan berbagai rasa yang menciptakan “kegembiraan” untuk lidah saya.
  • Kamar yang luas dengan interior yang indah juga jadi pertimbangan lho karena pastinya sudah bayar untuk menginap inginnya kan yang nyaman.
  • Taman dengan tumbuhan yang hijau. Nah ini yang selanjutnya saya harapkan ada di penginapan di Lembang yang nanti akan saya pilih. Taman itu bikin suasana di sekitar penginapan jadi lebih sejuk. Setelah berkutat dengan udara kota Jakarta yang pengap, maka saat liburan inginnya mendapatkan udara segar. Jalan-jalan di taman ketika sore hari juga seru.
  • Kamar dengan teras atau balkon. Ini karena saya suka menikmati malam dengan duduk di teras atau balkon, menyesap kopi sambil menikmati pemandangan alam kadang bisa memancing ide-ide baru. Tujuan liburan kan selain menyegarkan tubuh dan pikiran, juga untuk mendapatkan ide-ide yang lebih segar. Harapannya ya setelah liburan bisa makin produktif bekerja dan berkarya.

4. Kualitas dan kebersihan

Ini pastinya jadi syarat semua orang saat ingin menginap di suatu hotel atau penginapan kan, ya? Saya juga begitu. Kualitas dan kebersihan penginapan di Lembang harus benar-benar sesuai dengan harapan.

Dulu pernah mengalami ketika pergi liburan dan menginap di suatu penginapan. Tampilan di aplikasi pemesanan penginapan waktu itu terlihat begitu bersih. Di bagian review juga banyak yang kasih bintang 5.

Sayangnya ketika saya tiba di sana dan melihat dengan mata sendiri, duh ternyata penginapannya tak sesuai dengan fotonya. Saya jera dong. Pengalaman itu pun mengajarkan kepada saya untuk lebih teliti lagi ketika hendak berburu Penginapan di Lembang untuk Liburan Mendatang

 

1,856 total views, 1 views today

SHARE
Previous articleBeda Jenis Noda Beda Pula Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju
Next articleCara Bahagia Ini Bisa Meningkatkan Kualitas Hidup Kamu Loh!

15 COMMENTS

  1. Terkadang review bagaikan jebakan Batman ya sista gak benar…. Duh, kemarin ingin sekali pergi ke Lembang tapi gak jadi karena musim hujan… Makasih sudah diingatkan kembali, poin-poin penting dalam mencari penginapan

  2. Secara Lembang itu macetnya pol kalo weekend ya mba, jadinya akomodasi penginapan harus disiapkan jauh hari. Selamat liburan Mba Monica. Enjoy ur day.

  3. Hihi iya mba Monic. Kadang ada beberapa reviewer yang beda selera ternyata sama kitanya. Jadinya kita merasa gak oke stay di penginapan itu.

  4. Ini aku juga ngalamin mba, banyak zonk kalo liat foto dan ratingnya. Di aplikasi bagus dan bersih dan luas eh kenyataannya gak seindah di aplikasi huhuhu.

  5. Bener banget kalua cari penginapan plus juga pelajari reviewnya. Kadang aku bacain itu satu-satu komen di aplikasi. Walaupun reviewnya bintang 5, ada aja satu-dua yang engga puas.
    Wah, kalau ke Lembang, pasti kulineran deh. Jangan lupa juga ke Bosscha juga…

  6. Wah, kamar pilihan Mbak Monica biasanya harganya di atas 500 ribu, ya. Hihihi

    Saya kalau menginap di hotel jarang meihat ke balkon. Tak pernah kepikiran ke kolam renang meski ada. Jadi pilih yang kasurnya lebar saja sudah cukup. Oh iya, ada meja belajar untuk menulis. Itu penting, sih, karena saat liburan gitu saya kurang banyak interaksi HP dan malah fokus menulis

  7. Bener Mbak kebersihan penginapan itu penting. Kan gak nyaman kalau ternyata penginapannya kurang bersih. Belum pernah sih dapat kayak gitu,tapi bisa dilihat di review-review google

  8. Milih hotel emang ga bisa asal-asalan. Eh tapi pas main ke Bandung beberapa waktu lalu, kami memilih untuk sewa apartemen selama 1 hari. Kami ambil apartemen di belakang ciwalk mbak. Harga terjangkau juga

  9. Saya pernah ke Lembang dulu, sempat wisata ke Farm House, cuma waktu itu nginapnya di Kota Bandung. Jadi harus rental motor untuk pergi ke Lembangnya. Lumayan jauh juga. Agaknya memang lebih baik nginap di Lembang. Pasalnya di sana banyak destinasi wisata

  10. Lembang menjadi destinasi wisata yang wajib kalau saya ke Bandung. Biasanya saya memilih penginapan di Setiabudi supaya dekat ke Lembang dan dekat juga ke pusat kota Bandung. Heheh

  11. Tempat menginap terbaik di Bandung adalah kosan aku di Gerlong Girang dekat KPAD. Nyaman, cuma kurang 1 aja, gak ada water heater. ^^ Noted, nyari penginapan itu juga harus consider dengan kebersihannya. Harus baca-baca review dari guest sebelumnya.

  12. Penginapan kalau ada kolam renangnya aku kok malah merasa sedih, karena belum bisa renang sampe sekarang.. takutnya bukan main kalau nyemplung kolam.

  13. Saya kalo ke Lembang gak tahan sama dinginnya. Daerah ini langganan tempat diklat dari instansi tempat kerja, jadi cukup hafal sama kondisinya. Kalo mau kesini baiknya hari Jum’at dan pulang senin pagi. Soalnya kalo Sabtu-Minggu pasti macet parah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here