Langkah awal memulai usaha, kita perlu melakukan persiapan. Salah satu persiapannya adalah mencari sebanyak mungkin informasi terkait usaha yang mau dijalankan, atau bisa pula melirik usaha franchise dengan modal yang minim, tapi hasilnya menguntungkan. Untuk itu, perlu juga mencari tahu daftar usaha franchise seperti apa yang menguntungkan.

Mengapa demikian? Di masa sekarang, bukan waktunya lagi hanya menunggu peluang dan kesempatan datang kepada kita. Persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut kita sebagai pelaku bisnis untuk giat dan mau jemput bola.

Artinya, kita mau berupaya untuk mencari peluang-peluang yang memungkinkan sehingga bisnis yang dijalankan bisa berkembang. Ini juga berlaku bagi yang saat ini sedang ingin memulai usaha.

Sebelum kita membahas secara lengkap mengenai berbagai Usaha Franchise Modal Minim Untung Besar, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu bisnis franchise.

Pengertian Bisnis Franchise

Bisnis franchise, atau yang juga dikenal dengan sebutan waralaba, adalah bisnis yang dibangun dengan kolaborasi antara pemilik merek dagang dengan pembeli merek dagang. Kedua pebisnis ini akan bekerja sama menjalankan satu usaha dengan merek dagang, sistem kerja, bahkan dalam satu suplai rantai distribusi yang sama.

Contoh dari bisnis franchise, antara lain seperti mini market yang banyak kita temukan di pinggir jalan atau dekat kompleks perumahan ramai penduduk, gerai makanan cepat saji, gerai kopi, dan sebagainya.

Sistem Kerja Sama dan Istilah-istilah dalam Bisnis Franchise

1. Franchisor

Franchisor, pemberi waralaba, atau pemilik merek dagang, adalah pihak yang memberikan hak untuk memanfaatkan merek dagang, alat, sistem, material dan sebagainya kepada orang lain. Franchisor bisa berupa perusahaan perseorangan atau badan usaha.

2. Franchisee

Franchisee, penerima waralaba, atau peminjam merek dagang adalah perseorangan ataupun badan yang meminjam/membeli merek dagang orang lain dengan cara melakukan pembayaran biaya awal dan royalti.

3. Franchise fee atau Biaya Waralaba

Biaya waralaba ini adalah biaya yang harus dibayarkan pihak franchisee agar dapat menggunakan merek dagang yang merupakan milik franchisor. Di dalam kontrak biaya-biaya, seperti lisensi, royalti, dan sebagainya, akan dicantumkan sebelum franchisee bisa memulai bisnis franchise.

4. Pembagian Keuntungan

Nah, bagi kita yang baru pertama kali menjalankan bisnis waralaba, kita perlu mempelajari sebanyak mungkin isi kontrak, terutama mengenai pembagian keuntungan, jangka waktu pembayaran royalti, dan sebagainya.

Sebaiknya, hitung pula jumlah biaya pembelian lisensi dan royalti akan kembali dalam jangka waktu berapa lama, dan apakah merek dagang dari bisnis franchise yang dibeli memiliki kemungkinan berkembang baik dalam jangka waktu lama.

Keuntungan Memulai Usaha Francise

Kamu baru pertama kali memulai usaha atau baru belajar jadi pebisnis? Masih takut-takut dengan risiko yang banyak dialami pebisnis pemula? Nah, kalau begitu, kamu cocok lho mencoba bisnis franchise.

Saat ini, usaha franchise menjadi usaha yang sangat menjanjikan. Sebab usaha franchise modal minim untung besar bukan usaha dari nol lagi. Kita hanya perlu melanjutkan penjualan di tempat lain dengan nama franchise yang sudah terkenal.

Artinya, kita tak perlu lagi membangun usaha dari awal. Kita hanya perlu menyiapkan modal, menyiapkan tempat dan karyawan, serta mempelajari sistem yang ditawarkan oleh franchisor (pemilik franchise yang menjual usaha franchise-nya untuk kita gunakan). Sudah banyak sekali usaha franchise yang muncul di Indonesia, mulai dalam bentuk bisnis makanan, minuman, jasa, bisnis franchise salon, dan sebagainya.

Ada cukup banyak keuntungan menjalankan bisnis franchise bagi pebisnis pemula. Beberapa keuntungannya, antara lain:

1. Brand Sudah Dikenal

Tantangan bagi setiap pemilik usaha atau pebisnis ketika memulai usaha adalah memperkenalkan brand-nya. Tentu saja dalam masa perkenalan ini perlu dilakukan promosi dan sebagainya.

Sementara jika langsung berbisnis francise, maka brand yang kita beli sudah pasti dikenal oleh masyarakat. Kita jadi tak perlu repot lagi untuk branding karena tiap produk yang dijual sudah ada pelanggannya sendiri. Otomatis, biaya promosi pun jadi bisa lebih dihemat.

2. Tak Perlu Pusing Manajemen Bisnis

Mau bisnis tapi tak punya ilmu manajemen bisnis? Tenang. Memulai bisnis dengan sistem franchise memungkinkan siapa pun bisa tetap berbisnis meski tak punya ilmu manajemen. Biasanya, brand waralaba yang kita beli sudah memiliki sistem dan manajemen yang berjalan dengan baik.

Bahkan untuk ide-ide pengembangan pun mereka sudah miliki sehingga kita tinggal menerapkan saja manajemen bisnis yang telah ditetapkan sehingga bisa sama-sama berkembang dengan gerai lain dari brand yang sama ini.

3. Dukungan dari Franchisor

Membeli hak menjalankan bisnis untuk brand tertentu secara franchise jelas lebih menguntungkan karena meski kita sudah membeli lisensinya, kita juga tetap mendapatkan dukungan dari franchisor.

Bentuk dukungannya bisa dalam banyak hal, mulai dari pelatihan bagi mitra maupun karyawan, pengelolaan dan manajemen keuangan, kiat-kiat pengembangan usaha, kiat sukses dalam menjalankan bisnis, operasional dan tata kelola, serta masih banyak dukungan lainnya.

Lalu apa saja franchise yang dapat Anda lakukan namun dengan modal yang minim? Berikut ini beberapa daftar franchise dengan modal minim namun menghasilkan untung yang besar.

Daftar Usaha Franchise Modal Minim Untung Besar

1. Bisnis Minuman Thai Tea

Minuman thai tea merupakan salah satu bisnis yang sedang digemari di Indonesia. Tidak hanya anak muda, banyak pula orang dewasa atau masyarakat umum yang menyukai minuman yang berasal dari Thailand ini.

Rasanya yang beraneka ragam dan cara pengolahannya yang unik menjadi daya tarik tersendiri. Itu sebabnya, banyak pelaku usaha franchise memilih membuka usaha minuman, seperti thai tea ini, karena prospeknya yang cukup menjanjikan.

2. Bisnis Makanan

Bisnis makanan juga merupakan salah satu bisnis franchise murah yang sangat menguntungkan. Terlebih lagi jika franchise yang dijalankan merupakan franchise yang sudah terkenal. Namun sebelum membeli lisensinya, ada baiknya kita mencari informasi sebanyak mungkin mengenai bisnis franchise yang mau kita jalankan, mulai dari berapa lama waktu balik modal, berapa modal yang disediakan, seberapa banyak orang menyukai produknya, dan sebagainya.

3. Bisnis Kedai Jajanan

Selain makanan dan juga minuman, membuka bisnis franchise jajanan juga merupakan ide yang sangat cemerlang. Sebab, kebanyakan orang senang jajan. Apalagi jika jenis jajanannya berbeda dengan yang sudah ada di pasaran.

Beberapa contoh kedai jajanan yang saat ini banyak diminati, misalnya kebab, burger, cilok, cireng, donat, snack, jajan pasar, dan sebagainya.

4. Bisnis Barbershop

Bisnis franchise barbershop juga bisa menjadi salah satu pilihan usaha yang tepat bagi siapa pun yang ingin memulai usaha. Terlebih lagi jika kita merupakan orang yang sangat senang dengan tatanan gaya rambut.

Usaha yang satu ini juga tidak memerlukan modal yang cukup besar, karena kita tinggal menyediakan tempat, karyawan, dan peralatan yang akan digunakan untuk menata rambut pelanggan. Dengan modal minimal, keuntungan yang akan didapat juga cukup menjanjikan keuntungan yang sangat besar.

Daftar Usaha Franchise
Usaha Franchise Giovani Barbership

Kita bisa memulai membuka usaha barbershop yang terpercaya, seperti Giovani barbershop. Selain sudah ada sejak lama, dengan franchise barbershop milik Giovani barbershop ini, kita akan lebih mudah untuk mendapatkan keuntungan sebab barbershop tersebut sudah terkenal dengan kualitas yang baik.

Kontak GIOVANI Barbershop

Alamat: Jl. Amal No.44B, Sunggal, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20127
WA/Telp: 08116518018
Email: support@giovanibarbershop.com
Website: https://giovanibarbershop.com/
Facebook: https://www.facebook.com/giovanibarbershop
Instagram: https://www.instagram.com/giovani_barbershop

5. Bisnis Fashion

Bagi yang suka fashion, boleh juga untuk melirik peluang bisnis menguntungkan membuka usaha franchise fashion. Membuka usaha fashion merupakan usaha dengan modal yang terbilang cukup minim. Kita hanya perlu mengambil paket usaha dengan nama brand yang sudah terkenal maka kita hanya perlu menunggu keuntungan besar datang menghampiri.

Kita bisa memilih bisnis fashion yang sudah terkenal, seperti kerudung, pakaian wanita, jaket, busana muslim, dan produk fashion lainnya. Kita juga bisa memanfaatkan kondisi yang sedang berlangsung di dalam masyarakat ataupun trend terkini yang melanda anak muda, misalnya tren fashion tas rajut, kerudung motif batik, masker kain dengan berbagai motif lucu, atau sepatu lukis.

Nah, itulah beberapa daftar usaha franchise yang hanya memerlukan modal minim, namun akan menghasilkan keuntungan yang menggiurkan. Namun apapun usaha yang dijalankan, kita juga harus memiliki tekad yang kuat untuk menjalankannya.

Dengan niat yang benar maka usaha yang dijalankan bisa berkembang dengan cepat, mendapatkan banyak pelanggan dan bisa mencapai sukses. Jadi, apakah kamu sudah terbayangkan sebuah usaha? Lalu, usaha franchise modal minim untung besar apa yang sangat cocok dengan kamu dan akan kamu jalankan saat ini?

549 total views, 2 views today

SHARE
Previous articleTempat Wisata di Bandung
Next articleSoftware Cloud ERP Indonesia Kunci Jadi Pengusaha Sukses

2 COMMENTS

  1. Wah, usaha yang temen-temen aku geluti sekarang. Apalagi udah dibantu dengan basis digital. Aku juga pengen nyobain bisnis booth Thai Tea kayaknya memang banyak peminat juga minuman fenomenal yang satu ini.

    • Yuk kak, mari kita coba saja bisnis franchise yang lumayan menjanjikan dan bisa jadi solusi bisnis yang dilakukan dari rumah. Sukses ya kak bisnis yang saat ini sedang dijalankan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here