Galang Dana Online – Topik mengenai kesehatan selalu jadi bahan pembicaraan yang menarik terutama karena meningkatnya risiko orang Indonesia terserang penyakit kritis. Di saat yang sama, terkena penyakit pun jadi momok yang menakutkan mengingat biaya berobat tidaklah murah. Oke, sekarang sudah ada banyak cara proteksi kesehatan, begitu juga sudah banyak pula sistem galang dana online bagi orang yang ingin berbagi.

Namun saya yakin, tidak ada satu pun di antara kita yang mau mengalami yang namanya penyakit kritis, apa pun bentuknya, bahkan mungkin banyak di antara kita yang juga berdoa agar tidak ada satu pun di antara anggota keluarga yang mengalami penyakit ini.

Faktanya, berbagai penyakit kritis, termasuk penyakit langka yang baru ditemukan dan masih belum ditemukan obat untuk menyembuhkannya, tetap terjadi dan jumlah penderitanya terus bertambah.

Sebelum saya mengulas kaitan pertambahan jumlah penyakit kritis dan galang dana online sebagai salah satu cara donasi kesehatan bagi orang yang ingin berbagi, juga tentang peduli sehat sebagai wadah galang dana online, mari kita pahami sejenak kondisi mengenai kesehatan masyarakat Indonesia secara umum.

Galang Dana Online galang dana online
Penyakit Tidak Menular di Indonesia. Sumber: P2PTM Kemenkes RI

Dari laman katadata.co.id yang mengulas tentang Perlindungan dari Risiko Kritis, disebutkan bahwa pada 2013 lalu jumlah penderita penyakit stroke mengalami peningkatan hingga 14 kali lipat dibandingkan dengan jumlah penderita di tahun 2007. Penyakit kritis kedua, adalah kanker, hepatitis, gagal ginjal, dan diikuti dengan diabetes.

Di saat yang sama, saya juga menemukan tulisan Utami Widowati di laman CNN yang tayang pada 14 Mei 2015, yang menyebutkan bahwa ada 10 jenis penyakit degeneratif yang menjadi penyebab utama kematian di Indonesia, yaitu:

  1. Cerebrovaskular atau pembuluh darah di otak.
  2. Penyakit jantung iskemik
  3. TBC
  4. Diabetes melitus yang disertai komplikasi
  5. Hipertensi
  6. Penyakit paru obstruktif kronis
  7. Penyakit liver
  8. Radang paru-paru
  9. Gastro-enteritis akibat infeksi
  10. Kematian akibat kecelakaan.

Oke, itu sudah lewat beberapa tahun lalu. Bagaimana dengan kondisi saat ini?

Galang Dana Online
Potret Kesehatan Masyarakat Indonesia Tahun 2018. Sumber: CNN

Dari hasil Riskesdas 2018 (yang bisa diakses langsung datanya di laman depkes.go.id) disebutkan bahwa terjadi peningkatan penderita Penyakit Tidak Menular (PTM), antara lain kanker, penyakit ginjal kronis, stroke, diabetes melitus, dan hipertensi. Penderitanya pun tidak lagi hanya orang-orang berusia dewasa, remaja bahkan anak-anak ada pula yang menderita penyakit kritis.

Galang Dana Online Bagi Orang yang Ingin Berbagi

Masih ingat dengan jargon jadul “Orang Miskin Dilarang Sakit”? Kalau menurut saya, orang yang punya uang atau yang materinya berlimpah-limpah sebaiknya jangan sampai juga terkena penyakit kritis. Semuanya harusnya bisa hidup sehat.

Ada cukup banyak kejadian yang menceritakan betapa penyakit bisa membuat seseorang yang tadinya kaya raya jadi jatuh miskin. Ada yang awalnya punya harta benda, jadi tak punya apa-apa lagi hanya demi bertahan hidup. Lalu bagaimana jika yang sakit adalah yang tak punya uang dan tak punya harta benda?

Ada satu peristiwa yang pernah saya alami ketika masih bekerja sebagai seorang Medical Representatif di salah satu perusahaan farmasi ternama di Indonesia. Ketika itu, saya memegang area Banjarbaru, Martapura, Batulicin hingga ke Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Di salah satu perjalanan dinas ke area Batulicin, saya melihat sendiri dengan kedua mata saya bagaimana seorang ibu meratapi jenasah anaknya yang terlambat mendapatkan perawatan intensif akibat tak ada dana untuk melakukan perawatan secara intensif di rumah sakit.

Di tahun itu seingat saya belum ada yayasan atau website yang bisa bantu galang dana online bagi orang-orang yang membutuhkan dana perawatan kesehatan. Minta kepada keluarga atau warga sekitar? Mungkin saja, tapi jika mereka sama-sama hidup dalam kondisi tak seberapa, maka mereka pun sama tak berdayanya dengan orang yang sedang membutuhkan.

Andai di masa itu sudah ada yang namanya galang dana online, di mana lebih banyak orang (bahkan yang mungkin tak saling kenal), bisa secara bersama-sama membantu orang-orang yang membutuhkan maka bisa jadi ada lebih banyak nyawa yang tak perlu hilang sia-sia.

Ada lebih banyak orang yang menderita penyakit kritis bisa mendapatkan kesempatan dirawat maupun terbantu dengan adanya galang dana online. Artinya, kemungkinan untuk sembuh bagi penderita penyakit kritis yang kebetulan tak memiliki dana berobat, bukanlah hal mustahil. Ya, berat sama dijinjing, ringan sama dipikul. Dengan berbagi sedikit melalui galang dana online, maka akan ada lebih banyak orang yang sedang membutuhkan bisa tertolong.

Galang Dana Online
Peduli Sehat Wadah Galang Dana Online untuk yang mau Melakukan Donasi Kesehatan. Sumber: pedulisehat.id

Galang Dana Online Bagi Orang yang Ingin Berbagi Melalui Peduli Sehat

Perkembangan teknologi informasi dan internet semakin maju beberapa tahun terakhir hingga membuka begitu banyak peluang dan kesempatan bagi siapa pun, dari belahan bumi mana pun, untuk saling berinteraksi hanya dengan memanfaatkan internet.

Interaksi antar manusia dengan memanfaatkan internet antara lain, mendapatkan peluang bisnis, peluang kerja, berkarya bersama, berbelanja, atau kegiatan lainnya, semua bisa dilakukan tanpa meninggalkan rumah, tanpa meninggalkan tempat duduk. Selain itu, kita pun bisa menolong orang lain yang membutuhkan dengan cara yang sama, yaitu hanya dengan memanfaatkan internet dan ikut yang namanya galang dana online.

Selama ini saya sangat percaya, berbagi itu tak akan membuat saya rugi. Jika hari ini saya belum mampu berbagi materi, maka ada banyak hal lain yang bisa saya bagikan, mulai dari berbagi waktu, tenaga, pikiran, ilmu dan sebagainya. Semakin banyak berbagi, maka Tuhan akan mengembalikannya berkali-kali lipat dengan banyak bentuk.

Jadi ketika saya browsing dan menemukan satu website yang menjadi wadah bagi siapa pun yang ingin ikut galang dana online atau melakukan donasi kesehatan secara online demi membantu sesama yang saat ini sedang mengalami musibah sakit, saya benar-benar bersyukur dan ingin ikut berpartisipasi di dalamnya.

Galang Dana Online
Peduli Sehat Platform Galang Dana Online

Peduli Sehat adalah platform berbasis teknologi yang memungkinkan siapa pun untuk ikut melakukan donasi online, galang dana online, atau melakukan donasi kesehatan bagi penderita penyakit serius maupun penyakit kritis yang sedang membutuhkan bantuan dana, baik untuk melakukan pengobatan maupun untuk bertahan hidup. Konsep yang diusung berupa galang dana online, realtime, dan transparan.

Website pedulisehat.id yang menjadi wadah galang dana online ini didirikan pada 2019 oleh Raymond Chen dengan latar belakang kondisi kesehatan masyarakat Indonesia yang 80 persen di antaranya masih jauh dari harapan untuk hidup sehat.

Seperti yang datanya telah kita baca bersama di awal tulisan ini, kurang lebih 12 juta penduduk Indonesia (menurut World Health Organization – WHO) didiagnosis menderita penyakit kritis. Sebagai bentuk ikut berperan serta dalam misi kemanusiaan, yaitu menjadi perusahaan berbasis teknologi dengan kesadaran tinggi akan tanggung jawab sosial, Peduli Sehat hadir di Indonesia.

Platform Peduli Sehat tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh di Playstore atau iOs, dan bisa pula diakses melalui website. Cara mengakses website-nya cukup dengan mengetikkan di browser: www.pedulisehat.id. Untuk Informasi lain mengenai platform peduli sehat bisa pula dicari tahu di akun Instagram @pedulisehatindonesia.

Apa konsepnya sama dengan menyumbang di kotak sumbangan yang sering ditemukan di rumah ibadah atau di pusat perbelanjaan? Kurang lebih sama. Tetap sama-sama untuk membantu orang-orang yang sedang membutuhkan. Namun Peduli Sehat yang melakukan penggalangan dana online ini fokus untuk membantu orang-orang yang menderita sakit beserta keluarganya ketika mereka kekurangan dana untuk berobat (dan bertahan hidup).

Perbedaan lainnya, cara melakukan galang dana secara online melalui internet, lalu jangkauan yang lebih luas, dan sebagai donatur maupun sebagai penerima donasi, kita bisa memantau secara realtime hasil galang dana online yang dilakukan.

Cara Berpartisipasi Galang Dana Online Melalui Laman pedulisehat.id

A. Membutuhkan Donasi Kesehatan Melalui Galang Dana Online

Bagi yang sedang mengalami musibah penyakit dan sedang membutuhkan bantuan donasi kesehatan melalui galang dana online, baik untuk diri sendiri maupun untuk anggota keluarga atau kenalan yang sedang membutuhkan maka lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Peduli Sehat (yang telah diunduh di gadget) atau buka website dengan mengetikkan www.pedulisehat.id
  • Lakukan registrasi. Bisa masuk dengan menggunakan akun Facebook, menggunakan email, atau dengan memasukkan nomor telepon.
Galang Dana Online
Registrasi di Peduli Sehat
  • Jika masuk dengan Facebook atau akun gmail, maka kamu akan otomatis bisa masuk. Jika menggunakan nomor telepon maka harus melakukan verifikasi dulu yang kode verifikasinya akan dikirimkan melalui sms.
Galang Dana Online
Cara Galang Dana Online
  • Klik tulisan “Galang Dana”
  • Isi data yang dibutuhkan secara lengkap, jika telah selesai, klik “Ajukan”.
Galang Dana Online
Isi Data Registrasi Lalu Ajukan untuk Galang Dana Online

B. Berpartisipasi Dalam Galang Dana Online Sebagai Donatur

Jika kamu ingin berpartisipasi dalam galang dana online sebagai donatur dengan memberikan bantuan donasi kesehatan bagi penderita penyakit maupun keluarganya yang sedang membutuhkan bantuan, maka langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah:

  • Buka aplikasi atau masuk ke website dan lakukan registrasi (lihat poin A1 pada pembahasan sebelumnya).
  • Masuk ke bagian kampanye dan kamu bisa memilih siapa yang hendak kamu bantu melalui galang dana online di Peduli Sehat ini. Setelah menemukan, klik langsung saja namanya dan silakan dibaca dulu kebutuhannya.
Galang Dana Online
Ulurkan Tangan Melalui Galang Dana Online Peduli Sehat
  • Sebagai donatur, jika sedang berkelimpahan, kamu bisa galang dana online dalam bentuk materi. Minimal dana yang bisa kamu donasikan sebesar 10.000. Untuk itu klik “Donasi”. Namun jika kamu belum bisa melakukan donasi berupa materi, kamu bisa membantu dengan membagikan link kampanye ini dengan cara klik “Bagikan”.
Galang Dana Online
Pilih Mana yang Mampu Kamu Donasikan
  • Dengan mengusung realtime dan transparan, kamu bisa melihat pula di bagian bawah siapa saja yang telah melakukan galang dana online beserta jumlah yang didonasikan. Sementara di bagian atas halaman terlihat jumlah dana yang telah terkumpul dan berapa jumlah dana yang dibutuhkan.
  • Donasi materi bisa dilakukan dengan cara transfer melalui bank, online banking, virtual account, Alfamart, juga bisa menggunakan e-Wallet (OVO, OVO Point, maupun GoPay).

Galang Dana Online Bagi Orang yang Ingin Berbagi dan Peduli akan Kesehatan melalui pedulisehat.id diharapkan bisa membantu lebih banyak orang untuk kembali sehat, juga membuka pintu peluang bagi siapa pun yang ingin menabung kebaikan. Mari berbagi. Semoga kita semua dilimpahi berkat sehat dan rezeki agar bisa terus berbagi kepada lebih banyak orang.

5,989 total views, 2 views today

39 COMMENTS

  1. galang dana online sekarang memang lebih mudah, karena jaman di serba digital ini dibutuhkan kesimplean,
    netizen jadi lebih simple jika ingin berdonasi,, terobosan yg sudah diprediksi beberapa tahun lalu,, thx for sharing mbak

  2. Berbagi itu merupakan salah satu cara untuk happy ya mba, sekaligus menaikkan kadar keikhlasan diri.
    Masih banyak saudara kita setanah air yang amat membutuhkan bantuan untuk pengobatannya. Alangkah baiknya kita memaksimalkan fasilitas seperti Peduli Sehat ini untuk berdonasi.

  3. Tidak lagi takut Galang dana online karena sudah baca Review-nya. Apalagi Galang dana tentang kesehatan makasih ya mbk atas Review peduli sehatnya

  4. Pola hidup tidak sehat bikin kita masuk NICU yang biaya permalam aja ya ampun deh.

    Bisa jebol tapi nama keluarga sakit pasti sekuat tenaga menolong.

    Dengan adanya pedulisehat.id bisa menolong keluarga dan keluarga orang lain

  5. Wah hipertensi besar juga ya mba di Indonesia. Galang dana online ini membantu banget ya jdi kalo mau menyalurkan bantuan dan tepat sasaran jelas targetnya jadi lebih percaya aja gitu

  6. ya ampun, kasian ya liat adik-adik bayi dan balita yang menderita penykait kronis 🙁 seneng ada aplikasi penggalangan dana donasi kesehatan seperti pedulisehat ini. apalagi dana donasi bisa melalui e-wallet, tidak hanya melalui bank saja.

  7. Penyakit kritis memang yang paling ditakutkan ya mbak apalagi biaya pengobatannya juga besar, kasihan bagi mereka yang gak punya asuransi kesehatan atau bakan BPJS pun tidak ada, lewat donasi kesehatan seperti ini setidaknya bisa meringankan beban merka

  8. Membantu secara online dengan aplikasi peduli sehat inis emoga semakin menggerakkan hati banyak orang untuk membantu sesama ya mba Monica 🙂

  9. Aamiin..
    Rejeki memang bukan milik pribadi yaa..kak Monic.
    Harus berbagi ..dan sesungguhnya, itulah letak kebahagiaan manusia.

    Peduli Sehat memfasilitasi donasi kesehatan yang amanah.
    Semoga semakin banyak yang merasa diringankan bebannya.

  10. Kalau donasi kesehatan lewat aplikasi jadi mudah diakses kapan pun dan dimanapun secara real time, jadi donatur bisa memantau terus dana yang sudah disalurkan dan kondisi pasien yang dibantunya

  11. Keren inovasinya. Bikin aplikasi buat menggalang dana secara online dalam bentuk aplikasi. Milenial yang memang akrab dengan aplikasi jadi bisa dengan mudah berdonasi. Simpelnya, bikin kita bisa berdonasi tanpa perlu takut dan malu karena jumlahnya sedikit. Dan gak riya juga ya karena gak ada yang tahu. Penyalurannya pun sudah pasti amanah ke mereka yang membutuhkan.

  12. Yang membuat tenang, peduli Sehat ini transparan yaa, Mba, jadi kita gak perlu khawatir donasi yang kita berikan akan disalahgunakan.

    Semoga semakin banyak saudara-saudara kita yang terbantu yaa, amiiin

  13. Keluarga banyak yang punya riwayat hipertensi, Mbak. Makanya, sejak dini aku ngurangin banget sama yang namanya garam. Selain itu, alhamdulillah kesadaranku untuk hidup sehat lebih meningkat setelah bapak dan ibuku jelas-jelas punya hipertensi.

    Salut untuk founder Peduli Sehat. Semoga makin banyak yang tahu dan semakin banyak pula yang berbagi.

  14. Aduh mba itu aku nyesek bacanya seorang ibu meratapi jenazah anaknya karena ga punya dana untuk perawatan 🙁 ya ampun sedih pastinya..bersyukur ya mba ada galang donasi online ini semoga tidak ada lagi kasus seperti ibu itu

  15. Makin banyak yg ken penyakit tidak menular krn gaya hidup ya mbak, moga kita semua sehat2 terus.
    Ini aplikasinya bagus, bisa membantu meringankan beban merka yang butuh bantuan krn sakit tapi butuh biaya pengobatan besar yaaa

  16. Mbak, buat yang mau mengajukan penggalangan dana bakal diverifikasi seperti apa? apakah didatangi tim Peduli Sehat? Trus untuk penarikan dana bantuan apa ada potongan sekian persen dari dana yang terkumpul?

  17. Zaman sekarang usia produktif jga bisa terkena penyakit kritis, sementara tanggungan keluarga masih berat, dengan adanya galang dana online bisa sangat membantu dan meringankan beban ya

  18. So simple banget jaman now, menyesuaikan dengan dunia digital, menggalang dana secara onlen pun makin mudah untuk saling berkontribusi ke sesama yang membutuhkan. Insyaallah meringankan buat mereka ya Mba Monic .

  19. Lengkap banget mbak data kondisi kesehatan di Indonesia-nya. Alhamdulillah bertambah lagi platform donasi untuk menggalang bantuan yang bermanfaat untuk sesama. Metode donasinya juga semakin mudah. Bukan hanya bisa transfer atau via virtual account saja. Tapi juga bisa pakai GoPay dan Ovo

  20. Plarform yang sangat membantu sekali. Tak sedikit orang yg punya dana berlebih tapi kalo harus mendatangi kotak dia agak sungkan. Dan adanya pedulisehat bisa mengakomidir orang yg demikian. Apalagi sekarang jamannya online dan serba aplikasi

  21. Bermanfaat sekali y Ka platform ini.
    Ngga semua orang puny fasilitas asuransi kesehatan.
    Semoga pedulisehat bisa bantu lebih banyak orang.

  22. Smart way to help others ya, mbak. Ini platform membantu banget dan memudahkan kita untuk berbagi dan peduli terhadap sesama. Semoga banyak orang yg semakin sadar yess akan adanya galang dana online semacam ini.

  23. Moga galang dana online di peduli sehat terus berjaya, moga kita dimudahkan rezeki untuk selalu berbagi…sedih kalo disaat ada yg minta tolong kita nggak bisa tolong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here