15 Jenis Artikel Berdasarkan Isi Artikelnya

Jenis-jenis artikel bisa dibagi berdasarkan tujuannya dan berdasarkan isinya, seperti artikel ringan, artikel praktis, artikel, review, artikel sponsor, dan sebagainya. Kalau kamu mengenali jenis artikel, akan lebih mudah dalam proses penulisannya. Yuk, kenali lebih detail mengenai berbagai jenis artikel berdasarkan isinya di sini.

15 Jenis Artikel Berdasarkan Isinya

1. Artikel Ringan

Artikel ringan adalah artikel yang membahas segala hal ringan, tidak memerlukan pemikiran yang mendalam, dan biasanya penulis menggunakan bahasa yang santai serta mengandung humor dalam tulisannya.

Meski isinya ringan, pembaca tetap bisa mendapatkan suatu informasi yang berguna dan menarik. Contoh artikel jenis ini biasanya banyak ditemukan di majalah atau platform media online dengan target pembacanya adalah remaja.

2. Artikel Opini

Untuk memahami apa itu artikel opini, kamu bisa menemukannya saat membaca rubrik, kolom opini, tajuk rencana, editorial, dan sejenisnya. Jadi, artikel opini adalah artikel yang membahas suatu masalah dari sudut pandang atau pendapat penulisnya.

Itulah sebabnya, artikel opini juga dikenal sebagai artikel perspektif karena gaya penulisannya berisi konsep dasar (fundamental) berkaitan dengan suatu bidang. Meskipun berasal dari pendapat penulis, tetap harus didukung dengan data dan referensi yang kuat agar kebenaran isi artikel tak lagi dipertanyakan.

Artikel opini

3. Artikel Praktis

Artikel praktis adalah artikel yang isinya berfokus cara melakukan sesuatu atau berkaitan dengan keterampilan. Contohnya: artikel yang membahas tentang cara membuat, memperbaiki, atau mengoperasikan sesuatu.

4. Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah dikenal pula sebagai artikel yang berisi hasil penelitian atau analisis terhadap sesuatu yang dilakukan seorang ahli. Bisa pula penulisan artikel jenis ini isinya memuat hasil penelitian, seperti skripsi, tesis, disertasi, hasil penelitian seorang profesor, dokter, dan sebagainya.

Publikasi artikel ilmiah lebih banyak di jurnal-jurnal ilmiah karena penggunaan bahasanya yang baku dan ilmiah, bukan bahasa populer yang lebih dipahami masyarakat umum.

5. Artikel Populer

Sesuai namanya, artikel populer adalah artikel yang ringan, menggunakan bahasa yang mudah dipahami pembaca, dan umumnya memiliki pembaca yang banyak. Isinya merupakan rangkuman dari artikel ilmiah.

6. Artikel Tutorial

Cara menanam pohon, cara membersihkan dinding, cara mengganti lampu mobil, termasuk dalam jenis artikel tutorial. Dengan kata lain, artikel tutorial adalah artikel yang berisi cara melakukan atau mengerjakan sesuatu, lengkap dengan langkah-langkahnya. Tujuannya, agar pembaca bisa mengikuti setiap langkahnya dan menyelesaikan masalah mereka.

artikel tutorial

7. Jenis Artikel Review / Ulasan

Artikel review atau artikel ulasan adalah karya tulis yang berbentuk analisis untuk membandingkan atau merekomendasikan suatu hal dari hasil yang sudah dialami. Misalnya artikel review tentang produk kosmetik, pengalaman menggunakan produk teknologi, dan sebagainya. Panjang artikel tidak tentu tergantung seberapa detail penulis menuliskan pengalamannya.

8. Artikel Esai

Artikel esai adalah artikel yang isinya menyampaikan pandangan spesifik terkait suatu topik dengan cara yang singkat dan langsung pada inti artikel. Itulah sebabnya, artikel esai memiliki jumlah kata yang sedikit dan artikelnya pendek.

9. Artikel Fitur

Penulisan artikel fitur berdasarkan hasil wawancara dengan ahli atau seorang tokoh yang sesuai dengan topik tulisan. Itulah sebabnya, isi artikel fitur lebih tentang sosok tertentu, topik yang sedang tren dan banyak orang memperbincangkannya. Karena isinya detail, wajar kalau artikel ini memiliki jumlah kata yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis artikel lainnya.

10. Artikel Sponsor

Untuk menuliskan artikel sponsor, biasanya ada pihak tertentu yang meminta penulis menuliskan suatu hal terkait, produk, jasa, layanan, atau memperkenalkan bisnis. Kebanyakan artikel sponsor ini tayang di media online, blog, atau platform online lainnya.

11. Artikel Kolom

Pernah mendengar jenis artikel kolom? Nah, artikel ini memungkinkan penulisnya membuat tulisan yang lebih personal dan menggunakan gaya bahasa yang unik. Artikel kolom kebanyakan berisi pengalaman pribadi penulis yang berhubungan dengan peristiwa tertentu yang pernah ia alami.

12. Artikel Investigasi

Kamu pasti bisa langsung menebak apa isi artikel investigasi, kan? Ya benar, jenis artikel ini lebih banyak mengungkapkan suatu peristiwa penting atau skandal besar. Misalnya, misteri kematian sekeluarga yang meninggal tanpa sebab, penyelidikan kasus perselingkuhan, dan sebagainya.

13. Artikel Berita

Ini adalah jenis artikel yang paling mudah kamu temukan pada media berita, baik media cetak maupun media online. Penulisannya berdasarkan kenyataan atau fakta yang sebenarnya terjadi, to the point, dan langsung berfokus pada fakta aktual.

14. Artikel Gaya Hidup

Isi artikel gaya hidup sudah tentu berisi tentang gaya hidup atau lifestyle. Misalnya, tentang rekreasi, destinasi wisata kekinian, tips kesehatan, cara membangun hubungan, dan sebagainya. Ini jenis artikel paling umum dan paling banyak orang baca, karena memang membahas masalah sehari-hari atau yang biasa orang alami.

15. Artikel Klinis

Artikel klinis atau sering kita kenal pula dengan nama artikel studi kasus klinis lebih banyak digunakan dalam bidang kedokteran. Isinya berupa metodologi, implementasi, atau hasil studi yang telah dilakukan berdasarkan kasus nyata.

Contoh artikel ini, kasus penyakit pada pasien, mulai dari tanda, gejala penyakit, diagnosis, metode pengobatan yang dilakukan, hingga hasil pengobatan dan obat yang digunakan.

 

Dari 15 jenis artikel yang sudah kamu baca di atas, mana yang paling sering kamu baca atau kamu tulis? Atau adakah jenis artikel lain yang mungkin kamu tahu, namun belum tercantum dalam artikel ini? Jika ada, jangan segan untuk berbagi informasi di kolom komentar ya. Oh ya, masih ada satu jenis artikel lagi yang banyak peminatnya nih, yaitu artikel listicle. Cari tahu yuk tentang Listicle Artikel: Pengertian dan Alasan Menulis Artikel Listicle.

Sedang mengikuti pelatihan prakerja untuk meningkatkan skill

About the author

Hobi saya dalam hal kepenulisan menjadikan saya ingin selalu berkarya. Menciptakan ruang blog monicaanggen.com ini bukanlah sesuatu hal yang kebetulan gais. Sit, Enjoy, and Starting Read.. ^_^

19 pemikiran pada “15 Jenis Artikel Berdasarkan Isi Artikelnya”

  1. Banyak juga ya jenis artikel .yang pastinya harus rajin nulis artikel biar makin bisa bermanfaat lewat ide yang di tuangkan lewat tulisan.

    Balas
  2. Saat ini paling banyak saya baca adalah artikel lifestyle, review, dan tutorial. Bacaan paling ringan dan bahkan bisa menghibur. Meskipun sebenarnya sebagai penulis konten di blog, harus lebih banyak membaca berbagai jenis artikel. Bahkan rajin baca buku. PR bgt mbak. hehe

    Balas
  3. Sering artikel klinis.. Sebab aku memang suka kesehatan dan sering dapat job yg bertemakan kesehatan…

    Thanks ya jadi mengerti nih jenis artikel

    Balas
  4. Banyak juga jenis-jenis artikel ini ya. Dan kebanyakan yang disebut di sini sudah sering saya dengar tapi nggak begitu paham. Berkat tulisan ini jadi lebih jelas

    Balas
  5. Kalau saya kayaknya sering bikin artikel review. Habis ini mau belajar bikin artikel feature ah buat ikutan lomba

    Balas
  6. Saya belum pernah menulis opini yang dipublikasi secara umum, adanya sendiri aja dibaca oleh teman. Menulis opini kudu siap dengan positif dan negatifnya. Utamanya dengan mereka yang kontra pada opini yang kita bangun.

    Kudu banyak belajar lagi nih mencoba menulis berbagai jenis artikel di atas biar pernah merasakan. hehe

    Balas
  7. Banyak yaaa jenis-jenis artikel. Artikel sponsor itu kalau zaman nulis di majalah dan koran dulu namanya advertorial ya kayaknya.

    Balas
  8. Saya malah nggak kepikiran artikel ternyata ada klasifikasinya juga. Terima kasih, Mbak Mon. Sekarang jadi tambah pengetahuan lagi nih.

    Balas
  9. kalau dijabarin ternyata jenisnya banyak juga ya. aku sih angkat tangan deh kalau soal artikel ilmiah wqwq. tapi mantep deh itu yang suka bikin artikel investigasi, dari bacanya aja udah kerasa banget eksklusif. pengin deh aku belajar

    Balas
  10. banyak juga ya ternyata jenis artikel itu, dan masing-masing punya ciri berbeda berdasarkan peruntukannya.
    sepertinya artikel investigasi dan klinis yang dalam pembuatannya itu cukup ribet ya.

    Balas
  11. wahh ternyata ada banyak ya jenis artikel berdasarkan isinya, biasanya suka nyari yang tutorial2 aku tuh

    Balas
  12. Untuk saat ini artikel yang masih sering saya tulis dan dominan yaitu artikel praktis, artikel review, dan gaya hidup. Nice artikel, kak. Ternyata banyak sekali berbagai macam artikel, ya…

    Balas
  13. Artikel praktis dan artikel tutorial hampir mirip ya ternyata. Jadinya kalau membuat artikel macam how to begitu, bisa masuk ke keduanya ya?

    Balas
  14. banyak juga yaa jenisnya kak.. aku taunya ya itu2 aja.. ternyata kalau artikel medis itu namanya artikel klinis yaa yang biasa kita baca di website2 kesehatan itu

    Balas
  15. Artikel fitur ini cukup menarik dan menantang ya mbak
    Artikel fitur ini ini akan pas kli dibuat menulis kisah inspiratif ya mbak

    Balas
  16. Banyak banget jenis jenis artikel yang bisa dipilih untuk menulis. Tinggal menyesuaikan bahan tulisan dan kebutuhan artikel supaya menghasilkan artikel yang tepat

    Balas
  17. dari semuanya suka sih dibaca, apalagi kalau tentang investigasi gitu, bikin penasaran ya hihi.. tapi kalau suruh buat artikel investigasi gitu kayanya berat ya, harus beneran tahu detail kasusnya

    Balas
  18. Menulis blog dengan tema artikel tertentu akan memudahkan pembaca menemukan apa yang mereka cari. Biasanya artikel populer untuk mengetahui sudut pandang tertentu ini menarik untuk disimak.

    Balas
  19. Ya ampun, banyak bener ya jenis² artikel ini.. jadi mikir.. artikel² di blog ku masuk kategori jenis yang mana aja yah

    Balas

Tinggalkan komentar