Sejak tahun pertama, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla telah bertekad untuk meneruskan pembangunan nasional dengan menitikberatkan pada pembangunan di segala bidang. Tekad tersebut kemudian direalisasikan dengan berbagai program yang perlahan, namun pasti, telah mulai menunjukkan hasil dalam bentuk percepatan deregulasi ekonomi melalui berbagai paket kebijakan, peningkatan pelayanan kesehatan demi Indonesia Sehat, serta pembangunan infrastruktur di berbagai daerah. Tetapi pembangunan negara ini tak akan terlihat nyata jika tanpa dukungan seluruh masyarakat Indonesia. Untuk itu, Sekretariat Kabinet mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berperan serta dalam menyebarkan informasi yang berkaitan dengan kinerja pemerintah #MenujuIndonesiaMaju melalui lomba media sosial dan blog menuju Indonesia maju

Kapsul Waktu Impian Presiden Jokowi
Kapsul Waktu Impian Presiden Jokowi

Acara Launching Lomba Media Sosial dan Blog Menuju Indonesia Maju

Pada 26 Maret 2018 lalu, Sekretariat Kabinet launching Lomba Media Sosial dan Blog Menuju Indonesia Maju di aula serbaguna Kementerian Sekretariat Negara Gedung III Lantai 1, Jalan Veteran No. 18, Jakarta Pusat. Acara yang mengundang media, perwakilan netizen, dan para blogger ini dihadiri pula segenap pejabat terkait, seperti Pramono Anung selaku Sekretaris Kabinet (Seskab), Ratih Nurdiati yang menjabat sebagai Wakil Sekretaris Kabinet (Waseskab), Kartika Wirjoatmodjo selaku Direktur Utama Bank Mandiri, Yuli Harsono selaku Deputi Seskab Bidang Dukungan Kerja Kabinet (DKK), dan masih banyak lagi. 

Pramono Anung di Acara Launching Lomba Menuju Indonesia Maju
Pramono Anung di Acara Launching Lomba Menuju Indonesia Maju

Dalam acara ini, Pak Yuli Harsono yang menjadi penanggung jawab lomba media sosial (medsos) #MenujuIndonesiaMaju mengatakan bahwa selama 8 bulan, mulai Maret 2018 hingga November 2018, Sekretariat Kabinet mengadakan lomba di Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook. Lomba ini akan diselenggarakan secara rutin setiap bulan dan informasinya bisa didapatkan di kanal media sosial Sekretariat Kabinet (Seskab), yaitu di:

  • Twitter: @setkabgoid.
  • Instagram: @sekretariat.kabinet.
  • Facebook: @setkabgoid.
  • Youtube: Sekretariat Kabinet RI.

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, ketika menyampaikan sepatah dua patah kata dalam acara ini menjelaskan kalau setiap tahun Pemerintah Indonesia terus melakukan perbaikan dalam program-program pembangunan yang ditetapkan agar seluruh program dapat terwujud secara nyata. Pada tahun pertama, Pemerintahan Jokowi-JK meletakkan pondasi pembangunan nasional pada transformasi fundamental perekonomian, lalu pada tahun kedua dilakukan upaya mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah demi mengejar ketertinggalan dari negara lain dan kemudian bisa bersaing secara kompetitif dengan negara-negara berkembang lainnya. Selain itu juga dilakukan percepatan deregulasi ekonomi melalui berbagai paket kebijakan. Di tahun ketiga, pemerintah fokus pada pemerataan dalam bidang ekonomi dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk peningkatan pelayanan kesehatan secara adil dan merata.

Di tahun 2018, ada 10 program prioritas Pemerintah Indonesia, yaitu:

  1. Infrastruktur, konektivitas, dan kemaritiman.
  2. Ketahanan pangan.
  3. Pendidikan.
  4. Kesehatan.
  5. Perumahan dan pemukiman.
  6. Ketahanan energi.
  7. Pengembangan dunia usaha dan pariwisata.
  8. Pembangunan wilayah.
  9. Politik, hukum, pertahanan, dan keamanan.
  10. Penanggulangan kemiskinan.
Peresmian Launching Lomba Media Sosial dan Blog Menuju Indonesia Maju
Peresmian Launching Lomba Media Sosial dan Blog Menuju Indonesia Maju

Meskipun berbagai program pembangunan yang telah dicanangkan pemerintah telah mulai menunjukkan hasil, ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengetahui hasil kerja pemerintah ini, salah satunya mungkin seperti saya. Saya yang tinggal di Jakarta hanya bisa melihat beberapa proyek pembangunan infrastruktur yang telah selesai dan memang sudah bisa dinikmati, namun pembangunan di luar daerah, saya masih banyak yang belum tahu. Saya yakin, di luar sana banyak yang seperti saya, yang kurang update pada informasi terbaru berkaitan dengan hasil pembangunan. Inilah alasan utama yang mendorong Sekretariat Kabinet mengajak siapa pun untuk berperan aktif menyebarkan informasi positif mengenai hasil pembangunan yang mulai bisa dinikmati masyarakat di berbagai daerah melalui media sosial masing-masing. Semakin banyak masyarakat yang berperan serta maka semakin banyak pula informasi positif yang bisa membuktikan bahwa benar ada hasil pembangunan di daerah masing-masing orang.

Variasi Lomba Menuju Indonesia Maju
Variasi Lomba Menuju Indonesia Maju

Variasi Lomba Media Sosial dan Blog Menuju Indonesia Maju

Lomba media sosial dan blog menuju Indonesia maju menggunakan hastag #MenujuIndonesiaMaju bisa diikuti melalui kanal media sosial kita masing-masing lho. Pengguna Youtube bisa mengikuti lomba ini dengan membuat vlog atau membuat film pendek. Bagi netizen yang aktif di Facebook bisa ikut Teka Teki Silang, yaitu dengan mengisi kata yang hilang dari pidato Presiden atau Sekretaris Kabinet. 

Kalau yang suka curcol dan mantengin timeline Twitter jangan lupa follow dulu Twitter @setkabgoid, lalu buat moments/kultweet/chipstory yang merupakan jawaban dari pertanyaan yang diajukan di kanal Twitter Seskab. Di Twitter, kita juga bisa mengikuti lomba dalam bentuk Teka Teki Silang. Makanya untuk tahu lebih lanjut, rajin-rajinlah cek TL mereka. 

Lomba berikutnya ada membuat video reportase atau vlog berdurasi 1 menit untuk ditayangkan di akun Instagram kita. Bagi yang hobi menulis, ayo salurkan bakat tersebut dengan mengikuti lomba blog #Menuju IndonesiaMaju.

Jadwal Lomba Menuju Indonesia Maju
Jadwal Lomba Menuju Indonesia Maju

Siapa pun bisa ikutan seluruh lomba media sosial dan blog menuju Indonesia baik ini, pokoknya minimal usia 17 tahun. Rugi lho kalau tak ikut. Kenapa saya bilang rugi? Karena hadiah berupa uang tunai dengan total 107 juta tanpa dipotong pajak. Enak banget, kan? Yuklah semuanya ikutan saja. Menang ya alhamdulillah. Kalau belum menang, ikut lagi saja di periode selanjutnya.

2 COMMENTS

  1. […] Sejak peristiwa demi peristiwa yang dialami bangsa ini berkaitan dengan keberagaman suku bangsa dan agama serta lunturnya toleransi dan saling menghormati perbedaan, fokus dan perhatian saya tertuju pada pemberitaan hoax yang masih saja berlanjut dan bagaimana gerakan anti hoax bersatu padu untuk melawannya dengan menyebarkan berita positif dan bermanfaat. Gerakan anti hoax ini patut diapresiasi dan didukung karena misi utama mereka adalah menjaga persatuan dan keutuhan NKRI, demi membangun bangsa menuju Indonesia maju. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here