Bila berhubungan dengan dunia internet, maka kita tak bisa lepas dari penggunaan sosial media dalam keseharian. Salah satu sosial media yang sangat hits saat ini adalah Instagram. Pertanyaannya sekarang, bisakah kita mengembangkan bisnis dengan fitur Instagram shopping?

Mengembangkan Bisnis dengan Fitur Instagram Shopping

Instagram memberikan kemudahan kepada penggunanya, untuk dapat memposting foto serta video di media sosial tersebut. Instagram memang mengutamakan gambar sebagai media komunikasi sesama penggunanya.

Dengan berbagai fitur menarik, seperti filter yang dapat diaplikasikan ke foto atau video, Instagram Story hingga Instagram Shopping membuat Instagram menjadi sosial media yang cukup digandrungi oleh berbagai kalangan serta usia.

Menurut data dari Napoleon Cat, pada periode Januari-Mei 2020, pengguna Instagram di Indonesia telah mencapai sekitar 69,2 juta pengguna. Dengan banyaknya pengguna, Instagram menjadi media yang cukup menjanjikan bagi siapa pun yang ingin menjalankan bisnis, termasuk untuk berjualan online.

Anda bisa menyajikan berbagai foto maupun video terkait produk yang hendak Anda promosikan di Instagram. Hal ini, karena penggunaan foto dan video bisa lebih mudah dan lebih banyak pesan yang tersampaikan terkait produk yang dijual, mulai dari produk fashion bahkan makanan.

Instagram pun sebagai media, tak tinggal diam, melihat begitu besar minat penggunanya. Itulah sebabnya, Instagram terus mengembangkan berbagai fitur, agar para penggunanya dapat semakin mudah melakukan bisnis di Instagram.

Apa saja fitur pada Instagram yang bisa membuat Anda jadi lebih mudah dalam menjalankan bisnis online? Yuk, simak di bawah ini.

Apa sih Instagram Shopping Itu?

Fitur Instagram Shopping, merupakan serangkaian fitur di Instagram yang memudahkan para konsumen untuk berbelanja produk. Mereka tinggal melihat berbagai foto dan video yang ditayangkan oleh penjual online, langsung dari aplikasi di mana pun mereka berada.

Mungkin pernah, sesekali Anda mendapati salah satu akun Instagram online shop yang memberikan foto katalognya. Ketika Anda menyentuh bagian foto, akan tertera harga serta link menuju website belanja produk tersebut. Rasanya, seperti saat Anda mengambil barang langsung dari etalase, kan?

Anda sebagai penjual online, akan sangat terbantu dengan adanya fitur IG Shopping ini. Dengan etalase yang tampilannya bisa Anda sesuaikan, maka konsumen bisa berbelanja langsung di halaman profil bisnis Anda.

Pada foto yang diupload, nantinya akan terdapat label produk. Label produk memudahkan Anda menyoroti produk dari katalog di feeds. Selanjutnya, calon pembeli bisa mencari tahu informasi selengkapnya tentang produk yang Anda upload.

Dengan adanya fitur ini, pengguna Instagram bisa semakin mudah mencari destinasi belanja seperti ketika mencari di marketplace. Sementara, bagi Anda penjual online, Anda bisa melakukan pengaturan toko online hanya dengan menggunakan sentuhan editorial. Caranya, tinggal kategorikan saja produk berdasarkan tema.

Terdapat pula halaman yang berfokus pada produk. Di halaman ini, semua informasi tentang produk bisa disediakan secara lengkap, seperti harga, deskripsi ukuran produk, material, berat, dan lain sebagainya.

Penjual online juga bisa memasang iklan untuk memaksimalkan jangkauan produk. Postingan nantinya akan dilengkapi fitur belanja, sehingga materi iklan jauh lebih fleksibel. Iklan dengan label produk bisa mengarahkan calon pembeli ke situs website yang milik penjual online.

Anda sebagai penjual juga bisa melakukan endorsement dengan para influencer atau selebgram dengan menggunakan Instagram Shopping ini. Biasanya pengguna Instagram akan lebih tertarik jika produk telah digunakan oleh para para influencer atau selebgram.

Cara Membuat Instagram Shopping

Saat melihat postingan Anda, maka para pungguna dapat dengan mudah mengunjungi akun bisnis Anda hanya dengan mengklik produk yang ada di postingan para para influencer atau selebgram.

Bagi Anda, yang ingin memanfaatkan fitur Instagram Shopping untuk mengembangkan bisnis dan berjualan online, berikut cara membuat Instagram Shopping:

1. Konfirmasi Kelayakan

Anda perlu memenuhi beberapa persyaratan berikut ini untuk dapat memanfaatkan fitur Instagram Shopping, yaitu:

  • Mencantumkan lokasi usaha.
  • Memiliki produk yang memenuhi syarat.
  • Mematuhi perjanjian pelapak dan kebijakan perdagangan di Instagram.
  • Memiliki domain situs web yang akan Anda gunakan untuk berjualan.

Jika Anda belum bisa memenuhi syarat terakhir, Anda bisa menggunakan TokoTalk yang akan menyediakan website untuk toko online Anda.

2. Beralihlah Ke Akun Bisnis Atau Kreator

Gantilah akun Instagram Anda menjadi akun bisnis. Setelah memiliki akun bisnis, Anda bisa menambahkan informasi bisnis yang relevan, seperti jam buka toko, alamat bisnis, nomor telepon, dan tautan ke situs web.

3. Hubungkan ke Halaman Facebook

  • Buka profil Instagram bisnis.
  • Pilih “Edit Profil”.
  • Di bagian “Informasi Bisnis Publik”, pilih “Halaman”.
  • Pilih Halaman Facebook dari Halaman Anda yang akan dihubungkan
  • Jika Anda tidak memiliki Halaman Facebook, pilih “Buat Halaman Facebook Baru”
  • Catatan: Hanya diperlukan Halaman Facebook, bukan Toko Halaman Facebook.

4. Unggah Katalog Produk

IG Shopping didukung oleh katalog produk Anda. Ada dua cara untuk menghubungkan katalog produk ke akun Instagram Business Anda:

  • Pengelola Katalog, adalah metode “mandiri” yang tersedia di Pengelola Bisnis Facebook.
  • Partner Platform Ecommerce, adalah integrasi melalui salah satu partner platform ecommerce yang telah bersertifikasi.

5. Peninjauan Akun

Setelah menghubungkan katalog produk ke Instagram dan katalog sudah berisi produk, ajukan peninjauan akun Anda. Peninjauan akun biasanya memerlukan waktu beberapa hari, tetapi terkadang lebih lama.

6. Aktifkan Fitur Belanja

Setelah akun disetujui, Anda bisa mengaktifkan fitur Belanja. Jika fitur Belanja tidak muncul di Pengaturan, akun Anda mungkin masih dalam proses peninjauan atau belum disetujui.

7. Mulai Sematkan Label

Setelah fitur Belanja diaktifkan, Anda bisa menggunakan label produk untuk menyoroti produk-produk di foto dan video yang ditampilkan di feeds dan story.

Jadi, bagaimana setelah mengenal fitur Instagram Shopping? Anda pastinya tertarik kan untuk mengembangkan bisnis. Anda bisa memanfaatkan layanan SIST (Solusi Instagram Shopping TokoTalk) di TokoTalk.

TokoTalk adalah layanan untuk membantu seller-seller online membuat dan memiliki IG shopping. Anda cukup mendaftarkan dan mengundang temanmu untuk bergabung ke dalam SIST. Layanan SIST ini gratis kok, jika sudah terpilih, kemudian Anda akan dibantu oleh Tim TokoTalk untuk setiap langkah-langkah yang diperlukan. Selamat mencoba yaa!

 689 total views,  5 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here