Saat melamar kerja, mungkin Anda pernah mendengar yang dinamakan dengan background check. Sesuai namanya, background check adalah pencarian informasi dari seorang kandidat karyawan. Semua kebenaran mengenai informasi dan data karyawan akan digali dalam tahapan ini.

Alasan HRD Melakukan Background Check kepada Kandidat

Mengapa HRD dalam sebuah perusahaan melakukan background check? Sebab, perusahaan perlu memastikan bahwa semua karyawan yang direkrut ke dalam perusahaan merupakan individu yang kompeten dan mempunyai latar belakang yang baik.

Bagaimanapun juga, kepribadian dan sikap karyawan juga sangat penting selain kompetensi utama. HRD ingin melihat bagaimana perilaku dan sikap kandidat di kantor dan luar kantor. Apakah kandidat bermasalah dan sesuai dengan informasi yang tertera di CV?

Berikut ini beberapa hal yang akan dicek HRD dalam background check:

Verifikasi Pendidikan

Memastikan kebenaran pendidikan kandidat sangat penting untuk memastikan bahwa kompetensi yang dimiliki oleh karyawan adalah valid.

HRD akan memastikan benar tidaknya kandidat lulus dari institusi tersebut. Biasanya background check dilakukan dengan menelepon atau mengecek melalui website kampus lama Anda.

Menanyakan Kepada Rekan Kerja Sebelumnya

Beberapa perusahaan bahkan ada yang melakukan background check hingga ke kantor lama kandidat. HRD akan menanyakan beberapa hal soal kinerja di kantor lama.

Jadi, perlu diingat untuk meninggalkan kesan baik dan bekerja dengan benar selama bekerja di perusahaan lama!

Baca Juga: Software Performance Management untuk Menjaga Kinerja.

Melihat Catatan Kriminal

Memilih karyawan yang tidak memiliki catatan kriminal menjadi hal utama. Hal ini akan menghindarkan perusahaan dari permasalah hukum yang sekiranya bisa terjadi dari pihak karyawan.

Untuk memastikan karyawan “aman”, biasanya perusahaan akan meminta lampiran SKCK yang merupakan bukti tidak pernah melakukan atau terlibat tindak pidana.

Bagi anda, Para HR Rekrutmen dapat menggunakan Software Performance Management dari LinovHR untuk melakukan penilaian kinerja karyawan baru yang sedang memasuki masa probation. LinovHR merupakan solusi tepat untuk pengelolaan, Performance Management, Time Management hingga management Payroll.

Tes Narkoba

Selain catatan kriminal, tes narkoba juga sering dilakukan di beberapa perusahaan. Mengapa demikian? Sebab konsumsi narkoba akan mempengaruhi kondisi kesehatan dan kompetensi kandidat.

Jangan sampai kandidat yang mengkonsumsi narkoba justru diterima dan berpengaruh buruk dalam perusahaan. Tidak hanya itu, tes narkoba juga dilakukan untuk memastikan dan menjaga lingkungan kerja tetap aman dan nyaman bagi semua karyawan.

Sosial Media

Siapa yang tidak bermain sosial media saat ini? Karakter dan kepribadian seseorang akan tercermin dari akun dan jenis postingan sosial media. HRD pun bisa membaca karakter Anda lewat postingan, loh!

Jenis post soal politik, hal-hal negatif, kalimat kasar, hingga SARA bisa mengurangi nilai Anda di mata HRD. Jadi, hati-hati di media sosial!

Itulah alasan mengapa perusahaan dan HRD melakukan background check berikut beberapa aspek yang diperiksa. Jangan pernah berpikir untuk memalsukan informasi. Karena, pada akhirnya HRD pun akan mengetahui dan membaca latar belakang Anda dengan lengkap dan menyeluruh. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat!

 585 total views,  3 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here