Panduan Memilih Aplikasi Kasir Supaya Bisnis Lancar

Bagaimana cara memilih aplikasi kasir untuk melancarkan operasional bisnis? Sampai saat ini, masih banyak pebisnis yang menggunakan cara manual alias cara lama dalam menjalankan bisnisnya. Mulai dari pencatatan, laporan keuangan, bahkan proses pembayaran, semuanya dilakukan secara manual.

Kebanyakan dari pebisnis ini berpikir bahwa cara manual masih lebih efisien ketimbang menggunakan teknologi seperti aplikasi kasir atau point of sale dengan sistem online. Padahal, menggunakan teknologi akan mempermudah semua proses bisnis, bahkan dari jarak jauh.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas bagaimana panduan memilih aplikasi kasir yang mengarah ke point of sale, di mana akan membantu bisnis Anda menjadi lancar.

Tips Memilih Aplikasi Kasir Gratis untuk Bisnis Anda

Sesuaikan Fitur Aplikasi dengan Jenis Bisnis

Setiap aplikasi tentu punya fitur yang berbeda untuk jenis bisnis yang dijalankan. Agar mampu menemukan aplikasi yang tepat, Anda perlu membuat daftar fitur apa saja yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis.

Anda dapat membuat daftar tersebut berdasarkan kesulitan Anda selama ini. Misal, Anda kesulitan menghitung keuangan secara manual, maka carilah aplikasi kasir yang memiliki fitur tersebut.

Pilih Aplikasi yang Terhubung Cloud

Untuk kemudahan akses di mana pun dan kapan pun, pilihlah aplikasi kasir yang terhubung ke teknologi komputasi cloud. Cloud dapat mengunggah seluruh data pada sistem kasir Anda, sehingga Anda bisa mengaksesnya setiap saat, bahkan tanpa jaringan internet.

Tentu saja, aplikasi kasir yang sudah terhubung dengan cloud akan membuat pebisnis lebih tenang dan nyaman karena mereka bisa melihat serta mengontrol transaksi harian sampai bulanan tanpa harus datang ke toko.

Utamakan Aplikasi yang Mudah Digunakan

Aplikasi kasir hakikatnya diciptakan untuk memudahkan Anda melakukan berbagai proses transaksi. Namun, jika aplikasi kasir yang Anda pilih dari cara pemakaiannya saja sudah sulit, tinggalkan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, penting untuk Anda memilih aplikasi kasir yang dasarnya memang mudah digunakan.

Aplikasi Point of Sale Harus Punya Sistem Keamanan yang Baik

Pastikan aplikasi kasir yang Anda gunakan punya sistem keamanan yang baik dan hanya Anda yang bisa mengakses data rahasia bisnis. Karyawan atau orang yang tak berkepentingan tidak akan mendapatkan akses ke data tersebut. Dengan kata lain, sebelum memutuskan memilih aplikasi kasir tertentu, masalah keamanan ini penting untuk Anda perhatikan.

Misal, Anda mengaktifkan fitur audit yang terintegrasi dengan stok barang dan menghitung secara otomatis barang-barang apa saja yang berhasil Anda jual. Untuk itu, aplikasi point of sale harus cukup aman agar tidak ada pihak yang tak bertanggung jawab memanipulasi data tersebut.

Cek Metode Pembayaran yang Didukung Aplikasi Point of Sale

Sebelum memastikan, apakah aplikasi point of sale merupakan aplikasi yang tepat, cek terlebih dahulu kemampuan aplikasi untuk bertransaksi menggunakan kartu tertentu ataukah malah tak bisa menggunakan kartu.

Sebagai saran, Anda bisa memilih sistem kasir yang menawarkan beberapa metode pembayaran kepada penggunanya. Dengan cara ini, Anda jadi tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam proses pembayaran atau transaksi lainnya.

Manfaat dari Memakai Aplikasi Point of Sale Online

Aplikasi kasir atau aplikasi point of sale tentu memiliki segudang manfaat. Anda bisa menggunakan aplikasi ini di mana saja dan kapan saja. Semua urusan keuangan bisnis Anda pun bisa selalu terkendali. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi kasir jauh lebih menguntungkan bagi Anda dalam berinvestasi jangka panjang.

Melalui pengiriman dana ke aplikasi kasir online, para pelanggan pun akan melihat bahwa Anda mengelola bisnis secara profesional. Hal ini karena Anda sudah menggunakan aplikasi canggih dalam urusan transaksi. Terlebih mengingat citra perusahaan merupakan aspek penting dalam menunjang kesuksesan bisnis.

Aplikasi point of sale juga merupakan aplikasi yang praktis dan mudah penggunaannya untuk pemula, serta mendapatkan perlindungan keamanan transaksi.

Seperti yang Anda tahu, beberapa sistem POS ini juga sudah bekerja sama dengan bank. Umumnya, bank menerima pembayaran menggunakan kartu debit maupun kredit. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika menerima transaksi saat Anda sedang tidak berada di toko secara langsung.

Tertarik untuk mencoba aplikasi kasir demi kemudahan berbisnis? Yuk, tingkatkan proses kemudahan bertransaksi dan profesionalitas bisnis Anda bersama aplikasi kasir atau aplikasi point of sale Moka! Ikuti panduannya di sini!

28 pemikiran pada “Panduan Memilih Aplikasi Kasir Supaya Bisnis Lancar”

  1. Yang begini nih yang wajib banget diketahui ya kak. Bisa semakin mempermudah transaksi . Apalagi kalau usahanya lagi rame2. Wajib punya aplikasi nya nih

    Balas
  2. Penasaran dengan aplikasi kasir seperti ini. Apakah investasinya murah/mahal? UMKM masih enggan pakai karena biasanya mahal. Tapi kalo emang bikin pencatatan barang keluar masuk lebih gampang, ya UMKM wajib beli itu. Investasi lah buat aplikasi kasir seperti ini. Tentu banyak banget ya manfaatnya.

    Balas
  3. Menarik nih aku baru tahu tentang adanya aplikasi untuk kasir. Sistem kerjanya memudahkan banget ya. Memang keamanan dan kemudahan itu faktor utama juga, apalagi ini urusannya sama keuangan.

    Balas
  4. Kalau baru buka bisnis, urusan catatan keuangan itu jadi agak PR apalagi yang gak biasa bikin catatan. Beruntung sekarang ada aplikasi kasir online. Ini bantu banget buat pencatatan. Mudah juga buat pemula

    Balas
  5. aplikasi kasir juga jadi salah satu poin ya buat pelanggan, apakah bisnis ini sudah up to date apa tidak mengikuti perkembangan jaman.
    Dengan aplikasi kasir kan bukan hanya memudahkan Si Pemilik usaha ya Mbak, tapi tentunya juga pelanggannya, biar gak ngantri lama lagi lah ya depan kasir 😀

    Balas
  6. Wah, ternyata untuk kasir juga ada aplikasi tertentu ya, mba Mon. Aku baru tahu dan memang dalam memilih aplikasi harus cek juga soal keamanannya agar tidak mudah diretas.

    Balas
  7. saya juga nemuin di tempat saya, hampir semua pemilik toko masih menggunakan cara lama untuk mencantat transaksi harian, padahal tokonya udah lumayan ramai. Kalau pake aplikasi kasir kan malah lebih efisien lagi ya, apalagi fiturnya lebih banyak, pekerjaan jadi lebih cepat selesai.

    Aplikasi kasir point of sale ini saya rasa bakalan cocok nih Mba Mon, mengingat keunggulannya cukup banyak dan yang pasti penggunaannya juga mudah…

    Balas
  8. Pake aplikasi kasir ini bakal lebih memudahkan pemilik usaha ya kak, apalagi banyak kelebihan yang ditawarkan. Kayaknya kedepannya bakal banyak yang beralih ke aplikasi kasir kayak gini

    Balas
  9. Sebagai mitra merchant di aplikasi transportasi online, aku naksir banget sih kak sama POS ini. Cuma karena sekarang lagi sibuk dan Ibu juga sibuk, bisnis kuliner terpaksa hiatus dulu. Tapi ngelihat keunggulannya banyak, kalau outlet mau buka lagi bakal pertimbangin pake POS sih.

    Balas
  10. Jaman semakin maju, teknologi semakin canggih. Sekelas warung kelontong pun sekarang sdah banyak kok yg mnggunakan aplikasi kasir ini, kalo yg d kota ya. Memang memudahkan sekali untuk para pelaku bisnis.

    Balas
  11. Dulu pas usaha makanan di mall ngga ngerti ada beginian, duhh jadi berandai andaii yaa. Andai dulu baca artikel inii gituu atau andai dulu aplikasi kasir udah adaaa, hihi.
    Segalanya jadi mudah

    Balas
  12. Manfaat menggunakan aplikasi kasir ini banyak banget ya kak. Memudahkan bagi para pelaku usaha rumahan juga. Karena berlangganananya cukup mudah dan nggak ribet, masih bisa ngetrack penjualan pula.

    Balas
  13. Kalau zaman udah serba canggih gini sih nggak ada salahnya ya para pengusaha juga harus melek teknologi. Salah satunya dibagian kasir nih, wajib banget sih menggunakan aplikasi kasir yang udah serba canggih begini. Kalau terus-terusan pakai manual malah buang-buang waktu dan biasanya pasti kurang teliti.

    Balas
  14. Kalau aku lagi ke tempat makan gitu paling seneng lihat kasirnya proses pmebayaran pakai aplikasi entah itu di tab atau komputernya. Kesannya lebih professional gitu.

    Balas
  15. Aplikasi dari point sale ini memang khusus buat pengusaha yang ingin hitungan akurat saat ada konsumen yang ingin berbelanja atau memesan sesuatu. Saya yakin para pengusaha kecil mapun besar jadi lancar bisnisnya

    Balas
  16. Memang harus terhubung dengan cloud ya, agar masalah penyimpanan data gak masalah, serta sih bener juga Mbak Mon yang mudah untuk dioperasikan terlebih lagi buat pemula

    Balas
  17. aplikasi kasir ini sudah banyak digunakan ya mbak Mon
    klo dulu bisa lihat ini saat di mall, sekarang padagang pedagang jajanan sekitar rumah juga sudah pakai apalikasi ini
    memang lebih praktis ya mbak, baik bagi pembeli maupun penjual

    Balas
  18. Minggu lalu makan di salah satu resto yang cukup besar dan juga punya cabang. Resto tersebut selalu ramai pengunjung (ada aja yang keluar dan masuk pengunjungnya).
    Tapi, ternyata untuk urusan pemesanan, pencatatan keuangan dan sejenisnya itu ternyata masih manual banget.
    Padahal kalau menggunakan aplikasi kasir urusan keuangan bisnis merreka bisa di tarcking dengan mudah. Apalagi aplikasi kasir ini kan memang jauh lebih menguntungkan untuk investasi jangka panjang.

    Balas
  19. Kalau semua pelaku usaha pake aplikasi kasir kayak gini, dijamin gak bakalan susah buat mengembangkan usaha utamanya UMKM di Indonesia

    Balas
  20. iya tuh, mba.. kalau aplikasi sudah terhubung dengan cloud, bakal lebih ringan dan mudah diakses. pada akhirnya memudahkan kegiatan bisnis kita juga yaa..

    Balas
  21. Iya lho Kak. Kadang banyak yang merasa kalau pencatatan gaya konvensional itu lebih efektif. Tapi jaman berkembang. Waktu serasa berlari. Kalau nggak mau coba ikut arus teknologi ya nanti tertinggal juga jadinya.

    Balas
  22. Butuh banget aplikasi kasir yang mudah untuk digunakan, pasalnya ga semua karyawan itu proses belajarnya sama. Ada yang cepat ngerti diterangkan secara lisan ada yang harus bikin catatan juga. Tapi paling ndak, kalau mudah digunakan semua bisa pakai

    Balas
  23. Sayangnya toko di dekat rumah saya belum pakai aplikasi kasir ini
    Padahal saya sudah coba kasih saran lewat anaknnya karena aku lihat kelimpungan dalam pencatatan
    Kalau ada aplikasi bisa memudahkan.
    Mungkin memang butuh bertemu dengan orang expert di bidang aplikasi ini agar si yang punya toko bisa lebih menata administrasinya

    Balas
  24. Wah iya juga ya, selain sistem keamanannya yang baik, perlu banget milih aplikasi kasir yang terhubung ke cloud biar bisa kontroling dari jarak jauh, jadinya berimbas kepada kelancaran bisnis.

    Balas
  25. Setuju dengan mbak Monic, yang memang diperlukan untuk usaha aja yang kita download selebihnya tidak usah. Kalo terkoneksi dengan cloud lebih enak lagi nih. Mengamankan data.

    Balas
  26. Aplikasi kasir ini memudahkan banget karena pekerjaan jadi lebih terorganisir, lebih praktis dan hemat waktu yaa

    Balas
  27. Aku suja liat nih beberapa tenant pake app kasir gini mba monic, kayanya emang memudahkan banget buat pemilik bisnis mencatat transaksinya dan memberikan bukti pembayaran ke pembeli yaaa

    Balas
  28. aku udah bilang sih ke Ibu, kalau suatu hari toko kami akan pakai kasir online, gak kasir manual lagi
    tapi saat ini masih belajar milih aplikasi kasir yg recommended sih
    dan makasih banyak ya kak monic buat panduannya

    Balas

Tinggalkan komentar