Tips memilih bengkel mobil terdekat yang berkualitas dan terpercaya jadi PR banget bagi pengguna mobil. Ini tentu saja supaya kita terhindar dari kemungkinan adanya kecurangan yang dilakukan oknum bengkel. Kebetulan papa saya di rumah juga kan buka bengkel mobil, maka minimal sudah tahu seluk beluk bengkel, dan sedikit-sedikit juga tahu penyebab kerusakan mobil yang sering terjadi.

Sayangnya, tidak semua bengkel bisa dipercaya. Masalah berikutnya, saya tinggal jauh dari papa sehingga kalau punya mobil dan terjadi kerusakan, tentu sulit juga saat mau tanya-tanya. Sungkan juga sih sebenarnya kalau telepon terus juga. Lalu, bagaimana tips memilih bengkel mobil terdekat?

Inilah Tips Memilih Bengkel Mobil Terdekat

Ketika terjadi kerusakan dan harus membawa mobil kesayangan ke bengkel servis mobil, ada cukup banyak hal yang perlu diperhatikan. Perawatan rutin, seperti servis, ganti oli, cek ban, dan sebagainya, merupakan perawatan yang wajib dilakukan. Tujuan dari perawatan rutin tersebut agar usia kendaraan akan menjadi lebih panjang, lebih awet, tahan lama, dan tidak rusak melulu.

Sementara untuk memilih bengkel mobil yang bagus dan terpercaya, kita perlu memilihnya dengan hati-hati dan selektif. Kebanyakan orang memilih bengkel yang terdekat dari tempat tinggal, tanpa memperhatikan kualitas dari bengkel tersebut.

Padahal kualitas kerja teknisi di bengkel, perlengkapan yang digunakan, peralatan perawatan, jenis spare part, dan sebagainya, tetap perlu menjadi prioritas dan pertimbangan. Jangan sampai sudah ke bengkel, keluar biaya banyak, tapi malah rugi karena mobil tetap sering rusak.

Lalu, bagaimana cara memilih bengkel mobil yang tepat? Berikut tips memilih bengkel mobil terdekat yang bisa kita terapkan:

Teknisi yang Profesional

Hal yang perlu kita perhatikan saat akan memilih bengkel mobil yang tepat, pastikan teknisi yang bekerja di bengkel tersebut sudah berkualitas dan profesional. Ini bisa dilihat sejak pertama kali kita bertemu dan berdiskusi dengan teknisi tersebut.

Teknisi profesional biasanya juga sudah memiliki sertifikat. Selain itu, pengetahuan yang mereka miliki lebih detail mengenai mobil. Ketika ditanya, mereka bisa memberi penjelasan dengan lebih baik dan mudah dipahami, bahkan oleh pengguna mobil yang tidak terlalu paham hal-hal teknis terkait perbaikan mobil.

Bengkel dengan tenaga teknisi yang profesional jelas lebih bisa dipercaya dan kita pun akan merasa nyaman dan tenang saat harus mempercayakan perawatan mobil ke bengkel tersebut.

Ini juga berlaku ketika kita membutuhkan bengkel bengkel modifikasi mobil. Teknisi yang profesional akan lebih sering mengajak pelanggannya untuk berdiskusi, menyesuaikan pengerjaan modifikasi dengan kebutuhan kita sebagai pemilik mobil. Diskusi akan sangat membantu meminimalkan terjadi miskomunikasi dan kesalahan dalam melakukan modifikasi dan perawatan atau servis mobil di bengkel.

Lokasi dan Waktu Operasional yang Fleksibel

Cara lain untuk memilih bengkel mobil terdekat yang berkualitas dan terpercaya, kita perlu memilih lokasi bengkel yang mudah dikunjungi dan memiliki jam operasional yang lebih fleksibel. Lokasi bengkel sebaiknya yang strategis dan mudah diakses agar kita tidak kesulitan saat harus mendatangi bengkel tersebut.

Waktu operasional bengkel yang lebih fleksibel tentunya memudahkan kita yang sewaktu-waktu membutuhkan perawatan atau servis mobil. Contoh jam operasional bengkel yang fleksibel, misalnya tetap beroperasi dan buka di hari libur atau hari Minggu, ada fasilitas derek yang bisa ditelepon kapan pun kita membutuhkan bantuan derek mobil.

Bengkel dengan jam operasional yang fleksibel dan tenaga teknisi yang siap sedia kapan pun dibutuhkan, membuka kesempatan bagi kita untuk bisa melakukan perawatan dan perbaikan mobil sesuai kebutuhan. Belum lagi ketika ban bermasalah, tentu perbaikan tak bisa ditunda dan perlu dilakukan segera.

Inilah kenapa kita perlu akses bengkel yang bisa dipilih kapan pun dibutuhkan dan bengkel terdekat yang mudah dijangkau. Jadi, poin kedua yang penting diperhatikan saat menerapkan tips memilih bengkel mobil terdekat, pastikan lokasi bengkel yang mudah dijangkau, jam operasional yang fleksibel, ada contact center atau layanan pelanggan yang bisa dihubungi, dan pastikan pelayanan dari bengkel yang berkualitas.

Standar Operasional yang Jelas

Setiap bengkel yang memiliki teknisi terpercaya, sudah pasti memiliki standar operasional yang jelas. Tidak hanya itu, Quality Control juga memegang peranan penting bagus tidaknya layanan bengkel mobil yang baik.

Kalau SOP jelas dan punya petugas Quality Control, sudah tak diragukan kalau layanan bengkel seperti ini bisa memberikan perawatan, perbaikan, dan servis yang berkualitas juga untuk mobil kesayangan kita.

Keaslian Spare Part

Teknisi dan standar operasional yang baik menjadi syarat utama ketika kita memilih bengkel mobil terdekat yang berkualitas dan terpercaya. Selain itu, kita juga perlu memastikan bengkel menggunakan suku cadang yang asli.

Penggunaan suku cadang asli memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan mobil. Dengan menggunakan komponen yang asli akan memperpanjang usia pemakaian komponen itu sendiri dan mobil juga tidak terlalu sering rusak lagi.

Memang, harga spare part asli biasanya lebih mahal dibandingkan dengan komponen biasa. Namun secara kualitas, komponen asli ini jauh lebih baik dan awet juga penggunaannya. Malah menggunakan suku cadang asli akan menghemat biaya perawatan dan perbaikan mobil.

Tips Memilih Bengkel Mobil dari Referensi Teman

Cara yang lainnya untuk memilih bengkel mobil terdekat yang berkualitas dan terpercaya. Kita bisa mencari referensi dari kenalan. Jadi saat butuh bengkel, tanya saja ke teman, saudara, atau kenalan yang pernah mengalami kendala pada mobil, kemudian mereka bawa mobil ke bengkel mana.

Referensi dari teman terkait bengkel mobil yang bagus pelayanannya bisa meminimalkan risiko kerugian yang kita alami. Informasi mengenai kinerja dan juga kualitas bengkel yang kita dapatkan juga jauh lebih valid karena teman kita pasti sudah pernah merasakan layanan di bengkel tersebut. Selain itu, kita juga bisa mencari informasi dari komunitas atau forum otomotif, termasuk mencari informasi di internet dan media sosial.

Perawatan mobil merupakan salah satu faktor penting dari kendaraan dan penentu keamanan kita selama berkendara. Mobil yang terawat dengan baik akan jarang mengalami kerusakan dan bisa meminimalkan risiko kecelakaan. Selain itu, usia mobil jadi lebih panjang dan tak menghabiskan biaya servis yang banyak.

Sebagai referensi terbaik untuk mencari dan memilih bengkel mobil terdekat dan terpercaya, kita juga bisa menggunakan Otoklix.

Otoklik Platform Booking Service Bengkel Mobil Terdekat

Otoklix merupakan platform yang berfokus pada automotive aftermarket domain. Otoklix bukan bengkel, namun platform untuk melakukan booking service, khusus dengan bengkel yang menjadi mitra dari Otoklix. Ini menjadi solusi yang bagus bagi kita yang sering bingung memilih bengkel mobil terdekat dan terpercaya. Menggunakan Otoklix, kita bisa mempercayakan layanan perawatan dan perbaikan mobil. Pelayanan yang transparan dan juga memudahkan.

Layanan perawatan mobil via Otoklix, meliputi servis berkala, ganti oli, ban, dan rem. Selain itu juga meliputi cuci dan detailing. Apabila mobil tidak berfungsi semestinya, Otoklix dapat membantu perbaikan ringan sampai berat. Mulai dari mesin, AC, sampai body repair.

Otoklix memiliki mitra dengan 1000+ bengkel umum pilihan wilayah Jabodetabek. Harga transparan karena kita sudah tahu berapa biaya untuk servis dan perawatan sejak awal booking. Harga akan menjadi lebih hemat hingga 50% dari harga servis di bengkel resmi. Service bergaransi 30 hari setelah pengerjaannya. Selain itu juga bisa bayar di bengkel mitra.

Lomba Blog Otoklix

Otoklix kini sedang mengadakan Blog Competition by Otoklix dengan hadiahnya puluhan juta rupiah. Lomba Blog Otoklix dengan tema penulisannya: Otoklix sebagai partner servis dan perawatan mobil terpercaya. Periode lomba sampai dengan 30 Juni 2021.

Memilih bengkel mobil terdekat dengan kualitas yang terpercaya. Perawatan tepat menjadikan usia kendaraan yang lebih lama.

 893 total views,  4 views today

19 KOMENTAR

  1. Penting banget sih tau bengkel terdekat dan berkualitas. Pake otoklik jadi lebih mudah, ya.

  2. Perawatan mobil emang bener2 mesti dipikirin ya mbak, harus rajin2 check up jadi kalo ada rusak dikit bisa langsung diperbaiki biar nggak makin parah kerusakannya.

  3. Hwaaaa di Malang udah ada pilihannya belum ya kak untuk otoklix ini? Bisa nih jadi referensi untuk suami dan bokap hihi.Biar ngga pake antri2 lg kalau mau service yak.
    Btw mau ikutan juga dong lombanyaaa

  4. Perawatan mobil / kendaraan gak boleh asal ya mba. Soalnya pasti kita pengen aman dan nyaman di jalan pakai kendaraan. Makanya dalam milih bengkel pun harus hati-hati. Ada Otoklix gini bisa buat kita yakin sama bengkel-bengkel karena pasti ada seleksi untuk menjadi mitra Otoklix. Ini juga memudahkan kita dalam booking-booking, apalagi mungkin ada promo yang ditawarkan. Lebih hemat tentunya

  5. Itu foto utamanya mirip Mas Pewe lagi benerin mobil ya Mba Mon?

    Saya juga kritis banget kalo soal milih bengkel, soalnya berhubungan dengan onderdil kendaraan. Kalau dikasih onderdil yang abal-abal dan pengerjaannya asal-asalan, kemungkinan besar kendaraan bisa cepat rusak lagi deh.

    Saya hampir nggak pernah ke bengkel mobil Mba Mon, soalnya belum punya mobil, wkwkwkwk… Kalo Mba mon punyanya montir blog yang bisa benahin blog ya.

  6. Biasanya kalo udah dapat bengkel yang oke, bakalan menjadi bengkel langganan dalam jangka panjang bahkan untuk selamanya. Karena enggak gampang juga mendapatkan mekanik yang tepat.

  7. Rekomendasi temen sih boleh aja ya. Tapi kita juga harus membuktikannya sendiri. Kemarin adikku service mobil di tempat rekomendasi temen. Eh olinya bocor sampe rumah. Pas komplain, bengkelnya ga mau tahu krn mobil udah sampe rumah. Nyesek banget deh.

    Ntar kalo service mobil mendingan ke service resmi aja dah. Agak mahal dikit tapi terjamin. Asal ya kita hrs pintar2 nego ama pihak bengkel. Jangan terima aja kl disuruh ganti sparepart.

  8. Tricky banget nih mba monic kalau mau mencari bengkel mobil yang pas. Sesuai pengalamanku, harus butuh banyak pengalaman ke banyak bengkel. Atau yang paling ampuh sih rekomendasi teman. Tapi dengan adanya Otoklix mungkin bisa menjadi cara praktis mencari bengkel mobil yang terpercaya, ya..

  9. servis rutin itu memang penting ya Mbak biar mesin mobil jadi awet, kita juga jadi tahu perhatian khusus apa yang diperlukan mobil kita apalagi kalau umur mobilnya udah masuk usia tertentu.
    memilih bengkel yang tepat apalagi dekat itu juga harus selektif ya, kalau servisnya bagus pasti kita akan balik lagi dong nantinya 🙂

  10. Kata bapak saya yg pastinya teknisi bengkel mobil harus punya jam terbang tinggi agar profesional dan tau kerusakannya di dalam mobil daripada murah tapi Abal”, nanti jadi rusak ini dan itu

  11. aku punya bengkel rekomendasi dari sodara dulu, tapi makin kesini ngerasa pelayanan makin kurang n malah kayak kesempatan nambah-nambah biaya perbaikan, jadi ya akhirnya stop make, coba deh nanti ak liat2 daftar bengkel di otoklik sapa tau ada yang deket ma rumahku

  12. Bener banget, Mbak Mon. Selain montir yang profesional, SOP kudu jelas. Kadang bengkel ada yang suka janjiin layanan padahal ga bisa ngelarin. Sementara kita butuh cepat sesuai skedul kerja lainnya. Asyik banget nih ada Lomba Otoklix, mau ngintip ah syaratnya. Siapa tahu bisa ikutan.

  13. iya mbak Mon
    Memilih bengkel mobil meman nggak bisa sembarangan ya
    aku kebanyakan mengandalkan referensi dari teman
    klo recomended, pasti aku juga ikut pilih bengkel tersebut

  14. Mbak Mon, aku juga masih mengandalkan bapak untuk urusan mobil nih, kalau ada apa-apa telpon untuk cari tahu. Tapi kayanya sekarang kan ga bisa ketergantungan terus, bener banget harus bisa memilih bengkel yang terpercaya nih. Standar operasional jelas jadi gak tipu-tipu ya yang ga rusak harus diperbaiki. Pakai Otoklik untuk service asyuk juga ya jadi ada perkiraan biaya service. Wah, ada lombanya ternyata ya mbak

  15. kemarin pas nyari bengkel di tempat mertua, kita coba tanya juga rekomendasi bengkel terdekat dari saudara, tapi sayangnya pas itu lagi penuh. Kalau tahu ada platform seperti otoklix ini sangat memudahkan banget nih, jadi nggak perlu ngantri juga ya mbak mon..

  16. Waktu tinggal di JAkarta aku punya pengalaman, ban mobil hampir lepas baut atau mur nya itu. Dan saat itu masih dalam perjalanan. Langsung cari-cari bengkel mobil terdekat namun memang tak mudah.
    Ternyata sekarang bisa dengan Otoklix ya, memudahkan kita untuk mencari apalagi dengan platform Otoklix yang terpercaya.

  17. Berhubung nyetir aja belum lancar dan gak ngerti mesin. Biasanya kalau mobil udah agak rewel tuh langsung dibawa ke ahlinya mbak. Dealer langganan dari merk yang sama dengan si roda 4. Jadi terima beres hehe

  18. Kalau saya biasanya ke bengkel resmi, Mbak Mon. Tapi kadang kalau urgent kan nggak bisa langsung datang karena harus booking jauh-jauh hari ya. Nah, itu suka mengandalkan rekomendasi teman. Kadang ada yang zonk juga. Kalau ada Otoklix gini jadi lebih gampang nyari bengkel yang bagus nih. Bisa dicoba kalau suatu saat perlu benerin mobil.

  19. Terpenting siih teknisi yang jujur mba dan diskusi terlebih dahulu jika ada parts yang rusak atau masih bisa diperbaiki, karna sebagian teknisi ada yang reseh, padahal parts masih bagus, tapi sama mereka diganti…

    Dan Keaslian Spare Part juga penting banget, pakailah parts yg ori agar tetap awet dll…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here