Perjalanan jauh naik bus biasanya bosan banget kan ya duduk dalam waktu lama? Hmmm, biar perjalanan tak membosankan, kamu perlu kreatif lho untuk menciptakan berbagai kegiatan untuk menghilangkan kebosanan saat naik bus. Mau tahu caranya? Baca yuk artikel saya kali ini.

Perjalanan Jauh Naik Bus Itu Seru dan Banyak Seninya

Bus merupakan salah satu pilihan transportasi umum favorit banyak orang karena menjangkau banyak rute. Harga tiketnya juga terjangkau dan fasilitasnya tak kalah nyaman dari moda transportasi umum lainnya.

Saya dan suami yang emang senang jalan-jalan, cukup sering menjadikan bus sebagai transportasi saat bepergiaan ke luar kota, terutama perjalanan yang jauh dan kami belum mengenal medannya dengan baik. Alasannya, naik bus dulu untuk pengenalan rute, next time kami akan coba lagi tapi dalam versi traveling naik motor. Biasanya sih begitu.

Sayangnya, perjalanan dengan bus menghabiskan waktu yang lumayan lama, terutama jika naik bus rute antar provinsi atau bahkan antar pulau. Mau tidak mau, saya dipaksa duduk dalam waktu yang lama. Paling bisa turun kalau bus mampir istirahat atau makan.  Maka, sangat normal jika ini menimbulkan perasaan bosan meski selama perjalanan disuguhkan pemandangan yang menarik.

Nah, ada banyak hal yang bisa dilakukan di atas bus hingga tiba di kota tujuan. Kamu bisa coba cara-cara yang biasa saya lakukan berikut ini nih, supaya perjalanan tetap terasa nyaman meski waktu tempuhnya lama.

Hilangkan Rasa Bosan Saat Perjalanan Jauh Naik Bus

Tidur

Ini sih jurus saya yang terbaik agar tidak bosan di jalan. Apalagi jika durasi perjalanan lebih dari 5 jam, maka tidur adalah pilihan terbaik. Meski biasanya pihak operator menyediakan bantal untuk bus jarak jauh, seperti armadanya Lorena bus yang legendaris itu. Ada baiknya kamu bawa bantal leher dari rumah agar posisi kepala dan tubuh tetap nyaman meski tiduran di kursi.

Jika kamu berangkat saat matahari masih tinggi, bawa penutup mata juga disarankan agar mendukung tidur yang lebih nyaman selama perjalanan. Apalagi jika kau sudah minum obat anti mabuk perjalanan, tidur akan lebih nyenyak karena pengaruh obat tersebut. Alhasil kamu akan jauh lebih berenergi dan segar saat tiba di kota tujuan.

Main Game

Siapkan smartphone kamu dari rumah dengan baterai penuh dan juga sinyal internet yang mumpuni agar bisa main game selama perjalanan. Cara ini banyak dipilih untuk ‘membunuh waktu’ saat perjalanan jauh karena biasanya jika sudah asyik main game, bisa-bisa kamu lupa waktu dan saat sudah ‘sadar’ tiba-tiba saja sudah sampai di kota tujuan.

Kalau berencana main game online selama perjalanan, pastikan baterai smartphone kamu aman karena aktivitas tersebut cepat sekali menguras baterai. Tapi tenang saja, di bus-bus saat ini sudah disediakan colokan listrik untuk mengisi daya smartphone. Sebagai antisipasi, kamu juga bisa bawa powerbank sendiri dari rumah.

Nonton Film

Jika kamu tipe yang tidak bisa langsung ‘ lewat’ saat naik bus, kamu bisa mendownload film, drama, seri atau anime favorit yang belum ditonton sehari sebelum keberangkatan. Di hari H kamu tinggal menontonnya lewat smartphone jadi perjalanan tidak akan terasa membosankan.

Jangan lupa bawa headset agar suara film yang sedang ditonton tidak sampai mengganggu penumpang lainnya.

Mendengarkan Musik selama Perjalanan Jauh Naik Bus

Kamu pasti punya lagu-lagu favorit yang dikumpulkan dalam playlist bukan? Nah, kamu bisa langsung mendengarkannya selama perjalanan sembari menikmati pemandangan dari jendela.

Suasana hati pasti akan tetap happy dan perjalanan pun tidak terasa begitu membosankan. Terkadang, ada juga lho yang bisa tertidur karena mendengarkan lagu kesayangannya!

Belanja Online

Ya, kamu tidak salah baca. Kamu bisa lho sambil belanja online saat berada di bus. Asal koneksi internet kamu kuat, maka buka aplikasi e-commerce ini itu pasti tidak masalah. Kamu bisa browsing-browsing kategori favorit atau coba cari-cari barang unik yang sebenarnya tidak terlalu kamu butuhkan, tapi tetap ingin kamu miliki.

Scrolling Sosial Media

Cara yang satu ini juga bisa jadi pilihan menarik untuk menghabiskan waktu selama naik bus. Kamu bisa scrolling di Instagram, Facebook, atau Twitter untuk melihat update dari grup musik favorit misalnya.

Bisa juga membuka halaman explore untuk menemukan postingan lucu hingga edukasi. Scrolling sosial media ini bisa membuat kamu tak lagi merasa bosan selama perjalanan. Apalagi kalau yang kamu cari, baca, dan nikmati dari media sosial tersebut memang berguna dan bermanfaat buat kamu atau bisa memberi kamu hiburan yang menyenangkan.

Baca Buku / Komik

Kalau kamu senang membaca buku atau komik, pastikan sebelum berangkat kamu sudah memilih beberapa buku yang hendak kamu baca dalam perjalanan. Cara ini manjur untuk kamu yang memang suka membaca buku dan suka lupa waktu kalau sudah ketemu buku bagus dengan cerita yang keren.

Berkirim Pesan di Aplikasi Chat

Untuk cara yang berikut ini bisa jadi opsi untuk memberi kabar kepada pasangan, keluarga, atau teman mengenai posisi kamu. Sudah sampai kota mana atau berapa jam lagi tiba di tujuan. Kamu juga bisa bercerita ini itu dengan teman mengenai banyak hal.

Melakukan panggilan telepon atau video call selama perjalanan naik bus bukan saran yang baik, karena dapat sangat mengganggu penumpang lain. Lebih baik, kamu bisa menggunakan aplikasi pesan untuk saling bercerita dan chat untuk menghabiskan waktu.

Jika bahan pembicaraan menyenangkan, kamu pasti bisa ikut terbawa flow dan tidak lagi fokus pada berapa lama lagi untuk sampai ke tujuan. Sederhana memang, namun tetap menyenangkan bukan?

Nah, kalau kamu paling suka melakukan yang mana jika melakukan perjalanan jauh naik bus? Hal terpenting kamu tidak sampai mengganggu kenyamanan penumpang lain. Semua penumpang punya hak sama untuk menikmati perjalanan tanpa ada gangguan dari penumpang lain. Pastikan juga kamu melakukan protokol kesehatan dengan disiplin selama naik bus ya!

 451 total views,  2 views today

15 KOMENTAR

  1. Kalau naik bus biasanya aku scrolling sosmed,makan atau tidur. Kalau baca buku, jadinya muntah hahahah

  2. Waktu masih kerja dan bolak balik Cianjur Jakarta, setiap macet di Puncak apalagi kalau sistem buka tutup yg sampai nunggu sekitar 3 jam untuk sekali buka, biasanya saya pakai untuk menulis. Sisanya kalau udah mulai kehabisan ide dipakai main game. Terkahir tidur kalau baterei sudah mau habis…
    Sekarang sih udah di rumah saja jadi kangen malah naik bisa dan suasana macet nya. Hehehe

  3. Perjalanan jauh naik bus seru juga ya. Aku sudah lama nih tidak melakukan perjalanan dengan bus, padahal duluuu waktu masih kuliah sering sekali naik bus. Berdesakan, rame dengan penjual makanan dan pengamen yang naik turun bergantian hahaha. Sekarang pastinya naik bus lebih nyaman dibanding dulu ya. Aku lebih senang tidur saja atau mendengarkan musik kalau melakukan perjalanan jauh naik bus, baca buku di bus malah jadi pusing 😀

  4. perjalanan jauh naik bus tuh capek pantat sama kaki aja sih. gak bisa selonjoran. kalo aku paling sambil scrol sosmed atau ngeblog kali ya biar produktif.. wkwk.. *ngeblog lewat hp

  5. Sebenarnya naik bis itu menyenangkan, kecuali akhir2 ini krn sering lutut ga tahan klo tidak bisa slonjor..haha..
    Biasanya klo nggak tidur saya chatingan..

  6. Aku pribadi kebanyakan tidur atau dengerin musik aja.
    Kalau nonton film atau kebanyakan scrolling malah bikin mual 😀

  7. Tidur atau melihat ke luar jendela utk memperhatikan daerah yang dilintasi oleh bus.
    Kalau yg lainnya ga bisa saya kalau di atas moda transportasi yg terasa banget gerakannya, bisa membuat sy pusing. Kecuali nonton filmya yg diputar dr fasilitas busnya. Kebayang yg ditayangkan adalah film atau musik yg disukai supir busnya. Jadi keingat kenangan melintas Sumatera dengan Lorena, hehehe.

  8. kalau saya biasanya mendengarkan musik pakai headset trus tidu mba wkwkk biar nggak di ajak ngobrol sama orang ga di kenal 🙂

  9. Aku dulu kalau naik bis ke luar kota paling suka melihat pemandangan di luar, baca buku, dengerin musik. Kalau sekarang karena sudah ada media sosial ya chat, browsing, kadang nulis

  10. Wah selama ini ngebayanginnya aja agak segan Mba… perjalanan jauh naik bus tuh ga pernah kepikiran sama sekali. Tapi kalau bus nya nyaman ternyata banyak hal yg bisa kita lakukan juga di perjalanan ya…. hehe…

  11. Alhamdulillah saya membiasakan diri membawa buku untk dibaca di perjalanan, terutama buku yang bakalan lama selesainya jika dibaca di rumah. jadinya aku bawa di perjalanan, agar cepat selesai hehe makasih tipsnya mbak, kayak kalau tips belanja gak bakalan saya pakai mbak, kuatir kolaps hiihhi dompet bisa nangis karena keasyikan belanja selama perjalanan hihihi

  12. Saya kalau naik bus nggak bisa nyaman kalau baca buku mbak, rasanya kepala pusing karena goyang-goyang. Naik kereta masih Oke lah..

    Jadi kalau naik bis saya milih tidur atau menikmati pemandangan. Jauh-jauh dari HP atau buku

  13. Lorena bus emang terkenal sekali, mba.. Dan armadanya banyak serta lengkap. Aku pernah mba gunakan soalnya. Dan pernah wawancare pemiliknya.. Aku pernah perjalanan jauh tuh naik bus dari Aceh ke Langsa, Aceh Timur. Bermagkat sore, nyampe jam dua malam

  14. Sepakat, kak Monic.
    Perjalanan seringkali membuat kita lelah kalau tidak diimbangi dengan aktivitas yang kita senangi. Aku biasanya sembari mendengarkan alunan musik yang sesuai mood. Waah…auto baper.
    Aku pernah loo…punya kenangan sama lagu. Yang kalau denger lagu itu, langsung auto keinget sebuah momen perjalanan.

  15. Benerrrre, paling utama kalau perjalanan naik bus ya dipakai istirahat, terutama kalau malam hari ya…. soalnya kalau baca kadang pusing dan mual…. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here