Pernah dengar tentang serum pemutih wajah? Pernah dong ya pastinya. Saya sudah mendengar tentang serum yang bisa memutihkan wajah ini sejak beberapa tahun lalu. Namun karena saya belum “tersadarkan” tentang pentingnya merawat kecantikan wajah, saya belum tergugah untuk mencobanya.

Selain itu, saya takut menggunakan sembarang produk kecantikan karena wajah saya ini mudah sekali alergi. Salah pakai produk sedikit saja, pasti langsung bentol-bentol merah dan gatal. Ketakutan itu pula yang membuat saya hingga saat ini masih senang menggunakan bedak yang sejak remaja sudah saya gunakan tanpa pernah berganti.

Impian Punya Wajah Putih dan Bebas Flek Sejak Remaja

Dari 5 bersaudara, kulit saya paling hitam. Dulu, saya sering diolok-olok sebagai anak pungut karena hanya saya sendiri yang berkulit lebih coklat dibandingkan yang lainnya. Memasuki usia remaja, saya sempat bangga dengan kulit wajah saya yang tak pernah muncul jerawat, sementara teman-teman perempuan saya pada banyak yang berjerawat. Tapi tetap saja, setiap bercermin saya merasa terganggu dengan adanya flek hitam.

Keinginan untuk memutihkan wajah pun muncul, sekaligus ingin pula menghilangkan flek. Ada beberapa teman yang kasih saran agar saya menggunakan produk perawatan pemutih wajah. Cuma sekali saya berani mencoba karena produk itu membuat wajah saya bentol-bentol merah dan gatal.

Pernah juga saya tanya ke Mama, ada tidak sih serum pemutih wajah? Mama bilang, saya masih muda, jadi sebaiknya menggunakan bahan-bahan alami saja untuk wajah. Mau tahu bahan alami apa saja yang pernah saya coba untuk memutihkan wajah?

1. Pupur Basah

Pupur basah, begitulah orang Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menyebut bedak dingin. Pupur basah adalah ramuan berbahan alami yang resepnya dipercayai secara turun temurun. Bahan alami yang digunakan bisa berupa beras putih yang direndam selama seminggu, kemudian ditumbuk sembaru mencampurkan daun pandan, daun rambai, atau kunyit, kemudian dibentuk bulat-bulat kecil dan dikeringkan. Cara menggunakannya, satu atau dua butir pupur basah dilarutkan di air bersih, kemudian dioleskan ke wajah.

Cara Memutihkan Wajah
Perempuan Banjar Pakai Pupur Basah Meski Beraktivitas di Luar Ruangan. Sumber Gambar: undas.co

Pupur basah ini dipercayai bisa mendinginkan kulit sekaligus melindungi kulit wajah dari sengatan sinar matahari, mencerahkan dan memutihkan wajah, juga bisa menghilangkan flek hitam. Sepulang sekolah, saya senang menggunakan pupur basah ini dan tetap percaya diri keluar rumah meski wajah saya seperti mengenakan topeng. Jelas saja percaya diri karena teman-teman sepermainan saya juga mengenakan pupur basah saat keluar rumah.

Sayangnya setelah bekerja, aktivitas menggunakan pupur basah ini hampir-hampir tak lagi saya lakukan. Alasannya sih ribet dan rasanya tak mungkin juga saya ke mana-mana tetap dengan pupur basah menempel di wajah.

2. Air Rendaman Beras

Setiap pagi ketika Mama hendak menanak nasi, mama selalu menyisihkan air cucian beras pertama di wadah kecil, kemudian menyimpannya di kulkas. Nanti saat saya pulang sekolah, air rendaman beras telah menyusut dan meninggalkan bubur putih yang bisa saya oleskan ke wajah seperti menggunakan masker.

Prinsipnya sih sama seperti pupur basah, hanya saja ini tidak melalui proses ini dan itu, lebih murah, bisa dibuat sendiri, dan hasilnya sama, melembabkan dan mendinginkan kulit wajah, memutihkan, dan bisa menyamarkan flek hitam.

Ngomong-ngomong, Mama pernah bilang katanya sulit menghilangkan flek di wajah saya ini karena ini sudah turunan atau bawaan genetik. Ya, tidak bisa hilang, tapi kalau bisa menipiskan atau mencegahnya bertambah banyak, dengan menggunakan bahan alami jauh lebih baik, kan?

3. Perasan Jeruk Nipis, Jeruk Lemon, Kentang, dan Oatmeal

Ketika sudah bekerja kantoran, cukup banyak teman yang memberi saran agar saya mulai merawat wajah dengan produk-produk kecantikan yang biasa mereka pakai. Bahkan ketika saya mengeluhkan kulit wajah saya yang tak seputih adik-adik saya, mereka juga mengenalkan saya pada serum pemutih wajah.

Dulu serum pemutih wajah yang mengandung vitamin C baru bisa didapatkan kalau kita pergi ke klinik kecantikan dan dirawat oleh dokter ahli kecantikan. Lalu pengaplikasiannya dengan disuntik. Astaga, saya jelas tidak mau karena selain saya takut jarum suntik, produk yang digunakan teman saya belum tentu cocok untuk saya.

Jadi saya masih menggunakan produk andalan yang sudah saya gunakan sejak lama, pelembab wajah Ponds dan bedak Mark’s untuk di rumah. Sementara kalau ke luar rumah saya menggunakan compact poowder Pigeon. Dua produk ini sejak dulu tidak membuat wajah saya sampai gatal atau alergi.

Lalu di waktu senggang, saya masih berusaha meluangkan waktu menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan wajah, seperti perasan jeruk nipis, perasan jeruk lemon, kentang atau oatmeal yang diblender, dicampur sedikit air perasan jeruk nipis, dan dijadikan masker.

Mengenal Serum Pemutih Wajah ERHA: TruWhite Activator C Serum

Sejak menjadi blogger yang sering datang ke event ini dan itu, juga mesti bikin foto keren yang akan diunggah ke Instagram, saya memang mulai memperhatikan teman-teman yang penampilannya keren-keren. Lalu salah seorang di antaranya memberi saran agar saya lebih memperhatikan kesehatan wajah saya.

Serum Pemutih Wajah
Wajah Kusam Saya Sebelum Menggunakan TruWhite Activator C Serum Pemutih Wajah

Memang sih setahun terakhir saya perhatikan kulit wajah saya jauh lebih kusam, kering, dan flek juga makin banyak. Sedih tiap bercermin. Saya pun mulai mencari-cari produk yang tepat, yang bisa mencerahkan, melembabkan, dan menyamarkan bintik coklat di wajah saya.

Tanggal 18 Januari 2019 lalu, saya berkenalan dengan serum pemutih wajah TruWhite Activator C Serum keluaran Erha Clinic. Pada kotaknya saya membaca keterangan kalau serum wajah whitening ini mengandung Active Whitening System yang membantu menyamarkan noda hitam, melindungi kulit dari hiperpigmentasi, membuat kulit lebih sehat, memutihkan wajah, dan bercahaya.

Baca keterangan itu bikin hati saya berbunga-bunga dong. Tapi cocok tidak ya produk ini? Untuk tahu cocok tidaknya, saya pun melakukan tes alergi dengan mengoleskan sedikit C Serum ke kulit di belakang telinga. Saya tunggu hingga esok hari. Karena tidak muncul tanda-tanda alergi, sesudah mandi dan cuci muka keesokan harinya, saya langsung menggunakan TruWhite Activator C Serum keluaran ERHA21 ini.

Hari kedua dan selanjutnya, saya rutin menggunakan serum pemutih wajah yang merupakan produk Over The Counter (OTC) Erha Clinic. Maksudnya OTC adalah produk bisa didapatkan secara bebas tanpa resep dokter dari Erha Clinic dan produk bisa dibeli di Erha Official E-commerce Store.

Meski termasuk produk OTC yang bisa dibeli bebas, TruWhite Activator C Serum Pemutih Wajah ini aman karena telah melalui uji klinik oleh dokter ahli dematologis di Erha Clinic. Jadi tak perlu khawatir untuk mencobanya. Produk ini malah jauh lebih baik dibandingkan serum whitening lain yang tak jelas keluaran mana, yang banyak beredar di pasar.

Kandungan TruWhite Activator C Serum Pemutih Wajah Erha21

Kandungan produk serum pemutih wajah yang 10 hari terakhir saya gunakan ini kaya akan vitamin C dan ada Activate Whitening System yang bisa mencerahkan wajah sejak pemakaian di minggu pertama.

Kandungan lainnya, ada Hyaluronic Acid yang akan membantu menjaga kelembabab dan kekenyalan kulit. Cocok banget untuk kulit saya yang kering. Selain itu, ada Soothing Agent, yang dapat membantu mengurangi inflamasi dan bisa menenangkan kulit akibat paparan sinar matahari.

Serum pemutih wajah
TruWhite Activator C Serum Pemutih Wajah

Cara pengaplikasian TruWhite Activator C Serum gampang banget kok. Pagi hari sesudah mandi dan cuci muka, oleskan saja secukupnya ke wajah. Kemasannya yang praktis dan berbentuk pump membuat kita bisa menakar serum sesuai yang dibutuhkan. Tunggu sebentar hingga serum whitening menyerap ke dalam kulit.

Karena di dusnya ada peringatan bahwa produk mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari, maka disarankan menggunakan tabir surya. Jadi, saya pun menggunakan tabir surya keluaran Melanox SPF30 yang kebetulan juga cocok dengan wajah saya. Ternyata TruWhite Activator C Serum ini bisa digunakan dengan produk lain secara berbarengan dan tanpa efek iritasi.

Serum Pemutih Wajah Cara Memutihkan Wajah
Tabir Surya Melanox SPF30

Hasil Menggunakan Serum Pemutih Wajah TruWhite Activator C Serum

Hari ini, sudah kurang lebih seminggu saya menggunakan serum pemutih wajah TruWhite Activator C Serum dan memang terlihat banget hasilnya lho. Kulit wajah lebih cerah, flek hitam yang tadinya banyak mulai berkurang. Upaya menyamarkan flek hitam dan menghilangkan kulit kusam yang saya lakukan sepertinya berhasil nih.

Serum Pemutih Wajah Cara Memutihkan Wajah
Serum Pemutih Wajah Cara Memutihkan Wajah

Enaknya lagi, sejak pakai serum yang sudah memutihkan wajah saya ini, saya tak perlu ribet lagi memblender bahan alami untuk membuat masker (yah kalau kangen bikin dan ada waktu luang, bolehlah nanti tetap digunakan). Kepraktisan dalam pengalikasian dan juga membelinya membuat saya ingin rangkaian produk perawatan wajah keluaran Erha Clinic lainnya.

Kalian juga mau punya wajah yang cerah, kulit bebas kusam, wajah terlihat lebih putih, dan noda coklat dari flek berkurang, coba deh TruWhite Activator C Serum pemutih wajah keluaran Erha21 ini. Beli aja di Erha Store dan gunakan kode voucher dari saya ini: ERHASTOREXMONICA supaya kamu dapat potongan harga sebesar 30 ribu untuk pembelian minimal 200rb. Promosi ini hanya tersedia bagi 30 pembeli pertama ya, jadi buruanlah langsung beli. Lumayan banget soalnya potongan harganya itu.

Selamat memutihkan wajah dengan serum pemutih wajah TruWhite Activator C Serum.

8,116 total views, 7 views today

49 COMMENTS

  1. Saat sama nenek dulu, sering dihadapi di suruh pakai endapan air rendaman beras, tapi karena bau saya ga pernah rajin pakai. Sekarang menyesal deh… untung kenal dengan serum pemutih wajah dari Erha yang membantu mencerahkan warna.

    • Klo pakai rendaman beras bukannya baunya wangi beras, Mbak? Dulu mama suka campurin pakai daun pandan, jadinya bau pandan. Iya sekarang lebih praktis ya, ada serum pemutih wajah punya Erha. Tinggal pake tanpa perlu ribet lagi.

    • Hahaha… iya. Produk jadul emang pupur basah itu, Mbak. Di tukang jamu kadang-kadang emang ada. Tapi udah susah banget. Untungnya sekarang udah banyak produk perawatan wajah yang lebih modern dan mudah penggunaannya. Nggak perlu pake pupur basah yang bikin kita kayak pake topeng lagi…

    • Iya, flek hitam suka bikin nggak pede juga kan ya? Cobain deh pakai produk serum pemutih wajah punya Erha ini. Bagus kok produknya. Flek hitamku udah mulai tipis dalam 10 hari pemakaian rutin lho

    • Iya, memang. Dingin kalo pake air rendaman beras. Selain itu memang banyak manfaatnya kok seperti bantu redakan nyeri kaki yang bengkak, buat siram tanaman juga bagus. Tanaman jadi subur. Kalau untuk mengawetkan makanan, aku baru tahu.

  2. Niic.. Coba ya kalau di foto itu mbok ya kasih senyum sampai keliatan giginya gitu lho, hahahhaha

    Btw, aku tertarik pake serumnya, secara udah jarang perawatan wajah juga ;)) siapa tau ntar tambah kinclong dan… Wkwkwk gak usah dibahas ;)))

    • Susah, Mak, klo foto sambil senyum kelihatan gigi. Kadang hasilnya malah bikin ngakak… hahaha. Btw, cobain dong serum pemutih wajahnya biar makin kinclong.

    • Iya, Mbak, suka banget sama hasilnya. Flek hitamnya jadi menipis, trus kulit wajah jadi bersih gitu.

    • Bisa banget, Mas… Iya tuh, abis naik motor kan wajah kita kena debu banyak, mesti langsung dibersihin biar debunya tak melekat dan bikin kulit wajah jadi tak sehat. Kalau udah dibersihin, pakai juga produk perawatan biar wajah makin sehat, seperti serum pemutih wajah ini.

    • Iya, penting banget sekarang ni mulai memperhatikan kesehatan kulit wajah ya. Aku pun kebetulan pake Erha dan suka banget karena cocok

    • Yang serum pemutih wajah ini untuk kulit kering dan yang ada flek-nya, Mbak. Iya, pakainya setiap pagi dan malam rutin. Hasilnya oke banget dalam 10 hari pemakaian rutin lho.

    • Iya, Mas, benar. Dan dari jaman dulu emang udah ada perawatan wajah seperti pupur basah. Memang agak ribet pakainya, tapi hasilnya bagus. Kalau sekarang lebih mudah lagi karena udah banyak tersedia produk perawatan wajah. Tinggal pilih aja yang cocok

    • Wah, kita sama. Aku pun pas nyoba, eh langsung cocok. Hasilnya juga oke. Trus produknya ramah juga kalau dikombinasi dengan produk lain. Kayak aku nih, serum pemutih wajah pakai Erha, tapi sunblocknya pakai produk lain, ya aman aja

    • Erha store ini baru luncur memang untuk memudahkan konsumen mendapatkan produk Erha tanpa harus datang ke klinik. Memudahkan dan layak dicoba, apalagi produknya cocok untuk laki-laki dan perempuan, Mas.

    • Hahaha… makasi, Kak, berkat pakai serum pemutih wajah Erha nih. Produknya oke banget dan akunya cocok. Jadi mulai rajin merawat wajah biar nggak kalah sama teman-teman yang wajahnya udah pada kinclong terawat.

  3. Kalau Mpo gara gara lihat Instagram zero waste ,Mpo jadi ikuti kebiasaan lama. Cuci muka pakai air cucian beras.

    Dahulu berhenti suka lupa pakai akhirnya bau asam. Sekarang Mpo sendiri yang menanak nasi jadi sekalian aja cuci mukanya.

    Wanita Indonesia sangat mendambakan kulit putih. Kalau ada ERHA serum . Alhamdulillah tidak perlu nunggu saat cuci beras

    • Kebiasaan lama yang bermanfaat ya, Mpok. Cuci muka pakai air cucian beras emang banyak manfaatnya, tapi airnya itu mesti 1×24 jam langsung pake, kalau lebih emang jadi bau airnya. Kalau tak mau repot mesti nunggu air cucian beras, ya pakai produk Erha aja. Bisa langsung pakai.

  4. Mbak seharusnya pupur basah itu dipopukerkan di Jakarta. Sehat alamiah kan? apalagi jakarta kan Panas. Bisa adem toh kalo pupur basah. Kebayang makin banyak aja org yg datang ke Jakarta demi liat mbak-mbak gemez berpupur basah. 😁

    • Iya ya harusnya. Dipopulerkan kembali, mana lagi kan dari bahan alami. Ide bagus nih. Kapan-kapan pesan dulu ah dari kampung halaman untuk dibawa ke Jakarta… hahaha. Jualnya ke para tetangga dulu. Trus kami arisan dan kongkow depan rumah dengan wajah pakai pupur basah.

  5. Wahhhh hasilnya keliatan ya mb monica…. keknya aku harus coba juga nih… mukaku kusam kebanyakan naik ojol. Plus uda tanda tanda gak muda lagi huhuhu

  6. ahahah aku pun inget waktu masih kecil dipakein masker beras sama nyokap, maklum belom ada erha jaman itu. Makasih ya mba infonya, aku emang lg pengen nyerahin kulit wajah nih…

  7. Masker beras pernah denger sih..tapi belum pernah coba.. memang ya punya wajah putih itu idaman banget.. tapi ya ngga harus instant.. rangkaian produk pemutih erha ini bisa jadi solusi untuk memutihkan kulit wajah dengan aman ya

  8. Saya pernah pakai pupur basah itu mba, di tempat saya namanya bedak basah sih 😀
    Dulu bibi saya yang sering buatin, dari tepung beras dicampur daun kapas.

    Keren banget ya perawatan pakai Erha, jadi pengen nyobain 🙂

  9. Dari temen cewek sampai cowok. Banyak nih yg udah konsultasi dan pake produk erha. Kayaknya emang rekomendasi bangeg ya. Btw ada potongan harga pake kodenya mba monica ya. Lumayan itu bisa buat beli kopi. Hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here