Tips Menabung Biar Dapat Banyak Untung

Ada banyak tujuan kenapa orang giat menabung, mulai dari ingin punya cadangan dana yang bisa digunakan untuk kondisi darurat, atau ingin membeli dan mewujudkan impian. Kalau tujuan saya menabung, selain alasan di atas, pastinya saya ingin dapat untung. Mungkin kamu akan bertanya, memangnya ada ya tips menabung biar dapat banyak untung?

Hmmm… wait. Kamu mungkin perlu baca dulu tulisan saya sebelumnya yang curhat tentang tabungan yang berkurang karena adanya pajak dan biaya administrasi. Saya menuliskan curhatan saya itu di artikel berjudul Cara Buka Deposito. Dalam tulisan saya itu, saya bercerita tentang menabung belum tentu bisa untung karena ada banyak faktor yang membuat nilai uang jadi mengalami penurunan. Alasan itu pula yang kemudian membuat saya mencari cara gimana supaya tabungan saya bisa dapat untung.

Tips Menabung 1: Mengenali Kondisi Keuangan dan Target Keuangan

Untuk bisa menabung dan dapat untung, tentunya kita butuh data yang pasti terkait kondisi keuangan kita saat ini, serta target keuangan apa yang ingin kita capai. Nah cara mencari tahu dan mengenai kondisi keuangan kita, bisa dengan cara:

1. Pencatatan dan Perencanaan Keuangan Wajib Hukumnya

Dalam proses mengenali kondisi keuangan dan target keuangan, hal pertama yang harus yang harus kita lakukan adalah rajin melakukan pencatatan dan perencanaan keuangan. Dengan rutin mencatat keluar masuk uang, kita jadi tahu dengan pasti kondisi keuangan kita.

Setelahnya, buat pula perencanaan keuangan. Caranya, buat kategori dan pengelompokan untuk biaya rutin, kewajiban, dana darurat, dana investasi, dan sebagainya. Membuat perencanaan keuangan akan memberikan gambaran secara lengkap kepada kita, berapa dana yang sebenarnya kita butuhkan untuk memenuhi kebutuhan, kewajiban, dan sekaligus untuk mewujudkan impian.

deposito BPR aman

2. Lunasi Utang dan Bayar Cicilan Tepat Waktu

Jika saat ini kita masih punya tanggungan utang, sebaiknya segera lunasi saja. Namanya utang, pasti ada beban bunga dan administrasi tambahan yang bisa membuat pengeluaran jadi besar. Apalagi kalau utang yang kita lakukan hanya untuk memenuhi gaya hidup konsumtif saja.

Lain halnya kalau utang usaha ya, ini masih boleh dilakukan asalkan kita sudah melakukan perhitungan dengan cermat. Hal yang sama juga berlaku untuk cicilan. Sebaiknya, bayar cicilan tepat waktu supaya kita tidak kena beban bunga yang malah bisa merugikan kita.

3. Cari Pemasukan Tambahan

Kalau setelah melakukan evaluasi terkait kondisi keuangan dan kita menemukan pengeluaran ternyata lebih besar dari pemasukan, maka mulailah berpikir untuk mencari pemasukan tambahan. Di era digital seperti sekarang, terbuka banyak peluang bagi siapa pun yang mau memulai usaha.

Kita bisa mulai menambah pemasukan dengan memanfaatkan pengetahuan dan keahlian yang kita miliki. Misalnya, menjual jasa, membuka kedai, bisnis hampers, dan masih banyak lagi.

bisnis hampers lebaran

4. Tingkatkan Pengetahuan Tentang Investasi dan Mulailah Berinvestasi

Sudah banyak bukti yang bisa kita lihat di luar sana, betapa pentingnya memiliki investasi untuk membuat uang yang kita miliki bisa bertumbuh. Namun sebelum mulai berinvestasi, kita perlu meningkatkan pengetahuan tentang investasi terlebih dahulu, mulai dari memilih instrumen investasi yang tepat, cara kerja investasi dan risiko masing-masing investasi.

Tips Menabung 2: Buka Deposito Aman di Komunal DepositoBPR untuk Investor Pemula

Buat saya, salah satu investasi yang cocok untuk orang yang baru kenal investasi ya dengan membuka deposito dulu. Apalagi saya juga punya profil risiko yang rendah, di mana uang dengan nilai sekecil apa pun masih sangat berharga. Kalau kehilangan uang yang kecil ini saja bisa bikin nangis, apalagi kalau sampai kehilangan uang dalam jumlah besar akibat berinvestasi namun tak memiliki ilmunya.

Jadi saat pertama kali saya berkenalan dengan Komunal DepositoBPR di akhir tahun 2021 lalu, saya yakin deposito bisa jadi instrumen investasi yang aman, dan tetap bisa mendatangkan keuntungan. Sejalan dengan waktu, saya juga jadi tahu kalau deposito bisa lho membantu kita untuk mewujudkan impian-impian finansial dengan cara yang lebih baik dari tabungan biasa.

Kok, bisa? Bagaimana caranya?

Tips Menabung 3: Cara Saya Menggunakan Deposito untuk Mewujudkan Impian Finansial

1. Susun Rencana Target Finansial yang Ingin Dicapai

Biasanya, saya melakukan perencanaan ini pada awal tahun. Saya melakukan pencatatan, impian finansial apa saja yang ingin saya wujudkan dalam waktu satu tahun, berapa dana yang dibutuhkan, beserta tanggal pencapaiannya. Contohnya begini:

  • Liburan ke Malang dan Bali 3 orang – Rp 10.000.000, – untuk Februari – Maret 2023.
  • Hadiah Ulang tahun Mama – Rp 3.000.000,- di bulan Mei 2023.
  • Hadiah Ulang tahun Papa – Rp 3.000.000,- Maret 2023.
  • Renovasi Rumah – Rp25.000.000,- November 2023

2. Membagi Penghasilan untuk Masing-masing Impian

Saya penulis buku dan freelancer dengan penghasilan yang tidak pasti ada setiap bulan. Begitu pula dengan suami yang juga bekerja freelance. Otomatis, kami harus berhati-hati dalam mengelola uang masuk dan uang keluar.

Di saat yang sama, kalau melihat jumlah dana yang dibutuhkan untuk mewujudkan semua impian yang sudah saya rencanakan di poin 1, jelas besar sekali dan bisa stres kalau semuanya dikumpulkan dalam satu waktu. Cara satu-satunya adalah dengan membagi pemasukan dan mencicil sedikit demi sedikit.

Contohnya:

  • Saya baru mendapat penghasilan Rp 500.000,- dari menulis blog. Maka saya langsung membaginya menjadi 2 terlebih dahulu. 250rb untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk untuk bayar internet, kontrakan dan sebagainya. Lalu, 250rb lainnya saya bagi 4, sesuai 4 pos impian.
  • Lalu dana untuk tabungan tadi, bagi berdasarkan persentasi, misalnya: 40% untuk renovasi, 30% untuk liburan, dan untuk hadiah ulang tahun masing-masing 15%

Cara ini saya terapkan untuk setiap pendapatan yang saya maupun suami terima. Biar tidak terpakai, saya mencari tabungan digital dengan bunga yang bagus dan biaya administrasi kecil, yang memungkinkan saya menyimpan dana tersebut.

3. Menumbuhkan Dana Lebih Cepat Dengan Buka DepositoBPR

Jika rutin mengelola pendapatan dan membaginya dalam pos-pos tabungan seperti yang sudah saya ulas di poin 2, tentu tabungan akan bertambah seiring saya rajin menabung. Nanti kalau dananya sudah terkumpul sebesar Rp 1.000.000,- saya akan mengambilnya, dan kemudian memindahkannya ke instrumen investasi berbentuk deposito.

Pilihan saya untuk membuka deposito ya di Komunal DepositoBPR. Alasannya, karena mudah, praktis, bisa dilakukan secara online dengan cukup membuka deposito di website depositobpr.

Keamanan berinvestasi deposito di DepositoBPR terjamin aman. Saya juga bisa buka deposito dengan nominal mulai dari Rp 1.000.000,- dan bunganya bisa sampai 6% per tahun. Tujuannyan biar uang yang saya miliki terus bertumbuh. Untuk jangka waktunya, kita bisa tentukan sendiri. Jangan lupa, untuk memiliki catatan, deposito A untuk mewujudkan impian A, misalnya.

4. Mencari Tambahan Penghasilan Agar Impian Cepat Terwujud

Dengan penghasilan yang tak pasti, artinya saya dan suami harus kreatif untuk mencari tambahan penghasilan di luar pekerjaan utama yang biasa saya lakukan. Penghasilan tambahan bisa berupa menjual jasa lainnya, bekerja sesuai keahlian (misalnya suami punya keahlian bikin website, maka dia mulai terima jasa membuat website dan optimasi website), bekerja sebagai copywriter, dan sebagainya.

Cara lain, bergabung di komunal.id dan menjadi deposan di depositoBPR yang setiap bulannya selalu ada program menguntungkan bagi para deposan yang membuka deposito. Dengan menjadi deposan di Deposito BPR Aman, saya bisa mendapatkan bonus referal yang bisa diuangkan pada jadwal pembayaran yang sudah ditentukan. Selain itu, saya juga bisa dapat dobel bahkan triple untung setiap mengikuti program di Komunal DepositoBPR.

Program Menarik Setiap Bulan Bagi Deposan yang Ingin Menabung dan Dapat Untung

1. Pasif Income Tak Berkesudahan dengan Program Referal Komunal

Deposito BPR aman dan terjamin karena sudah terdaftar dan diawasi OJK. Maka aman juga kalau kita ikut program refereal yang bisa bikin kita untung hanya dengan membagikan kode referal yang kita miliki.

Kalau kamu tertarik untuk bergabung menjadi deposan seperti saya, kamu tinggal daftar dan bikin akun dulu di www.depositobpr.id. Jangan lupa masukkan kode referal saya: MA0508.

Dengan memasukkan kode refereal saya, kamu akan dapat cashback 20rb untuk bonus pendaftaran baru dan 100rb sebagai tambahan karena sudah menjadi deposan yang membuka rekening di deposito. Sementara saya, akan mendapat 100rb setiap mengajak teman dan teman saya menggunakan kode referal saya. Oh ya, kalau bisa mengajak 10 teman dan kelipatannya, maka akan ada tambahan bonus sebesar Rp. 500.000,-

pasif income dari bonus referal Komunal Deposito BPR

2. Cashback dari Buka Deposito di Bulan Ulang Tahun

Keuntungan berikutnya kalau buka deposito di Komunal DepositoBPR Aman, kita bisa dapat Cashback Rp.250.000, kalau membuka deposito di bulan ulang tahun. Ini jelas menguntungkan dan membantu banget untuk mewujudkan impian finansial dengan lebih cepat.

3. Deposito Tanpa Cemas Dapat Emas

Program berikutnya, ada juga hadiah emas untuk yang membuka deposito dengan nominal tertentu. Hadiah emas yang berpotensi untuk kita dapatkan mulai dari emas 0,5 gram hingga emas 10 gram. Sayangnya, program ini sudah berakhir pada 28 Februari 2022 lalu.

tips menabung dengan membuka deposito

4. Promo April 2022 KEJARTHR

Pada bulan April 2022 ini, Komunal DepositoBPR kembali menghadirkan program menguntungkan untuk kita yang membuka deposito dengan nominal 5 juta Rupiah. Misalnya di tanggal 1 April 2022, kita membuka deposito sebesar 10 juta dengan jangka waktu 1 bulan dan bunganya 4,5%, maka keuntungan yang akan kita dapatkan di akhir periode deposito, sebagai berikut:

  • Nominal pokok deposito: 10.000.000.
  • Bunga 4,5% / tahun: 37.500.
  • Bonus dari Promo KEJARTHR: 150.000

Nilai uang kita yang akan cair di bulan berikutnya, kurang lebih sebesar Rp 10.187.500,- Tuh, menguntungkan banget, kan?

Saya sih sudah jadi deposan ya di depositoBPR dan akan terus mengalokasikan dana tabungan saya menjadi deposito supaya impian finansial saya bisa segera terwujud. Kamu kapan?

Tinggalkan komentar