Tips Mudah Lancar Bayar Premi Asuransi Setiap Bulannya

Banyak orang sekarang sudah sadar pentingnya memiliki asuransi. Karena hal ini, makin banyak orang mencari cara dan tips untuk rutin memenuhi kebutuhan bayar premi asuransi.

Asuransi adalah tagihan yang fix menjadi beban jika Anda memilikinya. Meskipun banyak manfaat punya asuransi, masih banyak juga orang yang kesulitan rutin membayarnya.

Tips Mudah Lancar Bayar Premi Asuransi Setiap Bulannya

Bagi Anda yang takut tidak bisa bayar rutin, mari bahas bersama tips-tips simpel untuk hindari gagal bayar premi. Berikut ini adalah tips-tips tersebut:

Pilih Polis Asuransi yang Sesuai Kondisi Anda

Polis asuransi yang pas untuk Anda tentu memudahkan pembayaran. Bayangkan jika Anda hanya butuh asuransi untuk kendaraan saja. Polis yang Anda pilih hanya meliputi seputar kendaraan dan bagaimana biaya tersebut akan dibayar.

Di bandingkan memakai polis asuransi kendaraan yang cover banyak hal, Anda cukup pilih yang sesuai kondisi Anda.

Tidak perlu bayar premi mahal karena polis yang dibeli lengkap dan memberi banyak bonus layanan lain. Selama sudah dapatkan inti layanan, tidak perlu menambang biaya asuransi lagi.

Jika pengeluaran tidak lagi besar karena pilihan polis sudah sesuai, Anda sendiri yang terhitung untung. Jika dibiasakan ambil premi layanan yang pas, tidak perlu lagi Anda bingung tidak bisa bayar.

Selalu Buat Simulasi Pembayaran Jangka Panjang Sebelum Beli Asuransi

Tips lancar bayar premi asuransi yang berikutnya adalah simulasi pengeluaran. Jika Anda sudah menghitung berapa akan keluar uang per bulannya, Anda akan lebih siap memenuhi tagihan asuransi tersebut.

Banyak orang merasa asuransi tidak akan berat, tapi saat melihat hitungan simulasinya, mereka jadi panik.

Bagi yang sudah terbiasa cek simulasi, Anda tidak perlu takut lagi tidak kuat bayar. Karena sudah ada simulasi, Anda cukup pilih premi asuransi yang sesuai kemampuan. Jika tidak mampu bayar, lebih baik pilih layanan asuransi lain yang lebih terjangkau.

Tips Mudah Bayar Premi Asuransi

Jangan Tergoda Asuransi untuk Investasi

Beli polis asuransi investasi memang menarik, tapi di sisi lain, polis seperti ini memiliki risiko. Membayar premi untuk kebutuhan investasi pasti jauh berbeda ekspektasinya dengan bayar karena memang butuh asuransi. Hal inilah yang pertama harus Anda ingat.

Asuransi memiliki tujuan utama sebagai pendanaan jaga-jaga. Jika ditempeli dengan investasi, fungsinya sudah tidak untuk jaga-jaga.

Bayangkan jika harus tarik uang asuransi untuk kebutuhan bayar rumah sakit. Jika ikut asuransi investasi, Anda pasti tidak tega menarik uang asuransinya karena tidak dapat bonus besar.

Pilih Jasa Asuransi dengan Layanan Digital Baik

Banyak orang malas bayar premi secara rutin karena prosesnya yang sulit. Jadi, cari saja jasa asuransi dengan layanan bantuan bayar premi asuransi modern. Bayangkan jika bisa urus pembayaran premi hanya dari aplikasi dan beberapa tombol saja. Hal ini pasti lebih praktis.

Bayangkan juga aplikasi yang memberi notifikasi kapan harus bayar premi lagi. Pengingat seperti ini sudah umum ditemukan sebagai fitur. Anda bahkan bisa akses pembukuan berapa kali sudah bayar premi. Hal ini jauh lebih baik daripada Anda telat bayar.

Pastikan Prioritas Asuransi Dibuat Tinggi

Rutin bayar asuransi juga dapat dilakukan mudah jika Anda prioritaskan penyisihan dana asuransi.

Buat prioritas bayar sama dengan tagihan bulanan untuk rumah seperti pajak bumi bangunan serta tagihan internet. Jika sudah sama tingginya dengan tagihan ini, Anda tidak akan lagi meremehkan proses bayarnya.

Jika sudah masuk hitungan prioritas penting, Anda akan otomatis menyesuaikan pengeluaran dengan tagihan ini. Misalnya, Anda akan kurangi pengeluaran untuk belanja online dan lebih utamakan bayar premi.

Banyak orang memandang asuransi adalah kemewahan, padahal pada kenyataannya level prioritas mirip tagihan bulanan lain yang penting.

Buat Catatan dan Tanggal Pasti Bayar Premi

Agar tidak lupa, buatlah jadwal pembayaran rutin Anda. Tandai kalander atau buat note di smartphone soal tanggal pembayaran. Jika dibiasakan, Anda tidak akan lupa lagi membayar tagihan ini. Percuma Anda sudah sisihkan dana untuk premi jika lupa membayarnya bukan?

Dari bahasan di atas, Anda tahu bahwa polis asuransi yang Anda bayar tiap bulannya tidak terlalu memberatkan.

Selama Anda menyesuaikan biaya bayar premi dengan kebutuhan Anda, umumnya asuransi jadi hal yang positif. Mudah-mudahan bahasan ini berguna dan membuka wawasan Anda!

20 pemikiran pada “Tips Mudah Lancar Bayar Premi Asuransi Setiap Bulannya”

  1. Bisa juga langsung debit bank biar tidak lupa. Jadi kalau di butuhkan bisa langsung digunakan asuransinya

    Balas
  2. Yang paling bikin gagal paham itu, ketika orang beramai-ramai mencampurkan investasi dan asuransi, padahal ya beda.
    Alhasil, ketika tidak sesuai harapan, pada merasa tertipu, padahal ya memang kesalahan sendiri nggak dibaca dan dipahami dulu sebelumnya.

    Mending asuransi ya khusus asuransi, kalau mau investasi, khusus investasi ya 🙂

    Balas
  3. iya, asuransi tujuan awalnya proteksi ya, tapi sekarang banyak penawaran unit link yang katanya sekalian investasi, memang kudu dipelajari baik2 sebelum membeli premi asuransi ya mba

    Balas
  4. Nah ini mbak, harus pilih asuransi sesuai kondisi. Kalau untuk sebagai cadangan dana darurat jangan pilih asuransi embel2 Investasi karena memiliki resiko mengenai bonus asuransi investasi yang gak keluar ya.

    Balas
  5. kalau udah jadi kewajiban, sebaiknya kita pasang reminder yaa setiap hendak bayar. biar engga ada denda juga dan kita lebih tenang tentunya karena kewajiban untuk membayar sudah kita tunaikan..

    Balas
  6. soal asuransi memang harus dipertimbangkan karena ini komitmen finansial jangka panjang jadi kita harus memastikan dananya aman sampai masa pertanggungan berakhir yaaa

    Balas
  7. Yups. Kuncinya adalah sesuaikan dengan kebutuhan. Pilih biaya bayar premi yang memang sesuai kebutuhan. Jadi kitanya pun gak merasa berat atau kesulitan setiap kali membayarkannya.

    Balas
  8. Karena kadang manusia itu pelupa jadi sering juga sih telat bayar premi asuransi. Buat catatan agar tidak lupa bayar premi asuransi memang penting ya, Mbak.

    Balas
  9. Memiliki asuransi dengan segala tanggungjawab yang harus diperhatikan setiap bulan yakni membayar premi.
    Jangan sampai terasa terlalu berat dan malah menjadi beban.

    Balas
  10. Nah itulah mbak zaman sekarang banyak banget produk asuransi yang sekaligus menjanjikan investasi, kalau aku pribadi emang pilih ayng asuransi sederhana aja murni buat perlindungan.
    Sebelum beli asuransi emang seharusnya menyesuaikan ya mbak dengan kondisi keuangan kita juga, kira2 preminya sesuai gak atau ketinggian gak hehe

    Balas
  11. Eh, emang ada ya asuransi untuk investasi, Mbak? Wah baru tau aku. Aku belum pakai asuransi, nih. Tapi makasih tipsnya, Mbak. Nanti bisa diterapkan pas udah pakai jasanya.

    Balas
  12. Sebelum memilih untuk membeli asuransi memang harus benar² dipertimbangkan ya, mbak. Supaya tidak menjadi beban ke depannya untuk membayar premi setiap bulannya.

    Balas
  13. asuransi memang penting untuk proteksi kita yah, jadi sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kita
    Dan setuju nih sebaiknya asuransi dan investasi jangan digabung karena tujuannya aja udah beda kan yah

    Balas
  14. Sejak awal memang sudah harus dipilih yang sesuai dengan kemampuan kita ya mba.. jadi bayar premi tidak memberatkan

    Balas
  15. Halo mba. Buat jadwal pasti untuk bayar premi ini bisa jadi pilihan sekali ya mba biar memudahkan kita juga kalau membayar premi. KIta harus pilih asuransi dengan akses digital yang terbaik ya mba

    Balas
  16. Poin nomor 3 polis asuransi investasi ini benar banget mba, banyak banyak sekali kasus tentang ini biasanya terjadi nasabah kurang paham dan tipu daya agennya mau ngejar keuntungan semata, amit-amit deh saudara saya pernah kasus seperti ini jadi pada kapok masuk asuransi lagi padahal kalau sesuai kebutuhan saja penting banget ya

    Balas
  17. Tips saya jadwalkan pembayaran asuransi dengan metode autodebit jadi mau gamau asuransi pasti akan terbayar hihi semoga kita semua selalu sehat ya mbak

    Balas
  18. Penting banget ya mbak menyesuaikan biaya premi dengan kebutuhan kita. Dan memang kalau belum ngelakuin pasti mikir wah nanti berat, bayar preminya gimana. Huhuhu

    Balas
  19. harus terjadwal dengan baik ya memang mbak supaya ngga terewat bayarnya dan jadi masalah di kemudian hari

    Balas
  20. Wajib banget nih yang mau punya asuransi baca ini, asli yang sering salah kaprah soal pembayatannya. Kadang asuransi dikira investasi juga. Allhamdulilah aku pun udah ada asuransi lega.

    Balas

Tinggalkan komentar