Mengenal Topic Authority yang Bikin Situs Web Page One

Topic authority adalah seberapa ahli dan kredibel kamu dalam mengulas suatu topik atau tema tulisan tertentu. Coba perhatikan hasil yang muncul pada halaman pencarian ketika kamu mengetikkan kata kunci tertentu.

Nah, situs-situs yang memiliki topic authority kuat akan muncul di page one Google. Untuk lebih jelas mengenai apa itu topic authority dan cara meningkatkan topic authority, baca tulisan saya ini, yuk.

Apa Itu Topic Authority?

Berdasarkan website Ahrefs, topical authority adalah konsep SEO di mana situs web memiliki otoritas yang kuat terhadap satu atau beberapa topik tertentu.

Hal ini berkaitan dengan topik atau subjek tertentu yang ingin kamu jadikan fokus tulisan di website atau blog sebagai upaya meningkatkan peringkat situs di mesin pencari, seperti Google.

Penjelasan sederhananya, topic authority adalah seberapa ahli atau kredibel kamu dalam suatu topik atau subjek.

Semakin tinggi topic authority situs, semakin besar kemungkinan situs kamu muncul pada urutan teratas hasil pencarian ketika pengguna mencari informasi yang berkaitan dengan topik tersebut.

Cara Meningkatkan Topic Authority

Untuk meningkatkan otoritas pada topik tertentu, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan, antara lain:

1. Fokus pada Topik yang Kamu Kuasai

Langkah pertama untuk meningkatkan otoritas topik, kamu bisa berfokus pada topik-topik tulisan yang memang benar-benar kamu kuasai. Untuk itu, coba identifikasi bidang di mana kamu memiliki pengetahuan yang lebih dan punya pengalaman praktis terkait topik dalam bidang tersebut.

Bisa pula kamu memilih berbagai topik yang memang ingin kamu pelajari secara mendalam. Pada prinsipnya, semakin besar minat kamu pada topik tertentu, semakin mudah juga kamu meningkatkan otoritas dan kredibilitas di bidang tersebut.

Contoh: kamu seorang penulis yang sudah berpengalaman dalam menulis buku dan berbagai artikel. Cobalah fokus pada topik-topik kepenulisan, tips menulis, pembuatan konten, dan sebagainya.

Masih butuh contoh lain? Kamu memiliki latar belakang pendidikan akuntansi, pernah bekerja sebagai akuntan dan menguasai cara mengatur keuangan. Nah, fokuslah pada topik terkait keuangan, financial freedom, tips menabung, investasi, dan semacamnya.

cara meningkatkan topic authority

2. Riset Kata Kunci

Setelah tahu topik apa yang kamu kuasai dan bisa kamu jadikan konten, selanjutnya lakukan riset kata kunci. Identifikasi kata kunci yang relevan dengan topik, memiliki volume pencarian yang besar, dan sesuaikan dengan search intent audiens.

Misalnya topik yang akan kamu angkat menjadi tulisan tentang keuangan. Lakukan riset kata kunci “keuangan” ini dengan memperhatikan search volume dan search intent-nya.

Lalu, catat dulu hasil risetnya, misalnya:

  • Keyword (kata Kunci): laporan keuangan
  • Search volume: 60.500
  • Search intent: Informational

Dengan hasil riset di atas, kamu bisa menulis artikel, misalnya:

  • Apa Itu Laporan Keuangan dan Manfaatnya.
  • Jenis-jenis Laporan Keuangan.
  • Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana.

3. Tulis Konten yang Berkualitas Tinggi

Ingat, mesin pencari seperti Google lebih memperhatikan konten-konten yang berkualitas tinggi, relevan dengan kebutuhan audiens, bermanfaat, dan informatif. Maka sebelum menulis konten, lakukan penelitian secara menyeluruh mengenai topik yang mau kamu tulis.

Jangan lupa, gunakan sumber referensi terpercaya, seperti jurnal ilmiah, situs pemerintah, atau lembaga riset terkemuka. Fakta dan data yang akurat dan kamu tambahkan dalam tulisanmu akan meningkatkan kredibilitas.

Selain itu, kamu bisa pula menambahkan studi kasus berdasarkan pengalaman pribadi yang sudah pernah kamu lakukan. Hal ini dapat mendorong audiens untuk mencoba cara yang kamu sarankan.

Oh ya, hal penting berikutnya yang juga harus kamu pastikan adalah penggunaan gaya bahasa dalam tulisan. Pastikan kamu menulis konten dengan cara yang menarik, namun menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh audiens.

4. Buat Topic Cluster

Topic cluster adalah halaman di dalam situs web yang saling berkaitan karena membahas topik atau tema yang sama. Bisa dikatakan, topic cluster adalah sekelompok konten yang memiliki relevansi yang kuat dan saling terkait sehingga lebih mudah ditemukan oleh audiens dan juga Google.

Contoh topic clustering sebenarnya bisa kamu pelajari dari blog saya ini dengan tema tulisan content marketing lho. Jadi, kata kunci utama yang saya bidik adalah: content marketing, dengan search volume 2.400, dan search intent-nya informational.

topic clustering

Dari hasil riset keyword tersebut, saya kemudian mengembangkannya dan membuat satu topic cluster, yaitu:

Dengan contoh ini, semoga kamu sudah mulai paham cara membuat topic clustering untuk memperkuat dan meningkatkan topic authority website kamu ya.

5. Bangun Tautan yang Relevan

Tautan atau link, baik eksternal link maupun internal link tetap menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi peringkat di mesin pencari. Nah, menyematkan tautan yang relevan juga bisa lho meningkatkan otoritas topik kamu.

Jika tulisan kamu berbicara tentang tips menulis, bagus banget kalau kamu mendapatkan backlink dari situs besar lainnya dengan niche yang sama, yaitu berisi tentang cara menulis.

Lalu, bagaimana dengan internal link? Ini juga jadi indikator penting yang dapat memperkuat otoritas konten. Terutama kalau kamu menghubungkan satu topik dengan topik yang serupa di dalam web kamu dengan internal link.

Adanya internal link juga membantu bot Google menemukan konten-konten baru. Logika sederhananya begini: ada halaman yang Google temukan karena memang sudah crawling halaman tersebut.

Tapi ada pula halaman lain yang Google temukan dari tautan yang tersemat pada halaman lama dengan topik serupa.

Untuk contohnya, kamu bisa lagi lihat tulisan yang bertema “content marketing” di atas. Coba kunjungi tiap halaman. Di dalam tiap artikel tersebut kamu akan menemukan internal link yang menghubungkan keempat artikel menjadi satu topic cluster.

Nah, bagaimana? Sudah paham tentang pentingnya membangun topic authority, kan? Yuk, segera bangun otoritas topik kamu sendiri supaya kamu bisa mendapatkan manfaatnya. Apa saja sih manfaat membangun otoritas topik ini? Baca lagi penjelasan berikutnya di: 7 Manfaat Topic Authority.

Sedang mengikuti pelatihan prakerja untuk meningkatkan skill

About the author

Hobi saya dalam hal kepenulisan menjadikan saya ingin selalu berkarya. Menciptakan ruang blog monicaanggen.com ini bukanlah sesuatu hal yang kebetulan gais. Sit, Enjoy, and Starting Read.. ^_^

79 pemikiran pada “Mengenal Topic Authority yang Bikin Situs Web Page One”

  1. Kudu belajar banyak tentang topic authority ini, secara punya blog gado-gado dan menulisnya juga masih suka-suka. Mungkin dimulai dengan topic cluster dulu untuk memudahkan. Terima kasih sharing ilmunya kak.

    Balas
  2. Cara meningkatkan Topic Authority di atas cukup familiar ya, kayak konten berkualitas sama riset kata kunci yg tepat. Jadi, selain nentuin topik yg pas, penulis juga harus bisa menguasai topik yg ditulis, supaya isinya bisa sampai ke audiens.

    Balas
  3. Saya baca dengan seksama banget niy kak Mon, karena kebetulan saya kadang masih suka bingung kalau mau nulis terutama saat seraching keyword. Membangun tautan yang relevan juga belum semuanya konsisten dan pelan-pelan sedang diperbaiki. Sementara untuk topic cluster sudah mulai saya gunakan sejak lama, jadi kalau misalkan jalan-jalan itu 1 tempat perjalanan bisa menjadi banyak artikel dan semuanya saling terhubung. Sayangnya lagi-lagi konsistensi saya dalam membuat tautannya yang harus terus diimprove. Baca artikel kak Mon jadi berasa tertampar niy

    Balas
  4. Saya sedang mencoba membangun topic authority ini Mbak di blog saya. Emang masih kesulitan sih, apalagi buat nemuin KWnya, soalnya belum bisa bersaing jika KWnya tinggi persaiangan. Tapi Alhamdulillah, efek personalnya ke saya, sekarang lebih mudah buat cari topik tulisan karena kayak punya patokan gitu

    Balas
  5. Sekarang lagi fokus untuk skincare, bukan expert tapi sering explore beberapa kandungan skincare, dan catet juga kondisi kulit, produk yg dipakai, hasil. Harus fokus sih tapi dilakukan dengan happy juga

    Balas
  6. Mantap banget kak ilmunyaa
    aku masih harus disiplin buat Topic cluster nih..
    biar bisa naruh internal link yg relevan juga yaa

    Balas
  7. Waduh, buat internal link ini yang selalu saya langkahi, hanya dengan alasan malas edit blog untuk kopi link, masukkan ke kalimat dan menyusun cluster link topik secara keseluruhan. Jangan ditiru ya …

    Balas
  8. Unik sekali ngobrolin tentang blogging dan website ini ya..
    Semua gak bisa instan dan kudu dibangun perlahan namun terus belajar agar terus berkembang baik di mata google.
    Nyatanya memang seorang blogger gak bisa cuma nulis secara rutin, hihih.. kudu menguasai Topic Authority.

    Balas
  9. Benang merahnya soal si topik autority bisa mengarah ke Niche blog kitanya juga ya mbak Mon? Keknya kalau dengan topik yang dikuasai, seperti satu Niche yang khusus kemungkinan buat bertengger di pejwannya bakal besar juga

    Balas
  10. Baru banget nih aku mengenal topic authority dan makin sadar kalau sebenarnya ilmu ngeblog yang perlu kupelajari masih banyaaakkk sekali. Berarti memang niche dari suatu laman yang dikelola itu sepenting itu ya Kak Mon. Nggak hanya ngaruh ke personal branding di media sosial tapi merambah jauh dari itu. Bikin aku makin ingin mempersempit dan memperdalam ceruk “galian” di blog deh, Kak.

    Balas
  11. Blm kelar urusan domain authority, ini udah ada topic authority. Emg kita hrs belajar trs di dunia writing ini.

    Aku jg lagi mau fokusin niche tertentu nih buat blogku. Cm emg kdg suka berbelok dikit klo ada CP menggiurkan. Haha.

    Rezeki kok ditolak? Wkwk tp ya smg bs konsisten di satu topik ya kak.

    Balas
  12. Siaap, paham Kak Mon. Kebetulan habis ikut kelas juga tadi, dan woww nyambung sama topic authority yang dijelasin sama kak Mon di sini

    Balas
  13. Wah, ilmu baru lagi buat aku nih
    Sekarang jadi tahu tentang topic authority
    Saatnya membuat topikku sendiri nih

    Balas
  14. Huwaaa, ilmu baru lagi nih ya ttg topic authority, meskipun masih ada kaitannya Sama kata kunci Dan Seo yaa mba mon, sungkem buat ilmu2 nya!

    Balas
  15. thanks mba jadi lebih paham soal topic authority. memang awalnya riset kata kunci ya yang paling utama dan jadi awalan sebelum langkah lainnya

    Balas
  16. bintangin, blognya mbak Monica padat bergizi, bermanfaat banget buat aku yang nulis blog asal2an hehehe makasih ya mba

    Balas
  17. Setelah DA dan PA, sekarang ada TA. Sebagai blogger sepertinya dituntut untuk terus belajar. Terkadang ruwet juga. Tapi, sebetulnya menarik untuk diulik. Karena siapa sih yang gak seneng kalau tulisannya masuk page one Google 🙂

    Balas
  18. Ijin nyatet ya kak Mon. Artikelnya mengandung kursus nih. Jadi mesti belajar lagi dan mraktekin. Thanks kak Mon

    Balas
  19. Intinya menjadi blogger itu tidak hanya asal menulis lalu publish ya mbak. Butuh step-step yang harus dipahami utamanya dalam membangun Topic Authority, agar tulisan kita berkualitas bahkan blog kita juga dikenal google dan bisa masuk page one. Terimakasih ulasannya yang bermanfaat mbak Monica.

    Balas
  20. Daging banget tulisannya mbak Monica. Menjadi blogger tidak melulu tulis lalu publish ya, tetapi harus melalui berbagai tahapan kalau ingin tulisannya bisa nangkring di page one google. Terutama harus memperhatikan Topic Authority agar tulisan benar-benar berkualitas.

    Balas
  21. Jujur mencari kata kunci, fokus di satu topik, masih belum bisa konsisten saya lakukan nih. Isi blog masih suka suka. Harus banyak belajar dan memperdalam ilmunya lagi nih

    Balas
  22. Setuju kak @nabila
    Jadinya memang si kata kunci ini ya memang the key nya suatu konten yak.
    Kalau gak tepat, jadilah gak sesuai harapan masuk pejwan

    Balas
  23. Wah ada juga ya Topic Authority. Keren ya. Huhu aku makin jauh tertinggal aja deh urusan website dan blog ini. Tulisanku ke mana-mana. Bakalan susah kayaknya untuk bisa bagus di kriteria topic authority. Kepengen banget deh bisa konsisten dan dalemin ilmu ngeblog, website, dan sejenisnya. Biar bisa bermanfaat dan bagus di Google ya.:D

    Balas
  24. Menulis dengan topik yang dikuasai akan memudahkan untuk melakukan tahap berikutnya, riset kata kunci dll, agar blog memiliki topic authority yang bagus. Ilmu yang harus dipraktekkan banget agar apa yang ditulis di blog bisa pejwan. Makasih kak.

    Balas
  25. Opo maneh iki mbaaak haha.
    Aku gak tau nih sejak apdet WP kesel udah sama blogku, sempet malah ngambek 2 minggu gk ngapa2in, sekarang berusaha move on aja.
    Tapi aku setuju ttg konten berkualitas tinggi. Soalnya aku yakin kalau bagus bakal ada aja yang nemu tulisan di blog, gk sekadar buat memanjakan google.

    Balas
  26. Waaah banyak banget ilmunya. Bermanfaat banget. Blogku fokus di kerajinan atau craft tapi sering keluar jalur juga demi cuan. Tapi aku usahain nggak terlalu jauh juga, misalnya ke produk bayi atau fashion. Makasih banyak ilmunya. Dengan persaingan sekarang, mau gak mau memang harus punya authority seperti itu.

    Balas
  27. Topik Autority menggaitkan link internal kita ya kak. Aku emang benar2 ga pernah ngerti blog sendiri. Cuma tahunya isi konten aja. Nanti deh dipelajarin lagi.

    Balas
  28. Yeay, akhirnya saya bisa lebih ngerti tentang topic authority ini, Mbak. Tinggal dipraktikin di blog saya. Mau mulai juga buat topic clustering untuk memperkuat dan meningkatkan topic authority-nya, makasih ya, Mbak.

    Balas
  29. Menantikan artikel 7 Manfaat Topic Authority.
    Sebenernya Topic Authority ini pemahamannya sama dengan niche blog kah?
    Rasanya aku jadi hilang arah untuk blog utama, kak Moon. Jadi sekarang lagi memikirkan topik yang aku bangun dari awal.

    Balas
  30. Riset kata kunci suka bikin bingung. Niatnya pingin nulis A, karena nuruti kata kunci harus mengubah sudut pandang lagi. Makasih infonya mbak Mon

    Balas
  31. Sebenarnya cara yang dijabarkan di atas udah cukup umum untuk kita terapkan dalam meningkatkan topic authority. Tinggal bagaimana kita fokus dan konsisten aja lagi dalam menulis topic tertentu agar artikel kita berkualitas dan muncul di page one google.

    Balas
  32. Hahaha makin mumet aku mba, kadany kata kunci suka pusing tapi seru kalo blog kita ada diurutan pertama, jelimetnya terbayarkan

    Balas
  33. Menarik banget, penjelasan tentang Topic Authority berdaging banget. Makasih Mba. 😍 Diingatkan buat menulis dengan topik yang kita kuasai dan konten yang berkualitas tinggi. Paling seneng kalau udah punya waktu dan menulis hal-hal yang kita suka dan belum banyak orang tahu. Jadi blog kita juga akan dikunjungi dan dibaca orang.

    Balas
  34. saya jadi merasa tertantang nih kak, kayanya saya tidak menguasai banyak topik..atau mungkin tidak terlalu PD mengankat 1 topik yg lebih dikuasai…duh

    Balas
  35. Ini dia, menentukan topik blognya yang kudu segera dilakukan. Selama ini seringnya nulis ya nulis aja, kurang banget soal riset keyword. Kudu makin banyak belajar nih.

    Balas
  36. saya menemukan korelasi antara topic authority dengan niche blog, bener gak mba mon? niche blog yang spesifik udah pasti punya artikel dengan penguasaan materi yang oke. tetiba jadi inget untuk lebih fokus dan konsisten dengan niche blog.

    Balas
  37. saya masih harus belajar banyak seputar topic authority ini, Mbak Monica. Tapi saya usahakan untuk menulis topik yang saya kuasai, termasuk yang sesuai pengalaman saya. karena itu akan menulisnya lancar, karena tinggal menuangkan dalam tulisan. Hanya maafkan saya yang masih terkadang malas meriset kata kunci, Mbak. Tapi Saya usahakan pelan-pelan ini, yang artikel lama saya, bisa saya update lagi sekalian riset kata kuncinya.

    Balas
  38. Kalau pasang internal link di blog sih udah mulai terbiasa. Topic cluster ini yang aku malah baru nyadar. Setelah nyadar juga masih belum langsung praktik. *tutup muka*

    Balas
  39. Nah emang bener kalua mau nulis sesuatu ya focus sama topik yang dikuasai. Kemudian riset kata kunci nih yang penting. Pokoknya relevan sama topik dan punya volume yang cukup gede yam baa. Sipp sipp bisa langsung praktek nih.

    Balas
  40. Oooo.. Jadi, kalau misalkan kita interest di bidang pertanian, kita bisa bahas budidaya satu jenis tanaman dari hulu ke hilir gitu ya, Kak. Misal nih, kita mau ngomongin soal Lidah Buaya. Jadi pokok bahasan nantinya bisa, kayak:
    *Manfaat Lidah Buaya
    *Budidaya Tanaman Lidah Buaya
    *Produk dari Lidah Buaya
    dan lain-lain

    Semacam ini ya, Kak?

    Balas
  41. Blog saya masih gado-gado Mbak Mon. Sudah mencoba menentukan 2 topik utama, tapi belum bisa yang rapi betul. Sementara pakai cluster saja. Tapi saya pengen nyoba bikin blog yang topic authoritynya jelas. Penasaran soalanya.

    Balas
  42. Mantap banget materinya Kak Mon, isinya ‘daging’ semua. Ternyata kalau mau blog masuk page one google kudu ada strateginya.

    Oh yaa apa kudu langganan di situs yg menyediakan riset kata kunci?

    Balas
  43. Setuju, hehhe..
    Rasanya blog jadi beraneka rasa setelah ada tawaran produk placement dan temen-temennya.
    Tapi tetap mencoba konsisten dan menggali lagi Topic Cluster yang bisa ditulis agar gak bosen sama 1 tema yang sama.

    Balas
  44. aku baru tahu ada istilah ini. aku selama ini tahunya DA/PA aja hehe. kudu banyak belajar nih. ini tuh berarti sekilas kayak niche gtu ya?

    Balas
  45. Iya juga kak @Didik.
    Jadinya ada banyak hal nih tentang authority dalam dunia blogging, walau belum mahir, minimal diketahui dan dipahami ya

    Balas
  46. Wah, ilmu yang berguna banget nih. Terima kasih, Mba Mon udah sharing. Biar bisa page one, topic yang ditulis emang kudu kuat dan relevan yang dibutuhkan sama audiens, ya.

    Balas
  47. Makasih sharingnya mb monic, aku dulu suka riset kata kunci kalau mau nulis dan menentukan topik yang sesuai dengan blogku. Tapi sekarang agak megeran nih

    Balas
  48. Kenapa baca ini antara sedih dan bahagia.
    Sedih karena tampaknya aku ndak punya concern topik yang benar-benar aku kuasai hiks.

    Bahagia karena menjadi reminder buat aku yang kalo nulis seringkali ngalir aja kayak air. Ehm, menyoal tentang perlunya riset keyword ini memang perlu dibiasakan ya Kak Mon.

    Terima kasih atas remindernya.😊

    Balas
  49. Berarti sebisa mungkin meskipun blog gado2 harus ada topik tertentu yang menonjol ya ka Mon. Siap segera evaluasi ulang sama memetakan kembali topik apa aja yang mau ditonjolkan

    Balas
  50. Pantesan rata2 tulisan di blogku blm muncul di page one. Mgkn ya kurang menerapkan tips di atas deh. Mulai dr riset keyword hingga bikin clusternya

    Ayuk mulai skrg terapin topic authority ini biar website kita mkn sering nongol di page one. Imbasnya ya bakal kencang trafficnya. Note bgt nih kak.

    Balas
  51. Wah aku baru tahu soal topic authority ini mba Mon. Ternyata membuat topic cluster termasuk di dalamnya ya. Otw harus benerin blog satu per satu biar topic authorithynya kuat. Thank you tipsnya.

    Balas
  52. Wahh terimakasih banget ya mb pencerahannya tentang topic authority, sekarang jadi paham, selama ini kalau aku nulis ya asal tulis aja, hampir ngak pernah aku pikirin tentang seo, keyword dan teman temannya.

    Balas
  53. wah perlu di bookmark sih tulisan ini. aku lagi seneng belajar optimasi blog dan seo, makasih mba mon, keep sharing. memang benernya sih blog itu 1 niche sih ya, jadi topiknya pun ga melebar kemana2 😀

    Balas
  54. Asiik, dapat ilmu baru. Selama ini juga sering bertanya-tanya juga sih tentang hal ini. Ternyata di artikel ini dapat jawaban. Izin mencoba menerapkan ya, Kak. Kalau ada yang kurang paham, izin tanya ya.

    Balas
  55. Berarti lebih ke niche dari suatu blog ya, tapi based on our skill. Kalo pandai akuntansi, ya menulis artikel seputar keuangan. Atau sering jalan-jalan kulineran, wah ini kayaknya on top banget nih, travel blogger.

    Setelah membaca artikel super keren ini, jadi nambah motivasi untuk membuat artikel yang topic authority dan meningkatkan kemampuan menulis artikel. Terima kasih atas ilmunya Mba Monica.

    Balas
  56. Super sekali, Kak Mon. Memang bener sih, kalau mau nulis ya harus dengan topik yang dikuasai. Kemudian riset kata kunci nih yang penting, tapi hal ini kadang terskip, hadeehh… Terima kasih atas artikel ini kak, harus segera dipraktikkan nih.

    Balas
  57. Oke ini jadi PR. Selama ini cuma sampe riset topiknya, terus ngga diterusin lagiii biar dapat topic authority yang baguss.
    Ya Allaah panjang banget yaa prosesnyaa kek gini tuh hahaha, ngeblog emang never ending learning

    Balas
  58. Memang gak rugi kalau mampir ke blog Mba Monica, banyak ilmu baru soal blogging. Salah satunya topic authority ini. Jadi, nambah ilmu dan semoga konten blog makin baik setelah mempelajari ini.

    Balas
  59. Pas banget lagi butuh semangat nulis dan ketemu deh yang kucari. Ternyata butuh topik cluster biar memudahkan.

    Balas
  60. Mbak Mon, ilmunya selalu daging banget. Buat aku yang awam mengenai hal ini jadi macu buat belajar lagi dunia blog. Terlebih ngangkat mengenai topic authority

    Balas
  61. Sebagai penulis tema gado-gado menentukan topic authority merupakan PR besar buatku. Masih harus banyak belajar dan konsisten mencari keyword terlebih dahulu sebelum menulis.

    Balas
  62. wah kayaknya kalau dinilai topic authority blog saya nilainya rendah sih soalnya random banget isinya. mungkin saya bisa pilih salah satu ya buat dibahas lebih detail nanti

    Balas
  63. Topic Authority memang ngga main – main ya mba, karena bisa dongkeak blog banget. I’m learning more and more here

    Balas
  64. Baru tahu tentang topic authority setelah baca postingan ini. Sebelumnya yang aku tahu hanya DA PA. Setuju banget sih kalau riset keyword yang tepat bisa menjadikan tulisan di blog kita masuk page one mesin pencarian Google.

    Balas
  65. terima kasih mba buat pencerahannya, aku yang nulis blog asal2an jadi agak mikir tentang SEO dan kawan2nya

    Balas
  66. Jadi bahan renungan ketika mau menulis.
    Temanya gak boleh random dan kudu masih di topic cluster yang sama.
    Sepertinya meski lifestyle blogger, masih ada benang merah dari masing-masing Topic Authoritynya gitu yaa, kak Mon..?

    Balas
  67. Bikin aku nyari tentang ini di Google. Kepengen juga deh punya blog dengan Topic Authority yang bagus di mata mesin pencari. Tapi kudu belajar banyaaaak. 😀

    Balas
  68. Benar kak @Salma, menulis yang kita kuasai itu memang bisa sat-set-sat-set idenya mengalir. Di situ jadinya memang perlu buat banyak tambah wawasan ya

    Balas
  69. Emang paling enak dan idealnya sih blog kita punya nice sesuai dengan passion dan keahlian kita jadinya isinya bisa lebih mendalam dan edukatif ya Mba…

    Balas
  70. jujur, baru tahu tentang topic authority ini Mbak.
    jadi gak sekadar pilih niche khusus aja ya, misal parenting, tapi kita juga kudu eksplor lebih detail lagi ya tentang satu topik yang kita bahas di blog/web. Jangan lupa lakukan riset juga dong ya, plus internal dan eksternal link yang disematkan pun juga harus sesuai ya.
    noted nih, makasiih Mbak 🙂

    Balas
  71. Sebelumnya tahunya cuma domain authority dan page authority aja, ternyata ada juga ya namanya topic authority. Berarti TA ini berkaitan juga dengan SEO ya Kak karena bisa memberikan peluang yang besar nangkring di page one kalau blog kita punya TA yang kuat.

    Balas
  72. wah notes aku ditulisan ini adalah membuat topic cluster. dulu pernah buat karena memang sedang ikut kelas intensif, lalu setelah itu tidak pernah lagi xD dan juga kadang bingung saat menentukan mau cari Keyword apa untuk diriset 😀

    Balas
  73. Dari keywors bisa banyak turunannga menjadi topic cluster ya.. Butuh belajar banyak lagi, nih. Mencari keyword yang bagus dan bisa memecahnya menjadi beberapa topic cluster.

    Balas
  74. Wah insight baru nih. Coba aku rutin terapkan tips di atas biar bisa nangkring di page one deh (Anggita)

    Balas
  75. Insight full banget nih mba Mon, bahasan terkait Topic authority. Jadi, lebih paham juga arah ke depan tentang topik yang bakal sering ditulis agar pastinya bisa page one Google.

    Balas

Tinggalkan komentar