Setiap orang dikaruniai Tuhan waktu sebanyak 24 jam sehari, jumlah yang sama untuk setiap orang. Dengan waktu yang tersedia tersebut, kita memanfaatkannya untuk sekolah, bekerja, belajar, berolahraga, dan masih banyak lagi kegiatan yang kita ikuti. Tentunya semua berharap agar menjadi pribadi yang produktif dalam berkarya demi kehidupan yang lebih baik. Namun di sela-sela kesibukan, pastilah ada waktu luang yang tersisa. Nah, apa sih yang sebaiknya kita lakukan sebagai kegiatan pengisi waktu luang agar waktu yang tersedia tetap bermanfaat? Dalam tulisan kali ini, saya akan berbagi 4 kegiatan pengisi waktu luang yang biasa saya lakukan.

4 Kegiatan Pengisi Waktu Luang

1. Membaca Buku dan Menulis

Membaca buku dan menulis menjadi kegiatan pengisi waktu luang yang paling sering saya lakukan begitu tersedia waktu kosong. Saat menunggu bus atau waktu kedatangan kereta, saya akan membaca. Duduk di dalam taksi dari pada bengong atau melamun, saya lebih memilih untuk membaca buku. Ada banyak sekali manfaat membaca buku, seperti menambah pengetahuan dan wawasan, menambah kosakata sehingga saat berbincang dengan teman kita punya lebih banyak pilihan kata yang bisa digunakan, menjadi tahu sesuatu yang sebelumnya tak kita ketahui, dan masih banyak lagi.

Kegiatan Pengisi Waktu Luang
Membaca Buku

Kegiatan pengisi waktu luang berikutnya, saya suka menulis, misalnya ketika sedang menunggu seseorang di kafe maka saya menulis buku notes yang selalu saya bawa ke mana pun. Di kereta api atau pesawat saat saya sedang dalam perjalanan ke suatu kota, saya pun sering menulis di notes/buku agenda atau memanfaatkan fitur notepad di ponsel. Itu makanya, di dalam tas saya selalu ada buku bacaan, notes, dan peralatan tulis menulis yang bisa saya gunakan kapan pun saya membutuhkan.

2. Networking dan Bersilaturahmi

Networking atau berjejaring serta menjalin silaturahmi berada di urutan kedua yang saya lakukan sebagai kegiatan pengisi waktu luang. Networking itu bisa dianalogikan seperti jaring laba-laba. Semakin luas simpul-simpul yang terbentuk maka akan semakin luas dan kuat jaring yang ada. Artinya, semakin banyak teman maka akan semakin mudah kita mendapatkan sekaligus berbagi peluang. Berdasarkan pengalaman saya, ada saatnya saya membutuhkan peluang sehingga butuh orang lain yang mungkin bisa memberikannya.

Kegiatan Pengisi Waktu Luang
Networking. Sumber: freepik

Di lain waktu, saya yang kebetulan punya peluang akan membutuhkan orang lain untuk bekerja sama sehingga peluang apa pun yang didapatkan bisa berjalan dengan baik. Menjalin networking dan bersilaturahmi memperpanjang rezeki dan bisa bikin panjang umur. Ini benar adanya. Lingkungan pertemanan yang luas dan positif akan membuka banyak pintu rezeki dan membuat bahagia. Orang yang bahagia sudah pasti panjang umur, kan?

3. Olahraga

Butuh ide kegiatan pengisi waktu luang lainnya? Lakukan olahraga. Tak perlu pergi ke gym atau pusat olahraga yang berbayar mahal. Cukup jalan-jalan di taman saja atau joging. Dengan berolahraga, selain waktu luang bisa dimanfaatkan untuk hal positif, juga akan membuat tubuh jadi sehat. Tubuh yang sehat akan mendukung aktivitas sehari-hari dan produktivitas harian pun tetap terjaga. Cara lain untuk berolahraga di sela-sela jam kerja adalah memanfaatkan tangga untuk naik dan turun di tempat kerja alih-alih menggunakan lift. Kita juga bisa berolahraga dengan melakukan peregangan dengan tetap duduk atau berdiri di dekat meja kerja. Bahkan melakukan aktivitas rumah tangga, seperti menyapu lantai, mengepel, bersih-bersih rumah saat waktu luang bisa pula dikatakan berolahraga.

Kegiatan Pengisi Waktu Luang
Olahraga. Sumber Gambar: Freepik

4. Main Game yang Mengasah Otak

Kegiatan terakhir dari 4 kegiatan pengisi waktu luang yang biasa saya lakukan adalah main game yang mengasah otak. Main game juga penting lho sebagai refreshing dan bisa melepas ketegangan akibat tekanan pekerjaan sehari-hari. Ada banyak jenis game atau permainan yang bisa dilakukan, apalagi main game yang mengasah otak. Baru-baru ini saya menemukan permainan seru.

Gamenya berupa menjawab dua puluh pertanyaan yang akan membuat kita berpikir, kemudian memberi jawaban dengan benar. Game mengasah otak ini saya temukan di laman #dapetin. Setiap jawaban yang benar akan mendapatkan 10 poin. Semakin banyak jawaban benar menambah jumlah poin yang berhasil dikumpulkan. Hebatnya lagi, pemain dengan poin terbanyak bisa mendapatkan gratis kuota internet 10Gb. Tuh kan, asyik banget kalau begitu.

Mau tahu cara agar bisa main game ini? Masuk saja ke Main Game Berhadiah Kuota. Daftarkan diri dengan menggunakan akun Facebook atau nomor telepon. Setelahnya jangan lupa untuk redeem bonus karena semua pendaftar tanpa terkecuali bisa mendapatkan bonus kuota secara langsung sebanyak 2,5Gb.

Nah, masih bingung mau ngapain kalau punya waktu luang? Harusnya tidak lagi dong ya. Coba saja 4 kegiatan pengisi waktu luang yang tadi telah saya beri contohnya, dan pilih mana kegiatan yang paling kamu sukai. Have fun ya. Jangan lupa bahagia setiap hari.

195 total views, 2 views today

10 COMMENTS

  1. Hahah…aku kemarin abis mainan game ini, mba Monic..
    Dan gak bisa berenti kalau gak inget besok anak – anak mau sekolah.

    Seruu banget siik..
    ((sambil berharap dapat kuota gratis))

  2. Dari kesemua kegiatan pengisi luang yang disebutkan di atas oleh kak Monica … hanya main game yang ngga kupraktekin 😁
    Bukan karena apa,tapi karena aku ngga mahir main game 😅

    Tapi iming-iming ada bonus quota, jadi pengin ngegame juga jadinya …

  3. tadi main game ‘dapetin; beneran mengasah otak, mbak…soalnya ada beberapa yang lupa dan butuh waktu buat mengingat ingat..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here