Butuh keberanian buat kita sebagai cewek untuk melakukan solo traveling alias traveling sendirian. Walaupun begitu, buat sebagian cewek justru lebih menyukai traveling sendirian karena lebih bebas memilih perjalanan yang disukai. Untuk yang belum pernah melakukannya atau yang baru ingin mencoba aktivitas ini, tentu banyak hal yang harus dipertimbangkan, salah satunya sekaligus paling penting adalah keamanan.

Namun bila kamu selalu aware sama keadaan sekitar, pasti deh bias meminimalisir bahaya yang mengintai. Pastinya solo traveling itu lebih banyak ngasih pengalaman positifnya, Girls, disbanding negatifnya.

Dengan traveling sendirian, kamu bisa bertemu dengan teman baru, belajar mengatur keuangan, melihat dunia luar dan masih banyak lainnya. Apalagi yang kamu tunggu? Yuk segera cari tiket pesawat murah dan berpetualang ke tempat impianmu. Eitts sebelum berangkat, coba lihat 7 tips penting ini biar kamu aman selalu.

1. Kenali Plus Minus Solo Traveling

Sebelum melakukan solo traveling, kamu harus menyadari kenapa kamu ingin melakukannya. Ke mana destinasi traveling kamu? Kamu sudah harus mencari tahu tempat destinasi solo traveling dan apa saja yang harus kamu persiapkan. Solo traveling berarti kamu bebas mengatur agenda perjalanan. Namun, di satu sisi kamu juga sudah harus siap dengan faktor keamanan dan faktor kesepian.

2. Riset Kecil-Kecilan

Riset termasuk bagian dari perencanaan traveling. Kalau kamu melakukan solo traveling, berarti kamu perlu melakukan riset ekstra. Jangan sampai ada hal yang kamu lewatkan yang bias jadi hambatan solo traveling kamu. Semakin rinci itinerary yang kamu buat, maka semakin besar peluang kamu buat nggak tersesat.

3. Ketahui Modus Penipuan

Karena kamu solo traveling, kamu harus cari tahu tentang modus-modus penipuan yang biasa dialami turis di tempat tujuan. Jangan sampai kamu terjebak di lubang yang sama seperti turis-turis sebelumnya. Tanpa partner traveling, kamu akan lebih beresiko dari tindakan kriminalitas dan penipuan. Jadi, sebelum jadi solo traveling kamu sudah harus paham segala bentuk kriminalitas yang biasanya dialami turis di sana ya!

4. Jangan Berpakaian Nyentrik

Hal yang juga wajib kamu ketahui adalah penting buat kamu untuk tampil nggak mencolok di antara warga lokal saat jadi solo traveling. Berpakaian yang sederhana adalah cara adaptasi ampuh bagi tiap traveler. Jangan sekali-kali memamerkan harta seperti pakai perhiasan berlebihan. Selain itu, berpakaian juga harus disesuaikan dengan kondisi cuaca atau sesuai kebutuhanmu.

5. Bawa Obat-Obatan Pribadi

Karena traveling tanpa partner, tentu kamu harus membawa semua keperluan sendiri termasuk obat-obatan. Kamu sudah harus paham betul dengan riwayat penyakit yang kamu derita, jadi kamu sudah tahu ya kemampuan kamu sampai mana. Oleh karena itu, stamina juga patut kamu perhatikan sebelum melakukan solo traveling. Akan lebih mudah buat kamu, kalau sebelum menjadi solo traveling kamu rajin berolahraga terlebih dulu.

6. Bawa Peta dan Buku Panduan

Meskipun sekarang serba digital, dan kamu bisa melakukan apa pun lewat internet. Tapi, saat jadi solo traveling membawa peta dan buku panduan adalah hal yang wajib. Karena kedua hal itu sangat penting buat kamu yang solo traveling. Selain itu, untuk memudahkan bagi pemula sebaiknya kamu juga mengikuti komunitas traveling. Karena akan sangat membantu kamu mencari informasi seputar destinasi traveling kamu.

7. Backup Dokumen-Dokumen Penting

Traveling di dalam maupun di luar negeri membawa dokumen pribadi adalah kewajiban. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum kamu melakukan solo traveling kamu memfotokopi KTP, paspor dan dokumen-dokumen penting lainnya lebih dulu. Kamu juga bisa menyimpan dokumen-dokumen penting tadi dalam bentuk soft copy. Hal itu nggak lain untuk menghindari kehilangan dokumen-dokumen penting di negara orang. Ribet kan ngurusnya kalau hilang!

824 total views, 3 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here