Transaksi Lebih Cepat, Mudah, dan Aman dengan Payment Gateway

Belanja online menjadi salah satu aktivitas yang hampir dilakukan banyak orang, termasuk saya. Nah, dalam prosesnya, tentu membutuhkan alat transaksi online yang mudah, cepat, dan aman. Kali ini, saya akan membahas tentang transaksi lebih cepat, mudah, dan aman dengan payment gateway. Hayo, udah pernah dengar tentang sistem pembayaran atau payment gateway ini?

Mengenal Sistem Pembayaran untuk Transaksi Online Mudah

Meski sistem pembayaran di Indonesia telah berkembang pesat, masih banyak orang yang belum memahami pengertian sistem pembayaran. Padahal, istilah ini sangat dekat dengan aktivitas ekonomi yang biasa dilakukan masyarakat sehari-hari.

Dalam dunia perbankan, sistem pembayaran adalah sistem yang mencakup seperangkat aturan, lembaga, dan mekanisme yang dalam prosesnya terjadi pemindahan dana untuk memenuhi kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi.

Bersamaan dengan lahirnya konsep uang sebagai media pertukaran dalam transaksi barang dan jasa, maka untuk menyelesaikan suatu transaksi sudah tentu memerlukan sistem pembayaran.

Secara umum, sistem pembayaran terbagi menjadi dua, yaitu sistem pembayaran tunai dan nontunai. Dalam sistem pembayaran tunai, uang kartal (uang kertas dan logam) menjadi instrumen pembayaran. Sementara itu, dalam sistem pembayaran nontunai, Anda dapat menggunakan instrumen berupa kartu debit maupun kredit, cek, giro, nota debit, dan uang elektronik.

Metode Pembayaran dalam Transaksi Online

Seiring berkembangnya teknologi, jenis transaksi dan sistem pembayaran pun mengalami evolusi. Kehadiran internet di era digital saat ini menjadikan transaksi keuangan jauh lebih mudah. Siapa pun dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja. Kegiatan inilah yang Anda kenal dengan istilah transaksi online.

Pengertian transaksi online adalah transaksi yang dilakukan penjual dan pembeli tanpa adanya pertemuan secara langsung. Dalam transaksi ini, kedua belah pihak melakukan jual beli secara online melalui media internet.

Selain jenis transaksi, metode pembayaran yang digunakan saat ini pun lebih bervariasi. Jika sebelumnya masyarakat lebih sering menggunakan metode pembayaran konvensional, seperti penggunaan uang tunai, wesel, dan giro. Kini masyarakat bisa menggunakan metode pembayaran lain sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari transfer bank, kartu kredit, e-banking, m-banking, virtual account, uang elektronik, sampai pembayaran melalui gerai retail.

Beberapa jenis metode pembayaran tersebut biasanya berlaku untuk transaksi online, baik melalui toko online pribadi maupun e-commerce.

Jika Anda memiliki toko online pribadi, kemudian menjual makanan online, banyaknya metode pembayaran seperti ini tentu jadi tantangan tersendiri. Di satu sisi, Anda perlu mengakomodasi kebutuhan pelanggan dengan menyediakan beragam jenis metode pembayaran.

Namun, di sisi lain, Anda juga tentu perlu mengeluarkan dana lebih untuk membuka beberapa akun rekening bank dan bekerja sama dengan beberapa gerai retail agar dapat memfasilitasi sistem pembayaran di toko Anda.

Payment Gateway untuk Bisnis Anda

Payment gateway adalah sebuah sistem yang berfungsi mengotorisasi pembayaran dari pembeli ke penjual. Toko online maupun e-commerce biasanya menggunakan media transaksi ini agar setiap pembeli dapat menggunakan metode pembayaran yang mereka inginkan dalam setiap transaksi mereka.

Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh jika Anda menggunakan layanan payment gateway, di antaranya:

Tidak Perlu Menyediakan Banyak Rekening

Anda tidak perlu menyediakan banyak rekening dari berbagai bank. Dengan menggunakan fasilitas payment gateway, Anda hanya perlu memiliki satu akun rekening bank karena layanan ini bisa menerima dana transfer dari berbagai rekening. Anda tinggal menerima pembayaran langsung masuk ke rekening Anda.

Tersedia Berbagai Macam Metode Pembayaran

Iya, inilah keistimewaannya karena adanya berbagai macam metode pembayaran. Layanan payment gateway telah menggunakan teknologi canggih yang memungkinkan Anda bisa menerima pembayaran dari pelanggan melalui kartu kredit maupun debit, bank transfer, e-wallet, pembayaran via gerai retail, sampai cicilan tanpa kartu.

Praktis Saat Memproses Banyak Transaksi Online

Anda bisa memproses banyak transaksi. Dengan menggunakan layanan ini, Anda bisa memproses ratusan hingga ribuan transaksi dalam waktu yang sangat singkat. Jadi, tidak perlu khawatir keteteran saat bertransaksi.

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Kepercayaan konsumen pada toko online Anda akan meningkat. Selain bisa melakukan transaksi dengan berbagai macam metode pembayaran, data pelanggan juga akan tersimpan dengan aman karena layanan ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan terintegrasi.

Dari berbagai keuntungan di atas, tersedia pula dashboard pada payment gateway untuk membantu Anda melakukan proses rekonsiliasi penjualan, seperti mengecek data transaksi secara real time.

Anda juga dapat dengan mudah mengetahui detail pelanggan dan metode pembayaran yang sering mereka gunakan, melihat jumlah void (pembatalan), dan refund (pengembalian dana) transaksi. Dengan begitu, Anda juga akan lebih mudah menyusun laporan penjualan.

Cara Kerja Payment Gateway

Umumnya, layanan payment gateway bekerja dengan menjembatani pelanggan dengan penjual atau toko online. Setelah pelanggan membeli sebuah produk atau jasa di toko online, pelanggan akan masuk ke fitur pembayaran. Pada proses inilah pelanggan dapat memilih metode pembayaran yang mereka inginkan.

Setelah itu, sistem payment gateway akan meneruskan informasi tersebut ke prosesor pembayaran dari bank yang digunakan penjual atau toko online. Setelah pembayaran dilakukan, prosesor pembayaran akan meneruskan informasi transaksi yang diterima ke pihak bank terkait (yang digunakan dalam metode pembayaran).

Lalu kalau sudah menerima pembayaran, Anda sebagai pemilik toko online, penjual, sekaligus pemegang kartu akan menerima informasi pembayaran.

Jika tertarik untuk menggunakan layanan payment gateway Indonesia, Anda bisa menggunakan Midtrans, solusi payment gateway terlengkap di Indonesia yang mendukung 24 metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi secara cepat, mudah, dan aman.

Tinggalkan komentar