Belajar itu perlu dilakukan sepanjang hayat agar bisa terus mengikuti perkembangan zaman. Begitulah yang selama ini banyak dikatakan tokoh-tokoh terkenal. Kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya belajar WordPress Developer di Udemy Tempat Belajar Online.

Talent is universal, but opportunities are nit. With access to online learning resources and instruction, anyone, anywhere, can gain skiils and transform their lives in meaningful ways.
– Udemy Course –

Become A WordPress Developer: Unlocking Power with Code

Di awal mulai ngeblog, saya sama seperti yang lain, memulainya dengan blog gratisan. Saya pernah mencoba menggunakan blogspot. Lalu ketika melihat platform WordPress lebih dinamis, saya pun mencoba platform blogging yang satu ini.

Ketika migrasi ke Top Level Domain (TLD), saya yang tak memiliki kemampuan IT lebih mempercayakan prosesnya pada Pewe, pasangan sehidup tak semati saya. Istilahnya, saya tahu beres dan tahu pakai saja.

Setahun terakhir, saya mulai terpikir untuk upgrade skill sendiri. Alasannya, tak selamanya Pewe akan ada bersama saya. Dan jika hal itu terjadi, pastilah saya akan kewalahan untuk mengurus hal-hal teknis terkait blog atau website saya ini.

Jadilah saya berburu materi dan kursus-kursus yang bisa saya ikuti, baik secara online maupun offline. Nah saat inilah saya bertemu dengan Udemy Tempat Belajar Online ini.

Udemy Tempat Belajar Online
Udemy Tempat Belajar Online

Pelajaran pertama yang sama ambil di Udemy Tempat Kursus Online ini adalah tentang Become A WordPress Developer: Unlocking Power with Code. Oke, lihat judulnya saja sudah bikin saya mengernyitkan dahi awalnya. Duh, belajar coding nih. Sementara, saya tak punya pengetahuan apa pun tentang coding.

Dengan tekad kuat ingin tahu, saya tetap melanjutkan belajar hal baru ini. Belajar di Udemy dengan sistem video. Instrukturnya memang menggunakan bahasa Inggris, namun tetap ada terjemahan bahasa Indonesia. Langkah demi langkah membuat website dengan Worpress diajarkan di sini. Kita juga bisa belajar sekaligus mempraktikkan apa yang diajarkan.

Perkenalan Materi

Kesan sulit dan rumit langsung terhapus ketika saya memulai video pertama saya tentang Worpress Developer. Pada tahap awal ini, saya diperkenalkan dengan materi dasar yang perlu saya pelajari dan mengapa hal tersebut diperlukan.

Bahasa pemrograman PHP memang perlu dipelajari, namun kata Brad, instruktor di video, siapa pun yang bahkan tak memiliki pengetahuan tentang PHP tetap bisa mengikuti materi ini. Oke, saya sedikit lega mendengar hal ini. Maka lanjutlah saya belajar.

Udemy Tempat Belajar Online
Perkenalan Materi

Pada perkenalan materi ini, saya akhirnya jadi tahu mengapa saya perlu menginstal WordPress di laptop saya dan apa saja yang selanjutnya akan saya lakukan dengan WordPress tersebut. Bahkan saya jadi tahu beberapa manfaat dasar perlunya Javascript.

Jadi, Javascript diperlukan karena:

  • Berguna untuk menghubungkan elemen-elemen pada website demi memudahkan pencarian.
  • Memberi daya antarmuka dalam interaksi pada website dan pengguna.
  • Membuka dan menutup halaman serta merespons aktivitas di website saat klik tombol atau icon.
  • Membantu berkomunikasi dengan server WordPress secara lebih cepat dan mudah.

Mengenal dan Membuat Dev Environment

Setelah perkenalan materi, video selanjutnya berisi tentang permintaan agar saya menginstal Dev Environmental di laptop saya agar bisa secara lokal. Untuk yang awam seperti saya pastilah bingung ya.

Sebenarnya, dulu saya juga pernah sih lihat Pewe menginstal WordPress yang disebutkan sebagai WordPress Offline, atau WordPress yang bisa diutak-atik tanpa perlu online ke internet. Cuma waktu itu, saya belum benar-benar paham.

Saat belajar di Udemy inilah akhirnya saya paham apa itu WordPress offline yang Pewe sebutkan. Jadi, di video kedua ini saya belajar tentang mengenal dan membuat Dev Environment. Selain itu, saya juga belajar mengapa saya perlu bekerja secara lokal. Hal ini penting untuk dipahami terlebih dahulu sebelum saya masuk ke materi Belajar Coding PHP.

Dev Environment adalah salinan terpisah dari situs web kita yang diinstal di laptop sebagai wadah atau tempat pengembangan awal website. Bisa dianalogikan, Dev Environment ini adalah tempat bermain pribadi untuk bereksperimen terkait pengembangan website menggunakan WordPress.

Sebagai tempat bermain pribadi tentu saja orang lain tak bisa melihat apa yang saya lakukan di sini, bahkan seandainya saya membuat kesalahan maka saya sendiri saja yang mengetahuinya.

Udemy Tempat Belajar Online
Mengenal Dev Environment

Setelah paham tentang WordPress Offline dan WordPress Online, selanjutnya saya belajar tentang bekerja secara lokal, atau bisa disebut juga bekerja secara online dan apa untungnya.

Selama pengembangan situs web berbasis WordPress ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari penambahan elemen halaman di web, penambahan fitur-fitur seperti tombol like di postingan artikel, atau bisa juga penambahan layanan lainnya yang membuat situs web menjadi lebih menarik dan dinamis.

Bekerja secara offline akan memungkinkan kita mengutak-atik sepuasnya. Kita bisa mencoba berbagai trik yang nantinya akan diajarkan di video selanjutnya. Dan karena hanya kita sendiri yang bisa mengakses situs web ini, maka tak perlu takut melakukan kesalahan karena hanya kita sendiri yang akan melihat kesalahan itu. Belajar dari kesalahan juga nantinya akan membuat kita jadi lebih paham.

Bekerja secara offline begini juga tak membuat kita perlu repot-repot mengunggah file demi file baru setiap kali hendak bereksperimen. Kita cukup menyimpan file baru tadi di penyimpanan laptop kita sendiri dulu. Nanti kalau sudah fix dan oke semua, baru unggah sekaligus, sekalian meng-online-kan website yang sudah jadi.

Membuat WordPress Offline

Setelah paham dasar-dasarnya, video masih berlanjut dengan menginstruksikan secara bertahap cara membuat WordPress offline atau Dev Environment tadi. Menginstal WordPress di laptop diperlukan. Namun tidak sesederhana itu untuk bisa menginstal WordPress karena dibutuhkan tools lain, seperti PHP, Apache, dan MySQl.

Agar tak perlu ribet, Brad sang instruktur memberi solusi lain, cukup instal software Local by Flywheel saja, maka kita bisa bekerja dengan WordPress secara offline.

Tahapan untuk membuat wordpress offline ini adalah sebagai berikut:

1. Buka tab baru di browser dan ketik: https://local.getflywheel.com.
2. Klik free download dan unduh software Flywheel

Udemy Tempat Belajar Online
Instal Software Flywheel

3. Masukkan nama, email yang aktif, dan mungkin informasi dasar kita untuk syarat.
4. Selesai unduh, buka folder dan instal software di laptop/komputer.
5. Proses instalasi akan terlihat jalan. Tunggu sampai selesai. Nanti akan muncul tombol: +create new site.
6. Beri nama situs, lanjutkan, dan pilih opsi default yang dikehendaki.
7. Masuk ke setup WordPress untuk memasukkan username, password yang mudah diingat, dan email. Jika sudah, langsung Next, dan save.
8. Local site telah jadi.

Udemy Tempat Belajar Online
Tahapan Instalasi Dev Environment

9. Jalankan site baru ini. Jika hendak melihat site, klik: view site.
10. Jika ingin masuk ke dashboard tinggal tambahkan: alamat situs/wp-admin.
11. Waktu untuk pelajaran hari ini selesai. Untuk close aplikasi maka tinggal matikan site, lalu close semuanya.
12. Di kemudian hari jika hendak melanjutkan maka tinggal buka lagi software Flywheel, lalu klik di pojok kanan atas, start site. Kita bisa langsung mengutak-atik situs web itu lagi.

Udemy Tempat Belajar Online

Saya memilih belajar di Udemy karena banyak pilihan materi yang bisa dipilih dan dipelajari. Karena sistemnya online dan berupa video, saya bisa belajar dari mana saja dan kapan saja.

Udemy Tempat Belajar Online
Pilihan Topik Kursus di Udemy

Untuk membeli paket kursus di Udemy juga sangat mudah. Pembayaran bisa dengan mata uang rupiah, meski kita membeli paket dengan instruktur dari luar negeri. Kita tinggal masuk saja ke udemy.com, lalu pilih kursus apa yang hendak dipelajari. Masukkan ke keranjang. Check out. Lalu lakukan pembayaran. Proses pembayarannya mudah lho, bisa transfer bank, atau bisa juga membayar melalui Alfamart dan Indomaret.

Udemy Tempat Belajar Online
Cara Beli Kursus di Udemy

Setelah proses pembelian berhasil, maka kursus yang sudah dibeli akan masuk di folder Kursus Saya yang ada di akun Udemy milik kita. Belajar di Udemy ini tak perlu sekali duduk dan harus selesai semua. Kita bisa belajar di sela waktu luang yang kita punya.

Jika pada satu video yang waktunya kurang lebih 40 menit, lalu di menit ke-20 kita berhenti karena ada hal lain yang perlu dilakukan. Berhenti saja. Nanti kalau mau melanjutkan belajar, video akan langsung dimulai di menit ke-20. Atau kalau mau mengulang dari menit pertama pun tak masalah.

Udemy Tempat Belajar Online
Halaman Kursus Saya di Akun Udemy

Kursus di Udemy yang saya ikuti hari ini belumlah selesai. Materinya masih banyak sekali. Saya akan coba satu persatu mempelajari tiap video sambil mempraktikkannya. Coba lihat saja dari daftar berikut, masih ada banyak materi tentang WordPress ini yang mesti saya pelajari.

Di tulisan saya berikutnya, saya akan mencoba berbagi lagi ilmu yang sudah saya dapatkan ya. Atau kalian bisa langsung coba sendiri saja ikutan kursus di Udemy Tempat Belajar Online ini.

Beberapa manfaat yang saya dapatkan dari mengikuti kursus online di Udemy, antara lain:

  1. Banyak pilihan topik yang bisa saya pelajari dengan guru-guru terbaik di bidangnya dan berasal dari berbagai negara.
  2. Satu materi ilmu bisa punya banyak kurikulum dan sudut pandang sehingga bisa memperkaya pengetahuan kita juga.
  3. Sebelum memutuskan hendak mempelajari suatu bidang atau kursus tertentu, kita bisa melihat terlebih dahulu kurikulum dan apa saja yang akan dipelajari. Nah, menentukan pilihan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita.
  4. Satu kali bayar bisa untuk seumur hidup. Contohnya nih, untuk menjadi WordPress Developer tadi, saya bisa belajar kapan saja dan berkali-kali sampai mengerti. Artinya, seumur hidup, materi video ini akan ada di akun kita. Untuk saat ini, saya sudah punya materi kursus yang akan saya pelajari bertahap.
  5. Untuk yang mau belajar secara offline, tinggal unduh saja aplikasi Udemy.

Udemy Tempat Kursus Online ini menurut saya bisa jadi solusi bagi siapa pun yang ingin belajar, menambah pengetahuan, upgrade skill, atau menjadi lebih profesional dan mumpuni di bidang tertentu. Selamat mencoba dan belajar ya.

1,705 total views, 76 views today

30 COMMENTS

  1. Eksklusif ya belajar via Udemy karena bisa kasih source kebutuhan kita hanya dengan tinggal klik dan beli bisa kursus via aplikasi pula

  2. Untunglah zaman sekarang semua serba dimudahkan untuk belajar, asal kitanya niat aja yah mbak.
    Udemy ini solusi tepat sih buat para ibu-ibu model aku yang suka susah keluar rumah karena dibuntutin anak-anak terus hehehe.

  3. Ingin belajar membangun blog wordpress juga, karena hingga saat ini masih numpang di WP.
    Belum berani Self-Hosted karena takut ribet nge-handle-nya.
    Ternyata di Udemy bisa belajar dasar2 membangun blog wp ya. Jadi penasaran.

  4. Sekarang mau belajar apa saja lebih mudah ya. Aku kepikiran juga buat belajar coding, minimal buat bantu diri sendiri soal otak atik blog. Belajar di Udemy bisa banget ya

  5. Kagum sama kak Monic yang terus belajar sepanjang hayat, padahal uda ada kak PeWe.
    Dan ini yang jadi bekel kalo kak Monic ditanya-tanyain masalah teknis sama kita-kita yaa, kak..
    Terus jadi kak Monic yang ramah yaa, kak..
    Hehhe…
    Dan Udemy menyalurkan passion kak Monic dengan baik.

  6. Baca dari blog siapa gitu ya kemarin tentang Udemy ini. Saya jadi penasaran terutama ingin belajar java script dan coding di blog. Banyak settingan blog saya yang butuh perubahan pada coding jadi harus tahu darimana dan bagaimana mengubahnya.

  7. Belajar online di udemy ini asyik sekali ya mba tutorialnya juga lengkap dan banyak bgt jenis kursus2 di dalamnya, saya jadi ketagihan belajar di udemy 🙂

  8. Tempat belajar online sekarang jadi makin banyak pilihan dan bagus bagus pula ya mba. Aku baru tahu nih mba soal Udemy ini. Dan kalau skarang baca tulisan ini jadi dapat banyak informasi. Kayaknya aku harus sering baca baca ini euy 🙂

  9. WordPress bagi saya sulit karena gaptek habis. Dulu pernah punya dan dibikinkan oleh teman, tetapi gara-gara salah klik malah mendadak akun hilang dan bingung, bikin lagi karena kirain kenapa. Pas selesai dan tak sengaja buka-buka fitur, akun lama nongol. Duh.
    Sepertinya yang ingin belajar blog harus ke Udemy, lebih terpandu dan memudahkan kita. Jangan sampai kasus konyol saya terulang.
    Saya lupa sandi masuk akun WP lama gara-gara lupa sandi masuk akun yahoo lama saya, hi hi. Gak bisa ngoprel lagi. Harus bikin akun baru lagi.

  10. Penasaran di Udemy ini selain kursus develop web ada kursus apa lagi ya? Apa ada kursus bahasa gtu atau kursus yang ibuk2 banget kyk cooking, baking hehe. Coba ah kepoin websitenya Udemy, enak kalau belajar online ya, gk perlu datang ke lokasi kursus dan efisien dlm hal waktu

  11. Duh, seriusan ini, baca Udemy bikin aku kepengen ikut kursus online. Biar nambah skill. Supaya gak cepet tua dan gak kudet. Ke tekape deh kepengen tahu lebih lanjutnya.

  12. Aih kerennya bisa belajar dengan Udemy
    Bisa makin expert dalan dunia perblogan kalau bisa update terus perkembangan dunia blog

  13. Ini belum selesai ya mbak? wah belum selesai aja sudah banyak gini ya mbak.. apalagi kalo sudah selesai.. panjangnya… aku menunggu dengan setia lanjutan kursus online ini ya mbak.. sangat menarik, karena saya tidak pernah kursus online sebelumnya

  14. wahh, aku baru tau nih ada kursus online ini. Jadi bisa ikut kursus dimana aja ya, mbak. Terus harganya juga cukup terjangkau ya.
    Pilihan kelas kursusnya juga banyak ya, mbak 🙂

  15. Ga pake basa-basi aku langsung ceki-ceki udemy ini tau kak, daaaannn emang banyak kursus yang aku pengenin ternyata, makasih infonya ya kak

  16. keren sekali kakak Monica ini ya, bisa menyempatkan diri upgrade skill dengan kursus online. Apalagi kursus onlinenya Udemy terpercaya banget lho untuk menambah ilmu, aku aja lagi belajar juga di Udemy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here