Penting tidak sih insurance travel saat traveling, terutama di masa new normal begini? Hmmm… Traveling menjadi salah satu kegiatan yang harus ada jadwalnya di agenda.

Dalam jurnal kami, aku dan Pewe, biasanya lengkap dengan catatan itinerary, biaya, akomodasi, dan cadangan dana setiap punya rencana mau traveling. Jangan sampai kan di tengah-tengah liburan kehabisan dana. Belum lagi kalau ada apa-apa. Nah, kalau sudah begini, mungkin memang perlu ya insurance travel untuk traveling bebas cemas di masa new normal.

Tips Traveling Bebas Cemas di Masa New Normal dengan Insurance Travel

Terakhir kami ke Bandung itu bulan Maret. Sebelum berangkat, kami sudah membuat persiapan sedemikian rupa, apalagi ada aplikasi Traveloka yang memang lengkap banget fiturnya untuk memenuhi kebutuhan akan liburan yang nyaman dan menyenangkan.

Berikut ini beberapa tips traveling bebas cemas yang kami lakukan sebelum pergi liburan:

Transportasi

Menentukan mau jalan-jalan naik apa, itu mesti diskusi panjang kali lebar sih antara aku sama Pewe, apalagi saat ini masih masa pandemi. Maka kemarin karena kami memutuskan untuk traveling naik motor, maka masalah transportasi tinggal hitung jarak dan biaya bensin.

Akomodasi

Kami awalnya hanya berencana menginap di Bandung 2-3 hari saja. Menggunakan aplikasi Traveloka, kami melakukan pemesanan hotel duluan, melakukan pembayaran akomodasi saat kami masih di rumah, dan begitu tiba di Bandung ya tinggal check-in saja.

Ternyata liburan singkat itu berubah jadi liburan panjang. Hampir seminggu kami kelayapan dan tak pulang-pulang. Lagi-lagi kemudahan menggunakan aplikasi Traveloka banyak membantu kami mengatur schedule yang berubah dadakan.

Itinerary dan Kuliner

Hmm… untuk tujuan wisata yang hendak dituju tidak terlalu banyak karena ke Bandung niatnya dari awal mau meeting tim dan kerja bareng saja. Jadi kami tidak membuat itinerary lengkap seperti waktu kami liburan ke Bali.

Sebaliknya, kalau niatnya benar-benar liburan, maka destinasi wisata yang mau dituju mesti disusun daftarnya, termasuk biayanya, jadi selama traveling tinggal jalan tanpa bingung mau ke mana lagi.

Ini nih yang gawat. Kalau masalah makan, aku kan picky banget. Beda sama Pewe yang pemakan segala. Akibatnya, biaya makan ini mesti ada perhitungan dana lain-lain (dana yang bisa dipakai kalau aku tidak berminat makan A, tapi maunya makan B yang harganya beda jauh… hahaha).

Dan dalam penyusunan rencana, baik itinerary, tempat nongkrong di Bandung, maupun kuliner Bandung, tinggal dilihatnya di aplikasi Traveloka. Semua ada di sana dan bisa dijadikan referensi.

Dana Cadangan dan Perlindungan Tambahan

Ada satu masa saat aku dan Pewe pengen banget liburan ke Penang. Hitung punya hitung, dana di tangan benar-benar ngepas di tangan (ini setelah bikin rencana dan budgeting).

Meski hotel dan tiket pesawat jelas bisa dipesan duluan sejak kami masih di Jakarta, tetap saja jumlah dana cadangan yang tidak sesuai harapan membuat kami ngeri untuk tetap berangkat.

Akhirnya, traveling ke Penang tertunda dong. Baru bulan Desember 2019 kami akhirnya berangkat liburan ke Penang.

Kalau sekarang bagaimana? Pandemi memang masih ada dan mau tak mau saya dan Pewe kan juga menerapkan kebiasaan baru di masa new normal ini. Persiapan traveling supaya tetap nyaman, menyenangkan, dan bebas cemas di masa new normal harus dilakukan dengan lebih detail.

Satu lagi yang penting selain ketersediaan dana cadangan, yaitu harus ada perlindungan tambahan berupa travel insurance. Kali ini, kami sepakat untuk menggunakan Traveloka insurance travel untuk liburan berikutnya yang akan kami laksanakan dalam waktu dekat.

Traveloka Insurance Travel untuk Traveling Bebas Cemas di Masa New Normal

Apa sih Traveloka insurance travel? Traveloka insurance travel adalah perlindungan tambahan dalam bentuk asuransi perjalanan yang bisa memberi perlindungan penuh selama kita bepergian.

Bekerja sama dengan PT Chubb General Insurance, Traveloka memberikan jaminan ganti rugi sesuai syarat dan ketentuan. Ada 4 jenis perlindungan yang ditawarkan dan bisa dipilih sesuai kebutuhan dengan plan & manfaat yang lengkap.

1. Penerbangan

Untuk plan penerbangan ada pilihan plan domestik dan plan internasional. Perlindungannya berupa kecelakaan diri, pembatalan perjalanan oleh penumpang, tertinggal penerbangan lanjutan, keterlambatan penerbangan, dan keterlambatan bagasi.

2. Kereta Api

Untuk plan kereta api ini terbagi menjadi tiga, plan ekonomi untuk kelas ekonomi, plan bisnis, dan plan eksekutif. Insurance travel ini memberi perlindungan untuk kehilangan barang, kecelakaan diri, biaya pengobatan akibat kecelakaan, dan pembatalan penumpang.

3. Penginapan

Plan untuk penginapan terbagi menjadi dua, sama seperti asuransi perjalanan untuk penggunaan pesawat terbang, yaitu plan domestik dan plan internasional.

Perlindungan dan manfaatnya meliputi pembatalan oleh tamu menginap, kehilangan reservasi kamar, kecelakaan diri (di area penginapan, dan kehilangan atau kerusakan bagasi yang terjadi di area penginapan.

4. Bagasi

Plan terakhir ini istimewa nih karena khusus perlindungan untuk bagasi yang manfaatnya akan berlaku kalau terjadi kerusakan dan / atau kehilangan bagasi terdaftar.

Keunggulan Menggunakan Insurance Travel dari Traveloka

Kalau ditanya keuntungan menggunakan insurance travel ya jelas ada yang namanya perlindungan tambahan, mengingat dalam perjalanan bisa terjadi macam-macam yang tak terduga dan jelas tidak kita inginkan.

Adanya perlindungan tambahan tentu saja akan menghilangkan kecemasan juga dan hati lebih tenang. Yah walaupun siapa sih yang mau terjadi musibah. Pastinya saat jalan-jalan maunya aman, nyaman, dan menyenangkan.

Meski begitu, beberapa keunggalan insurance travel yang dimiliki Traveloka inilah yang akhirnya membuat saya memutuskan untuk menggunakannya.

1. Proses Pendaftaran Cepat dan Mudah

Tinggal masuk ke akun Traveloka, lalu tab atau klik bagian Asuransi, pilih Asuransi Perjalanan, langsung deh pilih insurance travel sesuai kebutuhan kita.

2. Biaya untuk Pembelian Produk Insurance Travel Kecil, Benefit Besar

Iya, benar. Intip saja langsung ke aplikasi atau website Traveloka, kemudian masuk ke bagian insurance travel. Harganya amat sangat terjangkau, malah ada yang lebih murah dari biaya nongkrong di kafe lho.

Dengan biaya terjangkau begitu, kita bisa mendapatkan perlindungan dengan nilai nominal yang besar. Manfaatnya juga oke banget. Misalnya kita harusnya terbang ke tempat tujuan pada hari H.

Karena sekarang sedang masa new normal dan ada aturan khusus antigen sebelum naik pesawat. Lalu hasil tes ternyata positif yang otomatis membuat kamu tidak bisa terbang. Nah, kamu bisa melakukan pembatalan penerbangan dan mendapatkan ganti rugi kalau punya insurance travel ini.

3. Pilihan Jenis Insurance Travel yang Lengkap dan Plan Sesuai Kebutuhan

Di Traveloka insurance travel ini seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya, ada cukup banyak jenis dan plan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Maka tinggal pilih saja yang mana, mau bayar dengan biaya berapa, bahkan pembatalan yang dilakukan kita, bukan dilakukan maskapai, bisa kita klaim kok. Ini juga berlaku untuk penginapan, atau perlindungan atas keamanan barang bawaan.

Sekarang sudah pada tahu kan kenapa perlu insurance kalau pergi jalan-jalan atau traveling? Apalagi sekarang lagi pandemi begini. Udahlah ya, percayakan saja ke Traveloka Insurance Travel untuk Traveling Bebas Cemas di Masa New Normal.

 705 total views,  2 views today

19 KOMENTAR

  1. Banyak half yang tak terduga dan di luar rencana kita. Saatnya proteksi diri, barang yang kita bawa dengan insurance travelling

  2. Buat traveler penting banget nih asuransi travel, bikin traveling tambah tenang karena ada proteksi. Makasih sharing artikelnya ya, Mba.

  3. waa terima kasih infonya yaaa, ngomongin travelling tu jadi kangen banget jalan jalan huhuhu, berharap kondisi ini bisa segera berlalu yaaa, biar bisa bebas jalan jalan lagi hehehe

  4. Ahh, penting banget asuransi traveling ini, apalagi disediakan oleh Traveloka yang tetep memberikan traveling anti cemas di masa pandemi gini ya.

    Jadi makin berasa dilindungi, aman dan nyaman deh pikniknya.

  5. menurutku asuransi perjalanan penting mbak. kita kan ga tahu yang akan terjadi di masa depan ya, bisa aja, sekarnag berangkat besok eh ada kejadian yang tidak diinginka, amit amit sih yaa. tapi proteksi itu penting menurutku dan bawa duit cadangan juga penting kalau ada keperluan mendesak. biar ga terlunta lunta di jalan hehe

  6. Terakhir travelling itu 2 bulan lalu, booking hotel & kereta pake traveloka juga. Alhamdulillah dapat hotel yg bener2 bagus. Tapi selama perjalanan masih serba buru2, serba curiga, serba hati2 dll. Semoga bisa kembali ke masa travelling nyaman. Gpp prokes macam2 asal angka terpapar sudah rendah spy masih bisa menikmati. Apalagi ada proteksi asuransi, biar tambah tenang.

  7. Perjalanan maunya semua berjalanan lancar, apalagi yang tujuannya memang traveling murni ya mba. Kalau budget utk makan dllnya umumnya sudah direncanakan matang, yg sering terlupakan ini memang asuransi selama perjalanan ini. Padahal ini penting banget, buat jaga2 utk hal2 yg diluar rencana. Keren, Traveloka lengkap semua urusan traveling.

  8. Masa new normal ini memang harus lebih banyak yang diperhatikan, ya Mbak. Dulu waktu ada seminar seputar traveling, narasumbernya bahas tentang asuransi perjalanan, rasanya aku B aja karena memang jarang traveling jauh-jauh. Sekarang tinggal di luar pulau terlebih pandemi, jadi ngerasa penting juga untuk daftar asuransi perjalanan, meskipun perjalanan kami sekadar mudik, belum traveling ke mana-mana.

  9. Aku juga ngerasa sih kalau insurance travel ini penting apalagi jika suka bepergian. Kita gak tahu kan di daerah tempat kita tuju bakal gimana. Bukan doa jelek, tapi buat jaga-jaga saja

  10. mantap mba dari yang 2-3 hari jadi molor seminggu ya, hihi.. itulah kalau ada kerjaan jadi ya wajar.. untung ada Traveloka yang lengkap bantu kebutuhan-kebutuhan ya mba. Pernah denger juga dari temen kalau jalan-jalan pake asuransi gitu biar tenang. Mungkin kelak nanti saya juga harus pake itu biar tenang ^^

  11. Insurance travel ini hanya saat sedang melakukan perjalanan kan yaa, kak Monic…untuk pembayarannya?
    Apa seperti asuransi kesehatan yang kudu dibayar setiap bulan?
    Kebayang persiapan matang kak Monic seperti ini, nanti pandemi mereda, segera tenteng koper lagi.
    Cihuuy~

  12. Setuju dengan dana cadangan karena pernah mengalami saat perjalanan Thailand menuju KL salah tanggal pesawat dong dan di KL sudah ngebooking hotel … wah kan sesuatu harus beli tiket mendadak ..hikmahnya jadi pernah merasakan naik pesawat fist class deh hahaha…..

  13. perlu banget sih ini insurance travel karena kalo diperjalanan tuh pasti banyak banget hal tak terduga. keren nih traveloka makin lengkap aja fiturnya

  14. Makin mudah ya mba sekarang kalau mau bikin asuransi perjalanan. Untuk urus akomodasi, transportasi dan asuransi kita bisa langsung apply di Traveloka. Udah ga usah ribet-ribet lagi pokoknya lah. Mana bayarnya juga sangat terjangkau asuransinya. Kemarin aku udah nengok di aplikasi, mulai dari 30 ribuan udah dapet.

  15. Untuk yang suka jalan-jalan memang perlu sekali memiliki insurance travel, karena kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi saat dalam perjalanan. Wah sekarang Traveloka ada asuransi juga, semakin lengkap fiturnya

  16. ah iya banget nih.. zaman sekarang proteksi jadi penting banget yaa mba terutama kalau bepergian. gimana2 juga kita pengen jalan2 tapi tetap sehat dan terjaga dari virus2 membahayakan

  17. Aku kalo mau kemana2 terutama kalo bolak balik pulkam naik kereta api juga langganan pake traveloka kak. Memang benar, insurance travel itu penting banget. Apalagi di traveloka jg gak mahal kan, kalo ada apa2 jd kecover deh ama insurance travel. Traveling jadi nyaman deh. 😇

  18. sejak sebelum pandemi, aku selalu pakai asuransi perjalanan kalau sedang beergian, terutama ke luar negeri. Terbantu sekali memang,, pernah koperku stranded dan aku diberi uang untuk beli baju sementar sambil tgg koper tiba.

  19. Kita tidak tau apa yang akan terjadi saat kita traveling, jaga-jaga boleh saja untuk perlindungan diri ketika dalam perjalanan. Bisa dipertimbangkan nih mbak kalau suatu hari nanti pandemi usai jalan-jalan dengan bekal asuransi traveling. Mimpi aja dulu hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here