Walaupun sekadar staycation, Bandung bisa menjadi pilihan untuk kamu dan keluarga menghabiskan waktu libur. Bagi kamu yang berencana melakukan staycation di Bandung untuk beberapa hari, kamu bisa menerapkan tips memilih hotel untuk staycation yang saya tuliskan pada artikel kali ini.

6 Tips Memilih Hotel untuk Staycation Sekeluarga di Bandung

Berikut ini adalah 6 tips memilih hotel untuk staycation di Bandung. Semua tips ini kami sajikan untuk kamu yang ingin suasana baru saat liburan, agar pikiran kembali segar untuk bekerja.

Lokasi Hotel Jauh dari Kebisingan

Letak atau lokasi hotel sangat penting untuk staycation kamu dan keluarga. Supaya kalian bisa mendapatkan suasana yang baru, sebaiknya pilih tempat yang jauh dari kebisingan. Kamu juga bisa memilih hotel yang letaknya tidak dekat dengan jalan besar.

Area Lembang bisa kamu jadikan patokan untuk letak hotel yang kamu inginkan. Lembang memang sejuk dan tidak terlalu bising jika dibandingkan dengan kota Bandung. Di sini kamu bisa menikmati staycation bersama keluarga di lokasi yang asri dan jauh dari kebisingan kota.

Kalau kamu tidak mau terlalu jauh ke Lembang, kamu bisa menemukan hotel yang tidak menyatu dengan lalu lintas. Kamu bisa coba mencari di area Dago Pakar atau Ciumbuleuit. Di sini kamu masih bisa mencari hotel dengan pemandangan alam yang asri.

Perhitungkan Kebutuhan Kamar

Hal penting selanjutnya adalah memperhitungkan kebutuhan kamar. Berapa orang yang akan ikut staycation Bandung, serta siapa saja yang ikut menentukan kebutuhan kamar nanti.

Banyak hotel yang menyediakan kamar keluarga, jadi bisa memuat 3 orang dalam satu kamar. Jadi misalnya kamu sudah berkeluarga dan si buah hati masih di usia anak-anak, kamu bisa memesan kamar ini. Buatlah pengaturan tidur, siapa yang bisa sekamar, supaya kamu bisa menentukan kebutuhan kamar dengan mudah.

Supaya kamu mendapatkan gambaran mengenai kamar yang akan ditempati, kamu bisa cek foto-fotonya. Aplikasi perjalanan seperti Traveloka menyediakan foto-foto agar kamu mengetahui model kamar yang akan kamu pesan.

Fasilitas Hotel

Pastinya kamu membutuhkan fasilitas yang memadai untuk staycation. Kamu bisa mencari hotel yang memiliki kolam renang, pusat kebugaran, atau area untuk kegiatan outdoor. Dengan demikian kamu dan keluarga tidak akan merasa bosan walaupun harus berada di area hotel selama beberapa hari.

Kamu bisa cek dan bandingkan fasilitas hotel di aplikasi atau situs perjalanan seperti Traveloka dengan mudah.

Membandingkan secara online memungkinkan kamu untuk mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan dengan cepat. Kamu juga bisa menunjukkan pada keluarga foto-foto dan informasi hotel yang tertera di halaman hotel.

Area Hotel Cocok untuk Anak-Anak

Kalau kamu ingin staycation bersama buah hati, kamu bisa memilih hotel yang memiliki fasilitas untuk anak-anak. Jadi, anak-anak tetap bisa bersenang-senang walaupun hanya berada di area hotel selama beberapa hari.

Fasilitas untuk anak-anak misalnya kolam renang dangkal yang bisa mereka gunakan. Selain itu juga beberapa hotel memiliki area kegiatan outdoor yang bisa diikuti anak-anak, seperti taman bermain. Kamu juga bisa mencari hotel yang memiliki pemandangan asri, agar kamu bisa mengajak si buah hati untuk menikmati pemandangan selama staycation.

Kegiatan Outdoor

Saat melakukan perbandingan hotel, kamu bisa melihat kira-kira kegiatan outdoor apa yang bisa dilakukan. Ada beberapa hotel yang menyediakan fasilitas untuk kegiatan outdoor, seperti berenang atau tempat yoga. Namun, walaupun hotel yang kamu pesan tidak memiliki fasilitas ini, kamu tetap bisa melakukan kegiatan lain di luar hotel.

Jika kamu memesan hotel yang terletak di area yang asri, kamu bisa jalan-jalan di area sekitar hotel untuk menikmati pemandangan. Selain itu, di area hotel pasti ada spot cantik dan bagus untuk foto-foto.

Alternatif lain, kamu juga bisa mengunjungi destinasi wisata yang terletak di sekitar hotel. Kamu bisa mendapatkan informasi tentang area wisata terdekat ini saat membandingkan hotel secara online.

Kamu pun bisa melihat peta dari Google Map untuk mengetahui area wisata apa yang jaraknya tidak terlalu jauh dari hotel. Tentu saja kamu bisa melakukan kegiatan outdoor di tempat wisata dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Akses ke Restoran

Walaupun di hotel ada restoran, tapi liburanmu pasti lebih berkesan kalau bisa mencicipi hidangan khas Kota Kembang. Kamu bisa cek lokasi restoran atau warung terdekat yang bisa kamu kunjungi. Walaupun kamu tidak makan langsung di tempatnya, kamu tetap bisa membawanya untuk dimakan di hotel.

Selain itu, adanya restoran atau warung terdekat bisa menghemat biaya staycation. Hal ini karena kamu tidak harus memesan layanan kamar atau makan di restoran hotel terus menerus yang pastinya lebih mahal. Kamu dan keluarga pun bisa berganti-ganti menu makanan selama staycation.

Jika letak restoran cukup jauh dari hotel, kamu bisa menggunakan jasa pesan antar. Layanan ini tersedia di seluruh kota Bandung, jadi kamu tidak perlu keluar hotel untuk membeli makanan.

Ikuti 6 tips ini untuk kenyamanan staycationmu bersama keluarga. Dengan memperhatikan tips ini, kamu tidak perlu takut keluargamu akan bosan selama liburan. Bahkan anak-anak pun tetap bisa menikmati liburan walaupun hanya berada di area hotel. Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku selama berada di hotel atau saat berkunjung ke area wisata.

Pesan hotel untuk staycation di Bandung lebih mudah menggunakan Traveloka. Selain pilihannya banyak, kamu bisa mendapatkan semua informasi penting sehingga memudahkanmu saat melakukan perbandingan. Jadi kamu bisa merencanakan staycation dengan lebih mudah.

 520 total views,  5 views today

21 KOMENTAR

  1. duh aku dah kangen staycation nih mba, 2 tahun ga kemana2 hahaa soalnya liburan terakhir tuh desember 2019, mungkin kapan2 aku mau beraniin diri buat staycation hehehee

  2. Ya ampun mbaa
    kok aku pengin pinjam pintu Doraemon dan langsung cuss ke BDG yhaa
    Soale, di BDG banyaakk destinasi yg mau aku samperin.
    pastinya sekalian staycation di aneka hotel cantik, kece, menarik yg udah aku tandain sejak dulu kalaaaa

  3. Staycation untuk melepas penat sejenak dari rutinitas harian, nginap di Bandung, di lokasi yg bikin happy sekeluarga boleh banget ini. Biar lancar, harus direncanakan dulu dgn Traveloka, siaaaap.

  4. Saya kalau ke Bandung nggak mau staycation, mbak, maunya jalan-jalan sama kulineran wkwk. Hawanya sejuk, kotanya menyenangkan.
    Kalau pingin staycation ya di Surabaya aja yang udah biasa ditinggali. Mungkin kalau orang Bandung ke Surabaya maunya juga jalan-jalan sama kulineran

  5. Memilih fasilitas hotel sesuai dengan keinginan dan kebutuhan itu memang penting ya, Mbak. Pastinya sih lebih memilih hotel yang lokasinya strategis. Setuju banget dengan tips memilih hotel yang ada di Bandung ini.

  6. Iya niih…
    Kalau di Lembang, akses ke tempat wisata deket, tapi kuliner yang legend-legendnya Bandung, engga dapet.
    Kudunya stay cation di Bandung 1 bulan. Jadi bisa menikmati suasana menginap yang berbeda-beda setiap seminggu sekali.
    Selain Lembang juga ada villa di dan hotel di Dago atas.

  7. buka traveloka memilih hotel tuh nggak ada abisnya semua lokasinya keren, dan pengen dicoba semua. Ke Bandung baru sekali pas bloggerday, ketemu mba Monic dan mas Pewe juga di sana. Hepinya.

  8. Lembang emang cukup sejuk, ya, Mbak. Duhh, jadi kangen liburan ke Lembang lagi.

    Zaman sekarang mau bandingin harga dan fasilitas hotel mah enak banget. Tinggal buka satu aplikasi seperti Traveloka itu, ya. Riset dulu sebelum staycation biar nggak nyesel. Hehe.

  9. hampir sama sih pilihan saya juga dengan memperhatikan pilihan anak-anak. Biasanya lebih memilih kamar yang luas dan fasilitas bermain anak dan area outdoornya nyaman buat keluarga

  10. Aahh..kapan ya bisa staycation, pingin banget yang bisa berkegiatan outdoor untuk anak, kasian udah lama banget di rumah aja

  11. Berhubung anak-anakku udah gede, malah sukanya minta nginep di hotel yang dekat jalan raya hehehe.. biar gampang klo mau pindah hangout kemana-mana gtu katanya mba. Klo untuk istirahat dengan keluarga memang sebenarnya cocok yang tenang gitu yaaa..

  12. No 1 kalau aku emang kudu ramah anak hotelnya hehe, soalnya kalau ke mana2 masih bawa rombongan krucil 😀
    Apalagi kalau ada kolam renangnya, anak2 pasti hepi.
    Kalau bisa ada playgroundnya juga 😀
    Kangen banget staycation, ke bandung terakhir kapan yaa 2017-2018 gtu. Sekarang msh blum berani ke sana huhu.

  13. Kangen ke Bandung, sejak pandemi jadi gak bisa kemana-mana dulu nih mbak. Biasanya aku memilih fasilitas hotel yang ada kolam renangnya kalau untuk staycation. Kalau di Bandung enaknya bisa sekalian kulineran yang dekat-dekat hotel ya mbak Mon. Biasanya kadang aku ga pakai sarapan hotel biar bisa kulineran di luar

  14. Setuju banget ni kalau liburan rombongan sekeluarga memang kudu cek kegiatan outdoor dan juga nyari yg deketan wisata kuliner ya…. Biar ga mati gaya….

  15. karena anak saya banyak saya selalu memilih family room sekalian aja soalnya mereka selalu pingin ngumpul bareng. Beda kamar malah bulak balik mulu ke kamar saya hehe….

  16. ya ampun, baru aja suami ngajak ke bandung untuk stay cation tipis tipis setelah PPKM Selesai nanti, ehh ulasannya lengkap banget di blog mba monic, makasih ya mba

  17. Ya Allah, jadi kangen Bandung. Terakhir ke sana Desember 2019 waktu main ke Lembang. Salah kami, nginepnya malah di Dago. Meski udah berangkat pagi-pagi menuju Lembang, tetap aja dong kena macet. 😂

    Besok-besok lagi memang mendingan nginep di Lembang langsung, yaa..

  18. Saya kalau wisata dan cari hotel yg dekat dsngan kuliner mbak. Jadi enggak repot kalau cari makanan enak di sekitar hotel.

  19. iya nih kudu memperhatikan kebutuhan kamar. Aku sekeluarga aja minimal butuh 2 kamar karena anak dah gede gede. Tapi sementara main yang deket deket dulu, semoga pandemi segera usai dan punya rejeki banyak biar bisa main ke Bandung..

  20. akk, baru aja tadi sore aku nanya sama suami, “pah, bandung zona apa ya sekarang?” hihi, kode sih sebenernya.. udah kangen nih pengen staycation, jalan2 dan kuliner xD makasih ya rekomendasi hotelnya mba <3

  21. Baca ini jadi tiba-tiba pengen staycation nih mbak hohoho. Sejak ada bayi, pikir2 juga mau ke hotel karena udah nggak bisa pake kamar yg mungil2 hahaha, semoga segera membaik ya pandemi ini, kangen liburan ih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here