Semakin berkembangnya dunia teknologi, tentu membuat seluruh kegiatan aktivitas banyak mengalami perubahan termasuk dalam menjalankan sebuah bisnis. Kini mulai banyak sekali bisnis yang sudah dilakukan secara online melalui situs website.

Hal itu pun juga berdampak pada kenaikan laba serta kualitas merek. Oleh sebab itu, berikut ini deretan alasan penting mengapa harus memiliki website untuk kamu yang sedang menjalankan sebuah bisnis.

Alasan penting mengapa harus memiliki website

Penjelasan singkat tentang website

Website atau sebuah situs web adalah kumpulan halaman yang dapat diakses oleh publik. Dan website ini juga saling terkait dengan nama domain. Situs web dapat dibuat dan dikelola oleh individu, kelompok, bisnis, maupun sebuah organisasi untuk melayani berbagai tujuan. Semua situs web yang dapat diakses publik akan membentuk World Wide Web.

Kemudian untuk domain sendiri adalah sebuah nama yang wajib kamu ketik untuk dapat mengakses ke sebuah situs website. Tentunya ada berbagai nama domain yang sudah disediakan, tetapi umumnya banyak orang menggunakan .com, .co.id, .org, .net, dan lainnya. Kamu bisa beli domain .com murah hanya di DomaiNesia.

Pentingnya memiliki website

Saat ini penggunaan website untuk menjalankan sebuah bisnis menjadi salah satu aspek paling penting. Dan berikut ini beberapa alasan mengapa harus memiliki website:

1. Kredibilitas

Bagi kamu yang memiliki usaha bisnis, situs web menjadi kunci penting untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan. Kemungkinan akan ada beberapa perusahaan yang menawarkan layanan atau barang serupa dengan bisnis milikmu. Oleh karena itu, salah satu cara agar dapat tetap menonjol adalah dengan memiliki situs web yang terlihat bagus serta mampu mengomunikasikan informasi berkualitas secara jelas kepada konsumen.

Tanpa situs web, orang mungkin mempertanyakan legitimasi perusahaanmu. Memiliki situs web adalah peluang untuk membuat kesan pertama yang baik dan memberikan kenyamanan kepada orang-orang bahwa bisnis yang kamu tawarkan nyata.

2. Kualitas merek

Menampilkan merek bisnis kepada calon pelanggan adalah salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan. Memperlihatkan dan memberikan informasi lengkap dengan jelas barang atau jasa yang kamu tawarkan, dapat meningkatkan peluang pelanggan membeli dari perusahaanmu.

Ini juga sesuatu yang dapat membedakan kamu dari pesaing. Tanpa adanya situs web, bisnis kamu memiliki risiko kurang banyak diketahui oleh orang. Hal itu terjadi karena orang tidak dapat menemukan dengan mudah informasi yang berkualitas dan lengkap terkait produk jualan.

alasan memiliki website

3. Meningkatkan penjualan

Mungkin salah satu alasan paling menarik untuk memiliki situs web bisnis adalah dapat meningkatkan peluang mendapatkan prospek. Setelah banyak orang dapat menemukan berbagai informasi tentang produk jualan secara online, tentu mereka akan tahu cara menghubungi dan melakukan pemesanan.

Meskipun situs web memiliki biaya, bila digunakan dengan benar, mereka memiliki return of investment (ROI) yang positif. Hal itu pun juga akan sangat berdampak baik bagi bisnis yang kamu jalankan.

4. Mendapatkan trafik organik

Setelah online dan memiliki situs web yang dioptimalkan oleh SEO, kamu memiliki peluang untuk muncul di hasil pencarian Google. Ini berarti, ketika orang mencari produk atau layanan, ada kemungkinan situs web yang kamu miliki akan muncul di hasil pencarian paling atas.

5. Menghemat waktu dan layanan pelanggan

Banyak bisnis mendapatkan telepon dari calon pelanggan maupun pembeli yang sudah berlangganan hanya untuk sekadar menanyakan pertanyaan sederhana tentang lokasi dan jam operasional.

Namun hal tersebut bisa berjalan lebih praktis dan efisien dengan menggunakan website. Sebuah situs web dapat mengurangi panggilan ini dan meningkatkan produktivitas internal. Pada saat yang sama, ini membantu pelanggan menemukan informasi yang berguna tanpa perlu menelepon, yang pada akhirnya memberikan kepuasaan terhadap pelanggan karena lebih mudah dan praktis.

6. Memudahkan update pembaruan dan pengumuman

Karena website akan terus aktif, jadi mudah untuk mengunggah sebuah informasi seperti pembaruan dan pengumuman kepada pelanggan. Ini adalah cara untuk membuat mereka tetap up to date pada semua promosi yang sedang dilakukan oleh perusahaan. Ketika ada sesuatu yang sangat relevan bagi mereka, itu meningkatkan peluang untuk dapat menjualnya lebih tinggi.

7. Pemasaran digital

Jika kamu berencana memanfaatkan pemasaran digital untuk meningkatkan prospek dan mengembangkan bisnis, pembuatan website adalah pilihan yang tepat. Untuk melakukan ini secara efektif, manfaatkanlah trafik historis sehingga kamu dapat menargetkan pelanggan yang sudah berkunjung ke toko mu.

Deretan alasan penting mengapa kamu harus memiliki website di atas tentunya sangat menguntungkan jika sedang menjalankan sebuah bisnis online bukan? Yuk mulai tingkatkan kualitas website kamu dengan promo web hosting di DomaiNesia.

 280 total views,  6 views today

16 KOMENTAR

  1. Benerr banget, Mba
    Website itu menunjukkan kredibilitas
    Apalagi, sekarang era digital.
    Gimanapun juga, “positioning” dan branding bisa tampak lewat website ya.

  2. Dengan adanya website saya rasa memang membantu banget untuk kita mendapatkan informasi lebih banyak tentang sesuatu yang jadi topik atau sasaran. Tinggal klik banyak muncullah semua informasi. Memudahkan banget kan ya…

  3. jaman sekarang semua serba online ya mba, bahkan banyak toko2 ternama yang mulai mengaktifkan toko online atau bergabung dengan e-comm heheee

  4. Aku rencana ingin membuat website lagi mba. Dan sepakat bahwa website ini bisa untuk memasarkan produk dan aku juga ngerasa di website itu ada banyak informasi yang bisa kita peroleh

  5. Memang betul ya mba..website sendiri, apalagi bukan yg gratisan, memang bisa menaikkan kredibilitas brand di mata konsumennya..

  6. di era digital seperti sekarang memang penting tiap usaha ataupun komunitas punya website. Ga harus rumit, sih, mulai dulu saja untuk pengenalan produk maupun program.

  7. memang banyak ya mba manfaat memiliki website sendiri, apalagi di jaman serba digital seperti sekarang. Aku yang hanyak hobby ngeblog aja menikmati banget hehe

  8. Benar mbak, zaman sekarang apalagi dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat kita bakalan ketinggalan kalau ga punya website. Selain jadi murah biaya pemasaran juga bisa meningkatkan penjualan ya mbak.

  9. Iya nih, aku semakin banyak baca artikel tentang website, ngeblog, SEo jadi semakin semangat deh buat belajar lagi. Biar tulisan di blog masuk page one, banyak banget impactnya, salah satunya jadi jalan rejeki ya, Mba Mon

  10. Walaupun effortnya juga lumayan gede, tapi punya web sendiri memang banyak manfaatnya buat brand ya mbak…. worth to do.

  11. Penting sekali di zaman serba digital begini memiliki website yang terus dirawat dengan baik. Agar semakin memudahkan branding dan meningkatkan traffic penjualan.

  12. Setuju mba Monic memiliki website jadi. Penting banget. Apalagi kalau punya usaha atau jasa yang dikelola ya. Pemasaran jadi lebih. Luas.

  13. Iya banget. AKu kalau mau belanja online, meski belinya di marketplace, pasti aku kepoin dulu websitenya. Menurutku itu bagian dari brand image juga.

  14. Jelas banget kalau usaha punya website pasti bakalan tampak kredibel ya mba. Selain itu, memberikan informasi apa saja bisa diatur di dalam website tersebut. Orang bisa mengaksesnya bebas tanpa perlu operator khusus untuk menjawab semua pertanyaan pembaca.

  15. Baca postingan mba Monica jadi kepikiran pengen bikin website untuk olshop aku deh mba. Biar makin maju dan banyak pembelinya hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here