Saat ini, siapa pun pasti ingin bisa mendapatkan peluang untuk menghasilkan uang yang banyak. Apalagi, setelah usaha-usaha online menjamur di internet karena semakin bertumbuhnya iklim bisnis online. Semua orang berlomba untuk menghasilkan uang melalui peluang bisnis online yang menggiurkan. Kali ini, saya akan berbagi tentang 5 tips cari duit di internet dan platform cari duit yang bisa dicoba freelancer.

Banyak Peluang untuk Cari Duit dari Internet

Dunia online memiliki resiko yang sama tingginya dengan dunia nyata jika kita menjalankan bisnis. Untuk itu, kita perlu banyak belajar dari pengalaman orang lain. Di saat ada banyak resiko, di internet juga peluang usaha dan mendapatkan penghasilan terbuka lebar.

Dalam hal ini, peluang usaha yang tersedia tidak hanya terkait menjalankan suatu bisnis saja secara online lho, melainkan ada juga jenis pekerjaan kreatif yang bisa menjadi pendukung suksesnya suatu bisnis.

Artinya, jika kita lebih peka dan mau membuka mata lebar-lebar, maka kita bisa menemukan berbagai peluang penghasilan online. Dengan kata lain, kita bisa kok cari duit di internet karena sudah banyak pula platform yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan penghasilan ini.

5 Tips Cari Duit di Internet dan Platform Cari Duit yang Bisa Dicoba Freelancer

Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan peluang penghasilan online saat ini jika resiko dan keuntungannya sama-sama besar? Berikut ini, 5 tips mencari peluang penghasilan online bagi siapa pun yang sedang kebingungan dalam memulai bisnis online atau menginginkan penghasilan tambahan dari dunia online.

1. Ikuti Kelas Bisnis Online

Banyak orang pikir, kalau mengikuti kelas bisnis online tidak penting dan hanya menghabiskan waktu saja. Padahal, mengikuti kelas online tidak hanya untuk menambah pengetahuan lho, tetapi juga bisa menambah banyak relasi dan membuka jaringan, yang kemudian membuka berbagai peluang untuk mendapatkan penghasilan secara online.

2. Kenali Kemampuan Diri dan Terus Upgrade Skill

Yang harus diingat dari mencari peluang penghasilan online adalah mengenali kemampuan diri sendiri. Seringkali, kebanyakan orang berusaha mendapatkan berbagai peluang bisnis secara online hanya memikirkan keuntungan yang akan didapat seperti yang sudah didapatkan oleh orang lain yang lebih dulu sukses.

Biasanya, yang hanya sekadar ikut-ikutan tanpa benar-benar tahu kemampuan diri sendiri dan apa yang harus dilakukan, akhirnya tak berumur panjang. Kena masalah sedikit, langsung buntu.

Padahal, mengenali kemampuan diri sendiri sangat bagus. Kita jadi tahu kemampuan apa yang kita miliki. Lalu, barulah kita mencari tahu, apakah yang bisa kita lakukan dengan kemampuan yang kita miliki ini. Misalnya, kita memiliki kemampuan pada bidang desain. Maka pikirkan sesuatu yang bisa kita berdayakan di dunia online, seperti menerima jasa desain Instagram feed, bikin desain website, dan sebagainya.

Jangan lupa, terus tingkatkan kemampuan yang kita miliki, baik dengan belajar dan berlatih sendiri, mengikuti berbagai kelas, menambah kemampuan pendukung lainnya untuk melengkapi kemampuan yang sudah ada. Semakin kita ahli, semakin mudah kita mendapatkan peluang sesuai dengan kemampuan dan minat kita.

3. Rajin Berselancar Mencari Peluang

Zaman sekarang, semuanya bergerak secara cepat dan dinamis. Tidak hanya kita saja lho yang memiliki pemikiran mendapatkan penghasilan dari internet. Di luar sana, ada jutaan orang yang memiliki pemikiran yang sama. Semua berlomba-lomba mencari peluang untuk menemukan cara mendapatkan duit dari internet atau bekerja secara freelance.

Jadi, alangkah baiknya kalau kita tidak sekadar menunggu bola datang, melainkan kita harus bergerak menjemput bola, di mana pun bola itu berada. Di dunia internet, berserakan begitu banyak peluang untuk menghasilkan uang, ada yang mudah, ada juga yang sulit. Semuanya tersebar begitu saja, dengan segala konsekuensinya. Berselancarlah di internet. Rajin-rajinlah mencari berbagai peluang yang tersebar tadi sampai kita menemukan peluang yang paling sesuai dengan kemampuan kita.

Kebiasaan kebanyakaan orang Indonesia saat ini, hanya membaca judul besarnya saja, kemudian langsung tergiur dengan iming-iming penghasilan besar, padahal peluang ini hanyalah jebakan Batman yang dilakukan oleh orang tak bertanggung jawab untuk keuntungan dirinya sendiri. Maka, budayakan membaca hingga selesai dan sedetail mungkin agar kita tak terjebak pada peluang palsu yang merugikan diri kita sendiri.

4. Daftar Sebagai Freelancer

Jika kita sudah tahu bahwa diri kita memiliki kemampuan dalam satu bidang tertentu yang bisa dimanfaatkan, cobalah untuk mendaftar menjadi seorang online freelancer. Saat ini, banyak sekali platform yg menjadi wadah untuk para freelancer berkreasi dan menghasilkan uang tanpa harus pergi keluar rumah.

Kita juga bisa menjadi blogger ataupun influencer. Dalam perkembangan bisnis online saat ini, ada banyak peluang yang terbuka lebar bagi profesi blogger dan influencer ini. Namun, pastikan kita sudah memahami dan memiliki kemampuan untuk menjadi blogger dan influencer yang profesional.

5. Jangan Takut Memulai Bisnis Online

Masalah yang membuat rencana sulit terwujud kebanyakan dikarenakan kita takut untuk memulai berbisnis. Peluang penghasilan online sebenarnya bisa kita ciptakan sendiri. Salah satunya, dengan memulai bisnis online.

Jika belum memiliki produk yang bisa dijual, jadilah pebisnis waralaba, dropshipper, atau reseller, yang tak perlu memiliki stok barang sendiri. Banyak sekali bentuk online shop yang membuka kesempatan menjadi dropshiper atau reseller.

Nanti kalau sudah cukup pengetahuan tentang bisnis online, sudah memiliki modal, dan ingin memulai bisnis online sendiri, kita bisa melakukannya sesegera mungkin. Manfaatkan pula berbagai kemudahan yang disediakan e-commerce, online shop, atau website dan media sosial.

5 Platform Cari Duit di Internet

Sejak merasakan pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan mengharuskan kita di rumah aja, pastinya masih banyak yang merasa bingung ya, mau ngapain saja sih di rumah? Di saat yang sama, banyak pula di antara kita yang malah kehilangan pekerjaan (PHK), sehingga penghasilan pun berkurang.

Namun, jangan khawatir. Akan selalu tersedia solusi untuk setiap permasalahan yang terjadi, selama kita mau mencarinya. Di internet, ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan untuk cari duit di internet. Tetapi, seperti pada pembahasan sebelumnya, kita perlu mengetahui terlebih dahulu kemampuan, pengalaman, dan pengetahuan yang kita miliki. Sesudahnya, baru kita menyesuaikan, platform seperti apa yang bisa kita gunakan dan dapat membantu kita mendapatkan penghasilan tambahan dari internet.

Kali ini, tulisan saya ini akan fokus pada siapa pun yang memiliki kemampuan untuk menulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari kegiatan menulis. Berikut ini, 5 platform cari duit di internet, yaitu:

1. Tripcanvas

Daripada pengalaman traveling dan foto-foto hanya tersimpan dalam laptop atau galeri hp, lebih baik bagikan cerita perjalanan dan foto tersebut agar bermanfaat. Benar, kan? Nah, bagi yang hobi jalan-jalan atau pelesiran ke berbagai daerah di Indonesia atau bahkan ke luar negeri, bisa mencoba menulis artikel di website Indonesia.tripcanvas.co. Kita bisa langsung mengunjungi website tersebut, mempelajari jenis tulisan yang sudah ditayangkan di sana, dan daftarkan diri untuk menjadi kontributornya.

2. Popmama

Untuk yang menyukai dunia parenting, seputar keluarga bisa mendaftar menjadi kontributor penulis di website popmama.com dengan mengirimkan CV yang menarik. Sebelum mengirim CV, baiknya pelajari terlebih dulu tulisan yang sudah tayang di website popmama, dengan begitu kita akan lebih paham tulisan seperti apa yang mereka butuhkan.

3. Storial.co

Ada yang senang menulis fiksi, tapi tidak tahu mau menulis di mana yang bisa mendapatkan penghasilan? Coba langsung saja mencoba menulis di storial.co yang saat ini lagi popular. Namun sebelum itu, pastikan kita memiliki kemampuan menulis fiksi, tahu dasar-dasar menulis fiksi, mengembangkan karakter novel, dan lainnya.

Storial merupakan platform baca dan menulis yang memiliki fitur monetisasi dan penulis bisa mendapatkan royalti dari pembaca yang membeli chapter per bab. Dengan begitu pastinya seru karena punya hobi yang dibayar dan punya banyak pembaca.

4. Rimma.co

Salah satu website yang banyak memuat konten beauty ini juga bisa menjadi rekomendasi bagi yang mau menghasilkan uang dan bekerja dari mana saja. Jadi, kita bisa mendaftar menjadi freelance writer ke email hello@rimma.com yang terpenting bisa menulis konten yang menarik dan original dengan menulis artikel 2-4 artikel setiap harinya. Wah lumayan, kan?

5. Idharvest.my.id

Buat kamu yang doyan main game, sekarang tak cuma bisa main game, tapi bisa menghasilkan uang sambil bermain game lho. Nah, website yang satu ini juga merupakan website yang bisa menjadikan kamu sebagai kontributornya dengan mengirimkan tulisan yang bermanfaat, menarik dan berkualitas seputar game. Gimana? Mudah, kan?

So, itulah 5 platform cari duit di internet yang bisa membantu siapa pun yang ingin menghasilkan uang dari internet. Selain itu, pekerjaan ini bisa dilakukan dari rumah dengan waktu yang fleksibel, asal punya kuota internet yang lancar.

Jadi, kapan mau mulai menciptakan peluang usaha online sendiri? Jika belum siap, mulailah dengan membuka jaringan sebanyak-banyaknya melalui tips-tips di atas. Yang penting lakukan segera sebelum semangatmu padam.

 164 total views,  2 views today

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here