Selalu ada hal baru, saat membahas tentang teknologi dan perangkatnya. Gadget terbaik, mulai dari smartphone, laptop, smartwatch, dan internet, menjadi salah satu kebutuhan penting saat ini. Hampir setiap aktivitas manusia terhubung internet, sehingga wajar kebutuhan akan gadget terus meningkat.

Saya pun, mengandalkan handphone dan laptop untuk bekerja. Namun, saat ingin membeli gadget, saya tak mau sembarangan. Harus ada referensi dari situs pembanding harga gadget terbaik. Itu makanya, saya senang sewaktu mendengar ada event tahunan Pricebook Editorial Choice 2020.

Pengguna Gadget di Indonesia

Sejak awal 2020, Indonesia dilanda pandemi Covid-19. Perubahan besar, terjadi di semua bidang. Upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona, dilakukan secara masif. Salah satunya, pemberlakuan work from home (WFH) dan School from Home (SFH).

Otomatis, kebutuhan akan gadget meningkat. Untuk bisa tetap terhubung, setiap orang memerlukan gadget yang terhubung ke internet. Kegiatan zoom, webinar, meeting online, menjadi jembatan yang efektif, agar setiap orang tetap bisa berkomunikasi.

Gadget dan internet juga dibutuhkan untuk mencari informasi, seperti mencari cara ekspor sarang burung walet, cara mengatur jam smartwatch, dasar menulis fiksi, atau berita teknologi, tips, dan sebagainya.

Menurut riset pasar yang dilakukan IDC, terjadi pertumbuhan pengguna internet di Indonesia sepanjang tahun 2020. Peningkatan bahkan hingga 49%. Para produsen smartphone, iPhone, jam smartwatch, dan gadget lainnya, berlomba-lomba meluncurkan produk terbaru.

Harga yang dibanderol untuk setiap produk sangat terjangkau. Ini dilakukan, demi memenuhi kebutuhan banyak orang akan gadget. Handphone harga satu jutaan, smartphone keluaran terbaru, sampai yang high end pun tersedia.

Dari hape khusus gaming terbaik, hp 1 jutaan, sampai ponsel profesional dengan 4 kamera, tersedia. Bahkan, smartphone dengan fitur gimbal, juga ada. Tinggal sesuaikan saja dana yang tersedia dan kebutuhan dalam penggunaannya.

Laptop dan wearable device terbaik, satu persatu hadir di pasar, disertai berbagai fitur lengkap dan berteknologi canggih. Semua produk elektronik ini memang menjadi kebutuhan utama untuk bisa tetap aktif berkegiatan, meski harus banyak di rumah dan membatasi aktivitas di luar rumah.

event tahunan Pricebook

Pricebook Editorial Choice 2020 Event Tahunan Perdana Pricebook

Saya ini termasuk pemilih dalam banyak hal. Mau beli satu buku atau jurnal saja saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam. Hal yang paling sering bikin pasangan ngomel, mau traveling saja saya harus bikin daftar yang panjang, baru kemudian memutuskan mau ke mana.

Bagaimana saat mau beli gadget? Saat harus memilih gadget untuk kebutuhan aktivitas saya sebagai penulis buku, sudah pasti milihnya lama. Biasanya, saya akan membandingkan satu gadget dengan yang lainnya dulu. Saya intip spesifikasi tiap gadget, keunggulannya, dan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget saya. Tapi ini sih dulu, sebelum saya kenal Pricebook.

Nah, makin bersyukur waktu tahu Pricebook bikin event tahunan Pricebook Editorial Choice. Ya, Pricebook Editorial Choice 2020 adalah event perdana dari Pricebook, salah satu situs pembanding harga gadget terbaik di Indonesia.

4 Kategori Pricebook Editorial Choice 2020

Dalam Pricebook Editorial Choice 2020, ada 4 kategori yang diusung, yaitu:

1. Best Smartphone
2. Best Wearable Device
3. Best Laptop
4. Best Special Category ISP

Penentuan kategori pada edisi perdana Pricebook Editorial Choice kali ini berdasarkan penilaian obyektif. Tim Pricebook sudah melakukan review tiap produk, baik dalam bentuk artikel yang ditayangkan di website maupun berbentuk video dan ditayangkan di channel YouTube Pricebook.

Artinya, penilaian berdasarkan performa dan keunggulan tiap produk yang terpilih memang sudah terbukti, mengingat tim Pricebook sudah pegang barangnya, bahkan bisa jadi sudah menggunakannya. Logikanya, mana bisa bikin review kalau tidak coba sendiri produknya, kan?

Itu makanya, saya menjadikan situs pembanding harga seperti Pricebook menjadi referensi ketika saya hendak membeli gadget. User experience itu nyata dan ulasan dalam bentuk video atau artikel sangat membantu memberi gambaran lengkap produk yang saya butuhkan.

Apa yang saya rasakan ternyata sesuai dengan tujuan penyelenggaraan Pricebook Editorial Choice. Event tahunan Pricebook ini memang untuk memberi rekomendasi terbaik kepada siapa pun yang menggemari gadget dan mengikuti perkembangan teknologi terkini di Indonesia.

4 Kategori Smartphone Terbaik versi Pricebook Editorial Choice

handphone terbaik untuk main game

ASUS ROG Phone 3 Jadi Smartphone Gaming Terbaik 2020

Bagi penggemar game mobile, spesifikasi mumpuni hape gaming menentukan kesuksesan. Selain itu, juga jadi penentu kehebatan dalam bermain game di ponsel. Jangan sampai, gara-gara patah-patah akibat performa hape tidak oke, lalu saya jadi dapat gelar You Have Been Slain mulu. Hayo, siapa yang sering mengalami ini saat mabar Mobile Legend? Asli, bakal kesal banget.

Itulah sebabnya, smartphone gaming harus punya prosesor mumpuni. Alasannya sudah jelas, biar para gamer jadi jago di medan pertarungan permainan online. Nah, smartphone dengan gelar prosesor tercepat di tahun 2020 sudah jelas diraih ASUS ROG Phone 3.

Hp gaming yang satu ini, sudah ditenagai Snapdragon 865. Kekuatannya makin mantap, karena didukung RAM berkapasitas hingga 12 GB.

ASUS ROG Phone 3 makin unggul dari pesaingnya karena sudah menggunakan layar dengan refresh rate mencapai 144Hz. Padahal, rata-rata smartphone lain hanya 120HZ. Selain itu, baterainya sudah 6000 mAh lho.

hp kamera dengan teknologi gimbal

Vivo X50 Pro Meraih Gelar HP Kamera Inovatif versi Pricebook

Pernah tidak merasakan ribetnya traveling bawa banyak barang cuma biar bisa foto-foto? Bawa kamera, bawa gimbal, bawa tripod, belum lagi barang lain. Saya pernah waktu ke Penang sama doi. Sudahnya berat, lalu jadi sibuk jagain barang juga.

Tapi kalau pakai vivo X50 Pro, keribetan itu tak akan terjadi. Jadi, ponsel vivo X50 Pro ini sudah dilengkapi dengan teknologi gimbal, yang membuat hasil video dan foto buat Instagram makin keren, jelas, dan jernih, meski hapenya goyang-goyang.

Fitur lain yang mendukung hape vivo X50 Pro masuk Pricebook Editorial Choice 2020, tersedianya beragam fitur canggih lainnya, mulai dari Extreme Night Vison, 60x Hyper Zoom, Pro Sport, dan X-Class Design.

handphone yang bisa fast charging dalam waktu 38 menit

Realme 7 Pro Hp dengan Isi Daya Tercepat

Saat ini, memang sudah banyak sih smartphone yang memiliki fitur fast charging. Pertama kali merasakan ponsel yang waktu isi daya baterainya cuma 1 jam, saya senang banget dong, secara saat itu pakai acara belain mampir di warung gara-gara lupa bawa power bank.

Eh ternyata, ada lagi yang lebih cepat charging dari 1 jam yang pernah saya alami. Iya, Realme 7 Pro dinobatkan sebagai smartphone dengan kemampuan isi ulang baterai paling cepat. Ini sudah dibuktikan di video review di channel YouTube Pricebook lho.

Dengan kapasitas baterai 4500 mAH dan telah menggunakan teknologi 65W SuperDart, waktu isi ulang baterai realme 7 Pro dari 0 sampai 100% cuma 38 menit saja. Super cepat banget nih fast charging-nya!

handphone harga satu jutaan terbaik

Redmi 9 HP 1 Jutaan Terbaik

Dulu mikirnya, kalau mau punya hape bagus, mesti keluarin duit yang banyak. Tapi sekarang dengan uang 1 jutaan saja, sudah bisa kok beli hape dengan teknologi terkini.

Salah satu ponsel harga 1 jutaan terbaik yang masuk dalam Pricebook Editorial Choice 2020 adalah Redmi 9. Smartphone keluaran Xiaomi ini punya spesifikasi mumpuni banget. Sudah menggunakan chipset MediaTek Helio G80 dengan dua pilihan memori, RAM 3GB/32 GB dan 4GB/64GB.

Memori internal masih bisa diperluas hingga 512 GB menggunakan microSD dengan slot dedicated. Baterainya pun sudah besar, 5.020 mAH. Dengan harga satu jutaan, ponsel berukuran 6.53 inci ini sudah memiliki resolusi full HD plus 2.340 x 1.080 dan aspek rasio 19,5:9.

Redmi 9 juga sudah didukung kamera yang bagus, dan ada empat kamera belakang. Keempat kameranya terdiri dari kamera wide 13 MP (f/2.2), ultrawide 8 MP (f/2.2), makro 5 MP (f/2.4), dan depth sensor 2 MP (f/2.4).

Wuih, ini ulasan Pricebook Editorial Choice 2020 baru kategori smartphone terbaik lho. Masih mau lanjut baca, tidak? Oke, kita lanjut saja dengan kategori wearable.

2 Kategori Wearable Terbaik: Smartwatch Terbaik dan Smartband Terbaik

Garmin Instinct Solar sebagai Smartwatch Terbaik

Garmin Instinct Solar terpilih sebagai jam tangan pintar terbaik di tahun 2020 versi Pricebook Editorial Choice 2020. Penilaiannya sudah pasti melalui pertimbangan matang dan user experience.

Dari desain yang ditampilkan Garmin Instinct Solar, fungsionalitas dari fitur yang tersedia, masa pakai baterai, dan teknologi yang digunakan, membuat smartwatch Garmin ini jadi pilihan terbaik dibandingkan versi jam pintar lain.

jam pintar terbaik versi pricebook editorial choice

Jam tangan pintar ini memiliki standar militer 810. Bahan lensanya menggunakan kaca anti gores. Selain itu, sudah menggunakan bahan rangka polymer yang diperkuat serat.

Layar monokrom dengan penyimpanan piksel transflektif atau transflective memori-in-pixel (MIP). Salah satu indikator evaluasi lain, yang membuat smartwatch Garmin Instinct Solar jadi yang terbaik, adalah ketahanan baterainya.

Jam tangan pintar ini menggunakan energi matahari untuk mengisi baterai. Dalam mode smartwatch, baterai bisa bertahan selama 24 hingga 30 hari. Ini kalau setiap harinya cuma pakai dalam waktu 3 jam saja.

Pada saat yang sama, setelah mengaktifkan mode hemat daya, Garmin Instinct Solar dapat digunakan hingga 56 hari.

Samsung Galaxy Fit 2 Terpilih sebagai Smartband Terbaik

Masa pakai baterai atau daya tahan baterai merupakan salah satu indikator yang dievaluasi dan jadi penilaian tim Pricebook hingga smartband Samsung Galaxy Fit 2 masuk di Pricebook Editorial Choice.

Baterainya berkapasitas 159 mAh. Ini lebih besar dibandingkan dengan produk smartband lainnya. Saat aktif digunakan, baterai Samsung Galaxy Fit 2 mampu bertahan selama 15 hari. Masa siaga hingga 21 hari.

Galaxy Fit 2 juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti layar AMOLED, Gyro Sensor (sensor giroskop), dan Optical Heart Rate Sensor (sensor detak jantung optik).

samsung smartband terbaik

Selain itu, ada lebih dari 70 pilihan watch faces yang bisa disesuaikan dengan gaya pakaian yang digunakan di hari tertentu. Produk ini cocok untuk mendukung aktivitas olahraga, memantau kondisi fisik, sebagai aksesori fashion, dan memiliki daya tahan baterai tahan lama.

Kategori Laptop

Laptop Gaming Dibawah 20 Juta Terbaik : ROG Strix G15 G512L

Di antara laptop gaming dengan harga di bawah 20 juta, Pricebook memilih ROG Strix G15 G512L sebagai laptop gaming terbaik.

Penentuan ini berdasarkan kualitas build, ketersediaan fitur built-in, kapasitas RAM, HDD, hingga ketersediaan SSD, serta prosesor dan VGA terbaik yang digunakan.

Dari segi desain, ROG Strix G15 memiliki keunikan desain yang merupakan hasil kerja sama antara tim ROG dan BMW Designworks Group. Dengan panel refresh rate 144Hz, laptop ini juga bisa menjalankan game e-sports dengan frame rate tinggi.

laptop untuk main game terbaik harga di bawah 20 juta

ROG Strix G15 G512L tetap dapat meningkatkan level emosional pemiliknya dengan suara yang kuat melalui logo ROG dan nuansa LED RGB yang dinamis serta sistem supercharging kipas dalam mode ekstrim.

Terakhir, saat digunakan dalam mode balance, baterai mampu bertahan selama 2 hari. Ditambah lagi, proses pengisian daya baterai ini termasuk dalam kategori fast charging versi tim editorial Pricebook.

Kategori ISP versi Tim Editorial Pricebook

Inovasi Paket Data Terbaik : by.U

Sebagai pemain baru, by.U memiliki sistem yang sepenuhnya digital. by.U merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang menawarkan terobosan baru kepada pelanggannya, melalui paket data lengkap.

Hal ini berbeda dengan provider lain yang membagi kuota paket data untuk berbagai kebutuhan, aplikasi, atau dibagi berdasarkan jam digunakan.

Terobosan lain dari by. U, peluncuran paket kuota data internet 1,5 Mbps untuk perangkat seluler, yang belum pernah dilakukan provider di Indonesia. Selanjutnya, tersedia pula paket kuota data 2 Mbps.

kuota tidak dibagi dan pakai jaringan telkomsel

Oh ya, sudah pada tahu, kan, kalau by. U juga menggunakan jaringan Telkomsel yang luas dan kuat. Wah, ini pastinya keren banget ya dan jadi sulit tertandingi dong, padahal pemain baru lho ini.

Di antara berbagai terobosan dan inovasi baru yang dihadirkan dalam paket kuota data internet seluler by.U sepanjang tahun 2020, maka tim Pricebook pun memilih provider by.u sebagai provider versi “Best Data Package Innovation 2020 Pricebook Editor’s Choice” atau inovasi paket data terbaik versi Pricebook editorial choice 2020.

Tentang Pricebook

Pricebook merupakan situs panduan sekaligus pembanding harga gadget terbaik di Indonesia. Mulai dari smartphone terbaik, laptop terbaik, hingga banyak produk elektronik terbaik lainnya bisa kalian temukan informasinya di dalam Pricebook secara spesifik.

Selain itu, Pricebook juga menyediakan panduan pembelian hingga rekomendasi toko atau lokasi pembelian terbaik. Mulai dari online dan offline. Tersedia pula, beragam berita, ulasan, dan review di portal resmi Pricebook, sosial media, dan channel YouTube Pricebook.

Semoga ya, Pricebook menjadi situs pembanding harga gadget terbaik di Indonesia dan semakin sukses ke depannya. Bagaimana pun, saya dan suami yang memang pengikut teknologi terkini, sangat terbantu banget.

Berbagai review dan video yang mengulas harga, spesifikasi, dan keunggulan tiap produk gadget secara detail di Pricebook memberi gambaran lengkap saat mau memilih produk.

Sukses juga untuk Pricebook Editorial Choice selanjutnya!

 1,120 total views,  3 views today

23 KOMENTAR

  1. Buat yang nyari gadget bagus dan terbaik saat ini bisa jadi rekomend untuk telusuri Situs Pricebook ya untuk tahu spesifikasi dan harga pembanding dengan gadget lainnya. Jadi acuan mencari kualitas produk terbaik sesuai yang kita butuhkan dan sesuai dengan budget tentunya

  2. Ternyata ada ya situs untuk membandingkan antar gadget dan memilih sesuai kebutuhan. Ah..kurang piknik saya terntata, hehe.. Terima kasih infonya mba..

  3. Rekomendasi dari Pricebook memang de best semua gadget yang terpilih itu unggul di kelasnya masing-masing. Jadi panduan banget untuk beli gadget nih, gak sabar lihat pricebook editorial choice tahun depan 🙂

  4. Pricebook ini situs pembanding harga terbaiik ya mbaa
    sangat memudahkan banget untuk kita semua yg mau berburu gadget.
    ga perlu repot2 cek satu per satu toko (online/offline)

  5. Waaahhh Asus terpilih ya.
    Memang booming banget deh Asus ini, dari tahun ke tahun inovasinya luar biasa, benar-benar memanjakan para konsumennya.
    Xiaomi redmi juga booming banget tuh, banyak yang rekomendasikan, katanya bagus banget dan harganya bersahabat 🙂

  6. Terbantu sekali dengan adanya list Pricebook Editorial Choice.
    Jadi memilih gadget bener-bener yang terbaik di kelasnya.
    Semoga menjadi ajang persaingan yang sehat untuk memberikan teknologi terbaik untuk masyarakat Indonesia.

  7. Vivo X50 keren banget, aku waktu itu beli hape untuk anakku dan ngelirik ini hape, Mbak

    Bener- bener bisa diandalkan kalau mau traveling sekalian hunting foto-foto cakep gitu, Bener ya, kita gak diribetin dengan peralatan banyak gitu.

    Jadi tahu nih berkat Pricebook editorial choice, brand mana saja yang menjadi pilihan

  8. Jadi mudah nih saat membandingkan gadget via Pricebook. Tinggal intip mana yang sesuai kebutuhan trus telusuri di situ biar makin mantap mau pilih yang mana.
    Itu hape yang ada teknologi gimbalnya kok ya bikin ngiler ya. Buat bikin video pasti jozzz tuh.

  9. Aku naksir parah sumpah sama yang Garmin Instinct Solar bisa menggunakan sinar matahari dong untuk mengisi daya. Gils abis. Moga di 2021 alias tahun ini bisa segera ngemilikinnya <3

  10. Aku pun sama mbak kalau mau beli apa-apa pasti mikirnya lama, banyak yang dipikirin dan sering galau, apalagi kalau beli gadget soalnya kan harganya nggak murah ya. Jadi banyak pertimbangannya, sekarang juga udah banyak sekali macamnya. Makin bingung aja deh.
    Seneng akhirnya tahu ada Pricebook, jadi kalau mau beli gadget nggak galau lagi deh

  11. wah salah satu smartphone terbaiknya ada yang saya gunakan mba Mon, dan ada salah satunya incaran saya juga untuk ganti hp satu lagi, wah makin yakin deh buat beli merek dengan type itu, makasih ka Mon sudah informasiin soal ini deh, ga galau lagi deh mau beli. Btw ini tuh acara tahunan gitu berarti ya mba Mon, jadi penasaran tahun 2021 kira-kira siapa ya yang bakal menang

  12. Wah baru tahu ada Pricebook Editorial Coice! Itu kategori HP dengan harga 1 jutaan terbaik kok menggiurkan ya.. Langsung cari info nih tentang Redmi 9 hehehe..

  13. Kalau review gadget memang selama ini aku juga nyari website2 yang kasih pembanding lengkap kak Mon. Pricebook bisa jadi tujuan nomor satu nih sebelum beli barang2 elektronik..

  14. Dari semua tulisan di atas, gak ada yg aku punya produknya, apalagi yg gaming2 kan hehehe karena aku gak hobi. Aku cm pakai by. U, untuk paket data.

  15. bagus ini buat sumber referensi juga untuk mencari gadget atau laptop terbaik di kelasnya. BTW, saya kok jadi naksir sama HP asus ROG ya mb monic? waduh, bahaya banget kalo ntr khilaf malah beneran kebeli, padahal udah punya gadget, hi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here